Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Pergerakan Saham Telkom

El Heze
Saham blue chip yang fundamentalnya bagus, brand imagenya ternama, sahamnya likuid, harga sahamnya pun bisa turun drastis.... Hal ini terjadi salah satunya di saham TLKM. 



TLKM mengalami penurunan harga saham yang cukup tajam. Namun penurunan saham TLKM ini terjadi secara smooth, sehingga mungkin tren turun (downtrend) saham TLKM ini sepertinya tidak terasa. 

Tapi buat anda yang sering mengamati pergerakan TLKM selama jam trading, downtrend saham TLKM ini benar-benar terasa, dan terkadang saham ini cukup "membuat stress", karena TLKM juga punya tren sideways yang cukup panjang. Sekarang kita coba perhatikan chart TLKM berikut:  

Saham Telkom Turun
Saham TLKM mengalami penurunan hingga ke harga support terendah 2.600 dan 2.540 selama 1 tahun. Kalau anda menemukan pola saham seperti diatas, harga sahamnya turun drastis, dan anda ingin trading karena berpikir kalau saham TLKM sudah murah, sebaiknya anda tidak terburu untuk langsung mentradingkan sahamnya. Ada dua hal yang perlu anda analisa. 

Pertama, perhatikan support-support krusial TLKM. TLKM turun terus menuju support terendah 1 tahun, di maan ada dua support terendah yaitu 2.600 setelah itu 2.540. Di antara support 2.540-2.600, TLKM berhasil rebound. 

Jadi jika TLKM turun dan tidak bisa bertahan di area support terendahnya, maka TLKM berpotensi breakdown (mengalami penurunan harga saham lanjutan, karena tidak dapat bertahan dari support-nya). 

Kalau anda ingin trading di saham TLKM ketika TLKM mulai menyentuh support terendah, ada baiknya anda wait and see dan tidak terburu beli TLKM dengan modal besar. Jika TLKM bertahan di area support-supportnya, anda bisa beli bertahap (akumulasi). 

Support-support krusial (salah satunya melihat harga support terendah) sangat penting. Karena support krusial seperti pada chart TLKM diatas (tanda persegi), biasanya menjadi patokan pelaku pasar apakah para trader akan melakukan akumulasi ketika mendekati supportnya, atau justru menjual sahamnya. 

Karena support-support terendahnya ini merupakan historis, di mana ketika berada di support 2.540-2.600, TLKM berhasil rebound. Nah, anda bisa perhatikan candlestick TLKM terakhir. Yap, TLKM berhasil rebound 4% lebih setelah mendekati harga terendahnya, di mana TLKM sempat menyentuh 2.650, lalu rebound.  



Dan kita juga sempat ulas saham support-support pergerakan saham TLKM ini di halaman Rekomendasi Saham dan di grup FB Saham Gain. TLKM naik dan ditutup di harga 2.810. 

Jadi konsep history repeat itself (Sejarah akan terulang) ini juga sangat berlaku dalam analisa teknikal. Pada chart setelah tanda lingkaran, TLKM rebound dari support terendah. Sedangkan pada candle terakhir, TLKM juga rebound setelah mendekati support2 terendah. 

Kedua, kondisi market. Karena TLKM ini merupakan saham blue chip yang punya market cap besar, maka pergerakan saham TLKM biasanya cenderung mengikut arah IHSG. 

Jika IHSG sedang turun dan saham TLKM masih belum menunjukkan tanda-tanda rebound, ada baiknya anda wait and see. Lebih baik anda mendapatkan TLKM di harga yang bagus, ketimbang nyangkut di harga mahal.

Kenaikan saham TLKM 4% lebih ini selain karena faktor teknikal, IHSG yang sedang technical rebound juga turut membuat saham TLKM naik tinggi. 

Tren turun saham TLKM terjadi secara lambat. Di dalam tren turunnya, seringkali terjadi tren sideways yang cukup panjang. Perhatikan kembali chart TLKM dengan time frame lebih pendek 6 bulanan berikut: 

Pergerakan saham Telkom
TLKM juga mengalami tren sideways, di mana pergerakan harganya selama sideways ini cukup lambat. Trader-trader dulu yang menjadi TLKM sebagai saham favorit untuk trading, banyak yang pindah ke saham lain, karena volatilitas TLKM yang kurang cepat. 

Tapi sebenarnya di dalam tren sidewaysnya, TLKM masih cukup bagus untuk trading jangka pende, yaitu dengan cara memanfaatkan support resisten yang (kurang lebih) sama, sehingga anda bisa meraih profit berulang dari saham TLKM. 

Pelajari juga cara-cara memaksimalkan profit trading pada saham sideways disini: Full Praktik Strategi Trading di Saham Sideways. 

Hanya saja, untuk saham TLKM yang sidewaysnya seperti ini, memang anda tidak bisa mengambil take profit terlalu tinggi, karena range support resistennya bergerak dalam rentang yang sempit / terbatas. 

Suatu saat tren saham TLKM pasti juga akan mengalami perubahan-perubahan. Misalnya dari tren turun menjadi tren naik (uptrend). Karena TLKM sendiri pernah mengalami uptrend, di mana harganya pernah menyentuh diatas 4.000. Hal ini juga tergantung dari kondisi market dan valuasi saham tersebut. 

Tapi kalau untuk trader jangka pendek sih, kita nggak perlu terlalu banyak berasumsi dengan pergerakan chart TLKM kedepan. Yang perlu kita lakukan adalah mengamati pergerakan chartnya saat ini, dan memanfaatkan support resisten dan fluktuatifnya untuk trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.