Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Memilih Saham untuk Besok

El Heze
Sebagai trader saham, anda harus memilih saham yang bagus untuk ditradingkan. Kalau anda berniat untuk trading keesokan harinya, maka anda harus mulai menganalisa saham-saham secara spesifik. 



Tetapi memang tidak semua trader saham memiliki waktu yang fleksibel. Anda mungkin memiliki kesibukan, sehingga tidak punya banyak waktu untuk menganalisa saham. 

Maka, di pos ini saya ingin sharing beberapa tips agar anda bisa memilih saham untuk trading, khususnya buat anda yang punya kesibukan2 lain diluar trading saham. Ada beberapa strategi memilih saham untuk besok yang bisa anda terapkan: 

1. Prioritaskan beberapa saham bagus tertentu 

Anda bisa memilih beberapa saham tertentu yang pola, analisa chartnya bagus untuk trading. Jadi sebelum trading, anda sudah memiliki saham-saham pilihan (STOCK PICK) yang bisa anda prioritaskan untuk trading. 

Cara-cara screening saham untuk menemukan saham2 bagus, bisa anda pelajari praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Sehingga, anda tidak terlalu capek untuk melihat semua saham di Bursa Efek untuk dianalisa. Anda bisa memprioritaskan beberapa saham bagus untuk anda pantau, dan analisa lebih intens teknikal & pola-polanya untuk trading. 

Setiap trader saham hendaknya memiliki stock pick saham, supaya anda bisa lebih fokus untuk memantau saham-saham yang bagus, dan membuang saham-saham yang berisiko.

2. Screening saham setelah market tutup 

Tips memilih saham untuk besok bisa anda lakukan setelah market tutup yaitu setelah pukul 16.15. Anda juga bisa menganalisa saham saat malam hari, ketika anda sudah agak santai. 

Menganalisa saham setelah market tutup, kelebihannya adalah chart dan harganya sudah tidak berubah-ubah lagi, sehingga anda bisa menganalisa lebih jelas pola-pola chart untuk mengambil keputusan trading keesokan hari. 

Perlu anda perhatikan juga, khususnya untuk anda yang menganalisa saham melalui bid offer (analisa tape reading). Jumlah bid offer suatu saham, biasanya hanya berlaku untuk satu hari perdagangan saham. 

Jadi jika market sudah tutup, bid offer yang terjadi hari ini tidak berlaku untuk keesokan harinya. Jangan beranggapan jika banyak permintaan beli (bid) saat closing market, berarti harga saham keesokan hari pasti naik.  

Analisa-analisa lengkap tape reading, kita bahas lengkap praktik2nya dalam Ebook Trading Harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

3. Perhatikan kondisi market global 

Anda bisa pertimbangkan juga untuk melihat penutupan market global atau indeks luar negeri utama yaitu indeks Wall Street (Dow Jones, Nasdaq, SP500) dan Indeks Asia. Jika mayoritas indeks hijau, IHSG biasanya akan mengikuti pergerakan indeks Wall Street dan pergerakan indeks Asia. 

Kita juga sudah pernah membahasnya disini: Analisa Market: Indeks Dow Jones, S&P500, Nasdaq.

4. Opsi: Screening saham pagi hari sebelum market buka 

Kalau malam hari anda belum sempat melakukan analisa saham, opsi lainnya anda bisa melakukan analisis saham pada saat pagi hari sebelum market buka pukul 09.00. Pagi hari sebelum market buka juga cukup efektif untuk menganalisa chart saham-saham pilihan yang bisa anda tradingkan.

Saya pribadi sering menganalisa chart-chart saham sebelum jam trading. Tujuannya supaya bisa menganalisa dan review lebih banyak saham potensial yang bagus untuk ditradingkan di hari itu.  

5. Tetap prioritaskan analisa teknikal 

Ada banyak analisa yang bisa digunakan untuk menganalisa potensi kenaikan saham keesokan hari. Anda bisa melihat akumulasi bandar asing atau lokal yang terbesar saat itu. 

Namun anda juga harus tetap prioritaskan analisa teknikal, karena analisa teknikal dapat memberikan banyak petunjuk pada trader mengenai saham2 apa yang bagus untuk dibeli, baik dari kombinasi support-resisten, indikator maupun sinyal2 dari candlestick. 

Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal dan Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten. 

6. Pilih saham-saham yang sedang turun untuk ditradingkan besok

Anda bisa pertimbangkan untuk seleksi saham-saham bagus yang secara teknikal sudah mendukung untuk trading. Pelajari cara-cara menemukan saham diskon disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

Analisa saham di waktu yang tepat, dan memiliki pilihan-pilihan saham yang spesifik akan membuat trading anda menjadi jauh lebih terarah. Anda bisa praktikkan poin-poin di pos ini sebagai strategi memilih saham untuk besok.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.