Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Sukses Trader Saham Part Time

Sebagian besar trader saham yang membaca web Saham Gain ini pasti adalah seorang part time trader (trader paruh waktu) yang menjadikan trading saham sebagai penghasilan tambahan.



Anda mungkin memiliki profesi utama misalnya karyawan, PNS, dokter, parsitek dan profesi-profesi utama lainnya yang mengharuskan anda bekerja dari pagi sampai sore. 

Kalau anda memiliki profesi utama dan trading saham sebagai profesi sampingan untuk penghasilan tambahan, itu berarti anda adalah trader part time. Demikian juga dengan anda yang saat ini masih dalam tahap belajar saham dan anda sekarang memiliki pekerjaan utama lainnya. 

Trader part time tentu saja memiliki jam terbang yang jauh lebih sedikit dibandingkan full time trader, karena anda harus membagi waktu untuk bekerja dan trading saham. Waktu anda untuk trading, menganalisa market, mengamati pergerakan saham jauh lebih sedikit dibandingkan trader full time. 

Sehingga, banyak rekan trader terutama yang masih baru pertama belajar saham, bertanya:

"Pak kalau saya sibuk bagaimana caranya trading saham?"
"Saya sekarang punya pekerjaan utama. Kalau trading saham apa tetap bisa profit?"
"Gimana tips trading saham kalau saya sekarang bekerja full time?" 

Sebagai trader part time, tentu anda tetap bisa sukses trading dan meraih profit. Baca juga: Sukses Trading Saham. Semua full time trader, awalnya pasti akan memulai menjadi part time trader terlebih dahulu, dengan modal kecil. 

Jadi peluang sukses trading anda tetap besar. Ada 6 tips yang bisa saya sharing di pos ini, agar anda mampu menjadi trader part time yang sukses: 

1. Analisa saham saat market tutup  

Jika anda bekerja pagi dan pulang sore, sehingga waktu anda untuk analisa saham tidak banyak, anda bisa pertimbangkan untuk menganalisa saham ketika market tutup. Jam trading di pasar saham kurang lebih mengikuti jam kerja kantoran yaitu pukul 09.00 - 16.15. 

Anda bisa analisa saham saat malam hari setelah pulang kerja. Atau anda bisa analisa saham ketika pagi hari sebelum market buka atau sebelum anda berangkat kerja. 

Sehingga, analisa saham yang anda lakukan tidak mengganggu jam kerja anda. Analisa saham saat market tutup juga cukup efektif, karena anda bisa menganalisa lebih banyak pola saham, dan pola chart saham ketika market sudah tutup tidak akan berubah-ubah lagi. 

2. Pilih saham-saham yang bagus dan menguntungkan untuk trading 

Sebagai trader part time, anda harus cermat dan selektif memilih saham. Ingat bahwa tidak semua saham di Bursa Efek bagus untuk ditradingkan. 

Kalau anda punya kesibukan pekerjaan, sebaiknya prioritaskan saham-saham yang bagus,  pola2nya mudah anda analisa dan risikonya kecil untuk trading. 

Gunakan ANALISA TEKNIKAL SIMPEL & PRAKTIKAL untuk trading, supaya anda bisa mengambil keputusan trading tanpa harus menggunakan sistem2 rumit yang membuang waktu anda. 

Jadi, anda harus melakukan screening saham untuk mendapatkan STOCK PICK saham berkualitas, dan membuang saham2 yang jelek. Stock pick ini nantinya berisi beberapa saham bagus yang bisa anda tradingkan. 

Anda bisa pelajari cara-cara simpel screening saham bagus dan praktik2 analisa teknikal untuk trading saham disini:
3. Analisa saham ketika weekend 

Kalau anda sibuk bekerja, ada baiknya anda bersedia meluangkan waktu saat weekend untuk analisa dan 'utak-atik' analisa chart di software trading anda. Analisa saham saat weekend juga memberikan banyak manfaat untuk menambah skill trading dan charting. Baca juga: Tips Belajar Saham Cepat Bisa. 

Kemampuan memilih saham dari analisa-analisa yang anda lakukan akan sangat mempengaruhi kualitas trading anda kedepan.  

4. Memasang order buy dan sell tanpa harus mengamati market setiap saat 

Ini juga poin penting yang sering dilupakan. Banyak trader part time yang setelah memasang order beli tidak memasang order jual. Sehingga, saat harga sahamnya naik, trader tidak sempat jual karena belum pasang order. 

Seringkali terjadi, sahamnya sudah turun lagi, sehingga trader tidak jadi mendapat profit karena langsung memasang order. Nah, ini sangat penting untuk part time trader, karena anda memiliki kesibukan, kemungkinan besar anda tidak bisa sering2 memantau market.  

Anda bisa gunakan fasilitas advanced order, yaitu menjual saham di harga, sampai batas waktu matched order yang anda inginkan, sehingga kalau saham anda naik, anda tidak perlu memantau terus untuk menekan tombol 'Sell'. 

5. Trading dan memantau market ketika ada waktu luang 

Jika ada waktu luang, anda bisa manfaatkan untuk trading saham, memantau market ataupun menganalisa saham2 tertentu. Sesuaikan waktu luang dengan jadwal masing2. Waktu luang yang anda miliki di tengah jam trading, bisa anda manfaatkan juga untuk mendalami skill saham anda. 

6. Minimalkan "gangguan" trading saham 

Kesuksesan trader saham part time ditentukan dari 4 (empat) hal berikut:
  • Mampu memilih saham yang bagus
  • Bisa menggunakan analisa teknikal yang simpel
  • Menggunakan modal kecil dan bertahap
  • Mengatur waktu untuk analisa dan trading  
Jadi itulah yang harus anda terapkan dan fokuslah disitu. Hindari 'gangguan2' trading: Terlalu sering membaca chatting di grup2 saham, sibuk mencari rekomendasi saham melalui grup atau trader2 lain. 

Terlalu fokus untuk membeli software-software sinyal trading. Cara-cara ini hanya akan merusak fokus trading anda. Percayalah, cara-cara instan seperti itu justru tidak akan menghasilkan profit konsisten dan membuang waktu yang seharusnya bisa anda gunakan buat analisa saham. 

6 (enam) tips sukses trading part time ini harus anda lakukan jika anda ingin meraih profit sebagai trader part time, sehingga trading saham anda bisa memberikan penghasilan tambahan. 

Nantinya anda bisa memutuskan apakah anda tetap menjadi trader part time atau beralih menjadi full time trader (FTT). Namun kalau anda ingin jadi FTT, ada persiapan2 yang perlu anda lakukan. 

Kita sudah membahasnya sesuai kondisi riil disini: Yakin Mau Trading Saham For Living? Dan semuanya itu harus mulai dibangun ketika anda masih jadi part time trader sekarang. 

Kelebihan utama menjadi trader saham part time adalah anda tidak perlu 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.