Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham PWON: Analisis Teknikal dan Tren

El Heze
Saham PWON merupakan di sektor properti yang menurut saya pribadi pergerakan harganya cukup bagus untuk dimanfaatkan trading. Di sektor ini ada juga saham2 seperti CTRA, BSDE yang enak untuk ditradingkan. 


Namun berdasarkan praktik2 trading yang saya jalankan, PWON ini relatif lebih likuid dibandingkan CTRA, BSDE dan saham2 di sektor properti lainnya. Beberapa kali saya juga mendapatkan pertanyaan maupun request dari rekan trader untuk membahas saham PWON terutama dari segi analisa teknikalnya. 

Jadi di pos ini, kita akan ulas analisa chart saham PWON dan perubahan-perubaban tren yang kerap kali terjadi pada saham PWON.  PWON adalah saham yang sering sideways (trennya mendatar, tidak uptrend ataupun downtrend secara signifikan). Perhatikan chart PWON berikut: 

Saham PWON
Perhatikan yang saya beri tanda-tanda persegi. Anda bisa perhatikan tren PWON yang relatif mendatar dalam kurun waktu setidaknya minimal selama 1 minggu. 

Namun sekalipun trennya kebanyakan sideways, PWON juga pernah mengalami tren turun yang cukup signifikan, seperti yang ada lihat pada chart diatas (sebelum tanda persegi). 

Anda bisa pelajari full praktik meraup profit maksimal di saham sideways, dan mendalami lebih banyak pola saham sideways disini: Full Praktik Strategi Trading di Saham Sideways. 

"Lalu apakah tren mendatar (sideways) bagus digunakan untuk trading? Bagaimana cara mendeteksi perubahan trennya?" Tanya anda.

Tentu saja saham PWON tetap bagus untuk trading karena fluktuatif harganya yang cukup bagus. Namun untuk disimpan dalam jangka lebih panjang, kekuatan tren naik PWON  memang tidak terlalu bagus. Anda bisa perhatikan historis PWON selama 5 tahun: 

PWON
PWON bukanlah tipe saham yang uptrend dalam jangka waktu panjang seperti saham BBCA. Kalau anda perhatikan tren sahamnya selama 5 tahun lebih diatas, PWON hanya bergerak di range harga Rp300 sampai Rp800-an. Namun harga Rp800 hanya tersentuh sebanyak 2 kali. 

Yap, setelah harganya uptrend ke Rp800, harganya akan mulai downtrend dan kemudian sideways agak lama. Lalu PWON kembali membentuk beberapa tren baru, dan tidak lama kemudian sideways. 

Jika kita perhatikan chart PWON, memang saham ini mengalami tren sideways yang cukup sering. Kemungkinan besar ini adalah tipikal mayoritas pelaku pasar dan bandar yang mentradingkan PWON, di mana pelaku pasar memanfaatkan PWON untuk trading jangka pendek dan mendapatkan profit berulang dari tren sidewaysnya.   

Pada chart PWON jangka panjang diatas, PWON sebenarnya relatif sering bergerak di kisaran harga Rp500-600. Jadi kalau PWON balik di kisaran harga tersebut dan untuk jangka waktu tertentu harganya cuma gerak di range itu-itu saja, maka ini adalah peluang emas bagi anda untuk memanfaatkan trading jangka pendek pada kisaran support-resistennya.

Pelajari juga: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten.
Jadi PWON ini sebenarnya lebih cocok dimanfaatkan untuk trading saham jangka pendek sampai jangka menengah, dengan memanfaatkan support resisten berulang (jika terjadi tren sideways). 

"Tapi bagaimana kalau PWON nggak balik ke support resisten kuatnya di Rp500-600 Bung Heze? Apa masih bagus untuk trading?" Tanya anda. 

Tidak masalah. Selama PWON masih bergerak di range harga yang fluktuatif (naik-turun, dan tidak downtrend berkepanjangan, atau sampai harganya jatuh dibawah Rp250), maka PWON tetap bisa anda tradingkan, salah satunya dengan menganalisa titik support resisten terdekatnya. 

PERUBAHAN TREN SAHAM PWON

PWON ini juga sering menjadi saham 'langganan' saya dalam trading. Berdasarkan analisa yang sering saya amati, PWON biasanya sering mengalami perubahan-perubanan tren saham sebagai berikut:  

1. Tren sideways dengan frekuensi trading yang sedikit 

Terkadang kita menemukan saham PWON dengan tren sideways yang cukup lebar. Tetapi terkadang saham PWON juga bisa mengalami perubahan tren, di mana sahamnya sideways yang fluktuatifnya sangat sempit (misalnya hanya bergerak di kisaran 450-454). 

Jika anda menemukan saham PWON yang fluktuatifnya sangat lama, anda bisa mencari saham2 lain dulu untuk trading.   

2. Tren naik jadi tren turun 

Saya pribadi biasanya mulai mewaspadai kalau PWON sudah naik sampai diatas Rp700, biasanya rentan turun dengan cepat. Namun kalau harganya sudah turun dan mulai membentuk support resisten yang jelas, anda bisa pertimbangkan untuk trading.  

3. Tren turun menjadi tren naik 

PWON juga mengalami uptrend ketika berhasil tembus resisten Rp500 (lihat setelah tanda persegi chart diatas). Ketika PWON turun ke harga 300-an (harga yang sangat murah secara teknikal) dan kondisi market mulai pulih / uptrend, saham PWON biasanya ikut naik drastis. 

Jika anda tipikal swing trading, anda bisa menggunakan strategi trading mingguan untuk buy and hold saham PWON. Saham PWON biasanya merupakan saham yang juga relatif mengikut pergerakan indeks (IHSG). 

Itulah ulasan saham PWON baik dari segi teknikal dan perubahan trennya. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan trader. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.