Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham UNVR: Analisis Teknikal & Fundamental

El Heze
Di pos ini, kita akan membahas pergerakan saham UNVR, baik dari segi analisis teknikal dan sedikit ulasan analisa fundamental. Karena UNVR ini adalah saham blue chip yang rajin bagi dividen, merupakan mature company dan banyak trader yang ingin mengincar saham UNVR. 



Oke, kita mulai dengan analisis teknikal saham UNVR. Sebelum kita ke analisa teknikal, perlu anda ketahui bahwa UNVR sudah tiga kali melakukan stock split. Anda bisa baca kembali pos saya disini: Analisis Saham: Saham UNVR Stock Split. 

Hal ini menunjukkan bahwa saham UNVR itu sangat menarik untuk trader dan investor. Harga sahamnya selalu naik dalam jangka panjang, sehingga perusahaan harus melakukan stock split karena harganya sudah terlampu tinggi.

UNVR kembali melakukan stock split dengan rasio 1:5, sehingga harga saham yang sebelumnya berada di kisaran harga 42.000, harga menjadi 8.000-an. Namun walaupun harganya jauh lebih terjangkau, ternyata fluktuatif saham UNVR tidak seperti yang diharapkan. 

Yap, sahamnya sideways terus. Sehingga banyak trader bertanya: Support-nya yang bagus untuk trading di harga berapa? UNVR kira-kira bakal naik sampai ke harga berapa? Anda bisa perahatikan chart UNVR berikut:  

Saham UNVR

Pada chart 6 bulan diatas, saham UNVR terlihat ada pola sideways panjang (tanda persegi), walaupun sebelumnya terdapat kenaikan yang cukup signifikan dari harga 6.600 ke 8.000. Tetapi setelah itu, UNVR sideways lama.

Beberapa waktu lalu, sempat ada rekan trader yang bertanya ke saya: "Kenapa UNVR nggak naik-naik padahal harga sahamnya masih 7.900-an? Dulu kan sebelum stock split harga sahamnya bisa 40.000-an. Harusnya kalau 7.900-an harganya masih bisa naik terus?" 

Kenapa saham UNVR relatif sideways? Sebenarnya ini bukan pertama kali terjadi. UNVR sudah sering membentuk tren-tren sideways seperti ini, walaupun dalam jangka panjang harganya bisa naik. Mengenai pola saham UNVR, kita sebenarnya bisa menarik beberapa kesimpulan utama: 

1. UNVR termasuk dalam saham defensif 

UNVR memiliki produk2 yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak dalam keadaan apapun. Sehingga harga sahamnya juga cenderung bisa bertahan dalam gejolak market. Meskipun tidak ada saham kebal koreksi, namun pola sideways ini menunjukkan bahwa saham UNVR adalah saham yang cukup tahan banting. 

UNVR termasuk perusahaan market leader di sektor industrinya. Secara fundamental sangat mapan, dan di sub sektor Kosmetik & Kebutuhan Rumah, UNVR adalah perusahaan yang paling unggul dari segi brand image, market cap dan kinerja fundamental. 


Sehingga tidak heran kalau perusahaan yang mapan secara kinerja, harga sahamnya biasanya lebih sideways (tidak berfluktuatif terlalu tinggi).   

2. Dengan pola sidewaysnya, UNVR kurang cocok untuk trading cepat 

Jika UNVR sedang berada dalam tren sideways, maka sebaiknya anda lebih sabar menyimpan saham UNVR. Karena dalam tren sideways seperti diatas, UNVR memang kurang cocok buat trading cepat. 

Di halaman Rekomendasi Saham, kita beberapa kali mengulas saham UNVR. UNVR berhasil naik dari support yang kita bahas saat itu di sekitar support 7.900. Namun kenaikan UNVR juga membutuhkan waktu beberapa hari. 

Dalam tren sidewaysnya, sebenarnya UNVR masih bagus digunakan untuk trading, karena anda tetap bisa manfaatkan support resisten berulang buat trading. Pelajari juga: Full Praktik Strategi Trading Saham Sideways. 


Anda bisa perhatikan banyak support resisten yang sebenarnya dapat anda manfaatkan buat trading. Tapi sekali lagi buat pola saham UNVR ini, anda harus lebih sabar menunggu kenaikan sahamnya, karena pola UNVR ini cukup smooth tidak high volatility.  

3. Belum ada daya dorong untuk menaikkan saham UNVR 

Dalam jangka panjang, sangat mungkin saham UNVR naik. Perubahan tren di saham UNVR sangat mungkin terjadi. Pola sideways lama atau saham yang harganya turun padahal fundamentalnya bagus, bisa terjadi karena belum ada daya dorong. 

Artinya, belum banyak trader yang memborong saham UNVR, sehingga harga sahamnya disitu-situ saja. Sebagai trader, kitalah yang harus fleksibel menyesuaikan pola saham dengan strategi trading. 

Itulah pentingnya seorang trader untuk menguasai analisa tren, memahami kondisi market dan beberapa strategi trading. Tujuannya supaya anda bisa lebih fleksibel untuk memilih strategi sesuai kondisi dan pola sahamnya saat itu.

Ingat juga bahwa pola sideways UNVR ini bukanlah menandakan UNVR sudah tidak diminati lagi atau harga sahamnya mulai jelek. Perubahan tren itu biasa dan bisa terjadi pada semua saham.

Semoga sedikit ulasan analisis teknikal dan fundamental sektor UNVR ini bisa membuka wawasan kita semua, khususnya buat anda yang ingin mengincar sahamnya buat trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.