Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham yang Tepat

Dalam trading, anda memiliki banyak pilihan saham yang bisa anda beli. Tidak ada larangan untuk membeli saham tertentu. Tidak ada keharusan anda harus membeli saham berapa banyak. 




Selama anda ada modal, anda punya hak untuk membeli saham apapun yang anda inginkan. Namun tentu saja anda tidak bisa asal membeli saham. Karena tujuan anda beli saham adalah untuk dapat profit, maka anda juga harus membeli saham yang tepat. 

Saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan untuk sharing bagaimana cara membeli saham yang tepat. Sebenarnya tidak ada jawaban yang spesifik mengenai saham apa yang paling tepat untuk dibeli. 

Hal ini karena pertama, beli saham apapun itu adalah pilihan anda. Selama saham tersebut cocok untuk anda, go ahead. Kedua, tidak ada saham yang paling tepat untuk selalu dibeli tiap saat. 

Karena setiap saham ada momentumnya. Ada saatnya saham-saham pilihan anda chart-nya lagi bagus. Ada saatnya juga saham-saham pilihan anda harganya koreksi. 

Jadi, kalau anda ingin memilih dan membeli saham yang tepat, anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan analisa-analisa berikut:

1. Beli saham yang sesuai dengan karakter anda 

Tidak semua saham bagus untuk trading. Kalau anda ingin beli saham yang tepat, pilihlah saham-saham yang pergerakannya bagus (likuid dan mudah dianalisa dengan analisa teknikal). 

Kedua, pilihlah saham-saham yang sesuai dengan karakter trading anda. Kalau anda merasa sulit menganalisa saham-saham tertentu, sehingga analisa anda lebih banyak salah di saham tersebut, kemungkinan besar saham tersebut kurang cocok dengan karakter anda. 

Jadi, pilihlah saham-saham yang menurut anda nyaman untuk ditradingkan. Saham-saham yang bisa anda analisa dengan mudah, anda bisa paham pola-pola teknikalnya.. Itulah saham yang tepat untuk anda. 

Tapi dalam trading hindari juga untuk bergantung pada satu saham. Anda bisa pelajari ulasan yang pernah kita bahas bersama disini: Mencintai Satu Saham. 

2. Memilih saham low risk

Salah satu cara yang bisa anda terapkan supaya bisa memilih saham yang tepat adalah 'main aman'. Yap, pilihlah saham-saham yang risikonya rendah. 

Pergerakan saham-saham yang risikonya rendah relatif lebih stabil, chart-nya lebih mudah dianalisa. Support-resisten sahamnya terlihat lebih jelas. Sehingga saham-saham low risk ini bisa anda tradingkan lebih sering, dengan memanfaatkan fluktuatifnya. 

Sedangkan kalau anda membeli saham-saham yang tidak likuid (misalnya saham-saham gorengan), anda mungkin bisa mendapat profit besar dalam jangka pendek. Namun risiko saham2 tersebut lebih besar, sehingga risk:reward-nya tidak sebanding. 

Di web Saham Gain ini, anda bisa mempraktikkan cara-cara screening saham yang bagus dan layak untuk trading disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.

Dengan screening saham bagus, anda bisa memilah saham-saham mana saja yang menguntungkan buat trading, dan saham-saham yang sebaiknya anda hindari. Sehingga adan bisa meraih profit lebih konsisten di market.  

2. Gunakan analisa teknikal yang bisa anda terapkan 

Trading saham dapat membuahkan profit jika anda mampu menggunakan analisa teknikal untuk praktik, bukan hanya sekedar membaca teori. 

Analisa teknikal yang tepat membuat anda bisa memilih saham-saham yang tepat. Karena semua saham ada momentumnya. 

Walaupun sahamnya likuid, tapi kalau harganya sudah terlalu mahal dan waktunya turun, dan anda beli di harga yang mahal, maka saham tersebut bisa jadi tidak menguntungkan untuk anda.

Jadi itulah pentingnya menggunakan analisis teknikal yang dapat anda terapkan sendiri. Analisa teknikal yang bagus adalah analisa teknikal yang SIMPEL dan bisa anda PRAKTIKKAN untuk memilih saham. 

Pelajari juga full praktik analisis teknikal untuk trading disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Anda bisa pelajari juga beberapa poin penting berikut supaya anda bisa menciptakan analisa teknikal yang lebih akurat disini: Cara Menciptakan Analisis Teknikal yang Akurat. 

3. Hindari gambling 

Saham yang akan beli tidak akan pernah tepat kalau anda gambling. Gambling disini maksudnya adalah membeli saham tanpa analisa, membeli saham hanya karena ikut-itkutan kata trader lain. Anda mungkin protes: 

"Kalau untung kan berarti tepat Bung Heze?"

Anda mungkin bisa untung walaupun memilih saham asal-asalan. Tapi seberapa lama anda bisa dapat profit konsisten dengan cara gambling? 

Selain itu, kalau anda gambling, anda tetap tidak paham kenapa saham tersebut layak untuk dibeli. Anda tidak paham kualitas saham yang anda beli.

Gambling dalam trading ini sangat membahayakan karir trading anda, apalagi kalau anda memilih saham-saham yang salah (tidak menguntungkan). Hal ini sudah sering terjadi pada kebanyakan trader saham. 

Itulah 3 cara membeli saham yang tepat. Jumlah saham di Bursa Efek cukup banyak, dan anda punya preferensi pribadi untuk memilih saham apapun yang ingin anda tradingkan. 

Artinya tidak ada jawaban saham spesifik ataupun kewajiban untuk membeli saham-saham tertentu. Untuk memilih saham yang tepat, anda harus memulai dari PROSES TRADING yang benar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.