Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Menjual Saham

El Heze
Jika anda sudah membeli saham, dan anda ingin menjual saham yang anda miliki, bagaimana caranya? Setiap trader / investor yang membeli saham, pasti memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan profit / keuntungan. 



Oleh karena itu, anda harus paham, pertama: Cara / mekanisme menjual saham. Kedua, cara menjual saham di harga lebih tinggi supaya profit. Di pos ini, kita akan bahas panduan cara jual saham. Berikut panduan cara menjual saham: 

1. Login ke software trading, pilih menu Sell


Di pos ini kita menggunakan software Danareksa Sekuritas. Menu-menu utama setiap software saham sama. Hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software saham anda masing-masing. 

2. Kemudian muncullah order sell sebagai berikut: 

Cara menjual saham
Pilihlah saham yang ingin anda jual (saham yang sudah anda beli sebelumnya). Misalnya anda ingin menjual saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.  

Ketika anda akan menjual saham, di software saham pasti akan ditampilkan jumlah lot saham yang anda punya (yang sudah anda beli sebelumnya). Pada contoh diatas, anda bisa melihatnya melalui menu Quantity in Hand (tanda lingkaran biru). 

Pada contoh diatas, jumlah saham yang dipunyai adalah 10.000 saham. 10.000 saham setara dengan 100 lot. Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Jadi 10.000 saham setara dengan 100 lot (10.000 saham / 100 lot). 

Perhatikan nomor 1. Ketika anda ingin menjual saham, ketikkan nama kode sahamnya (Symbol). Jika anda ingin menjual saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, maka kode sahamnya adalah HMSP. 

Kode saham terdiri dari 4 huruf. Kalau anda belum hafal kode2 saham di Bursa Efek, anda bisa googling. 

Setelah itu, muncullah tampilan antrian harga beli (Bid) dan harga jual saham (Offer) seperti yang anda lihat pada tanda persegi orange diatas. Harga jual saham terakhir bisa anda lihat pada harga bid yang paling atas atau dinamakan dengan best bid. 

Pada contoh diatas, harga bid paling atas adalah Rp1.650. Anda bisa pelajari cara-cara memahami mekanisme antrian harga beli dan jual saham disini: 


Perhatikan nomor 2. Untuk menjual saham, anda harus ketikkan harga jual (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Katakanlah anda ingin menjual saham HM Sampoerna di harga Rp1.660 sebanyak 12 lot, maka nilai penjualan saham anda sebagai berikut: 

Rp1.660 x 12 lot x 100 lembar saham = Rp1.992.000. Jangan lupa untuk menambah dengan fee jual saham. Anda bisa pelajari disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Anda akan mendapatkan profit dari saham yang anda jual alias mendapatkan capital gain, apabila anda menjual saham di harga lebih tinggi dibandingkan harga beli. Sebaliknya, anda akan rugi alias capital loss, apabila anda menjual saham dibawah harga beli anda. 

Untuk menghitung capital gain atau capital loss yang anda dapatkan, anda bisa pelajari disini: Pengertian Capital Gain dan Capital Loss. 

Catatan: Menjual saham tidak harus dilakukan dengan cara menjual semua lot yang anda punya. Anda bisa memutuskan untuk menjual beberapa lot, menjual sebagian atau menjual semuanya. 

Pada contoh diatas, kita memiliki saham HM Sampoerna sebanyak 100 lot. Namun kita menjual sebanyak 12 lot. Tidak langsung menjual semua sahamnya. Dalam transaksi beli jual saham, anda bebas menjual saham berapa lot sesuai keinginan anda. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda menetapkan harga jual dan jumlah lot yang anda inginkan, anda bisa tekan tombol 'Sell'. Maka anda sudah dinyatakan menjual saham anda, dan kepemilikan saham anda berkurang.  

3. Menjual saham di harga lebih tinggi agar profit 

Menjual saham tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Karena ketika anda menjual saham, tujuan / target anda adalah untuk dapat profit. Oleh karena itu, anda harus melakukan analisa-analisa yang benar sebelum membeli maupun saat menjual saham. 

Tujuannya, agar anda bisa mendapatkan capital gain. Salah satu analisa utama yang harus anda terapkan untuk mendapatkan profit di market adalah analisis teknikal / grafik. 

Analisis teknikal saham
Dengan strategi dan kombinasi analisa teknikal, anda bisa mengetahui saham2 yang bagus, dan memutuskan harga jual saham yang baik supaya bisa menjual saham pada harga lebih tinggi. 

Anda bisa pelajari strategi-strategi analisa teknikal saham, dan praktik2 memilih saham untuk trading disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara menjual saham. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.