Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Rahasia Profit Cepat di Saham

Apa rahasia profit cepat di saham? Kalau saya trading saham, apa bisa untung 10% per bulan? Rekening saham saya baru jadi. Kalau saya mulai beli saham pakai modal Rp1 juta, bagaimana caranya supaya bisa profit sekitar 20%? 



Saya sering menerima pertanyaan seperti diatas tadi. Secara langsung : Apa rahaisa profit cepat di saham? Karena banyak trader yang ingin bisa dapat untung cepat, kita seringkali menemukan seminar-seminar ataupun tawaran2 untuk membeli software saham dengan harga puluhan juta dengan kalimat-kalimat "cepat profit tanpa menganalisa", cepat sukses di saham". 

Dalam trading saham, sebenarnya tidak ada rahasia profit cepat. Kalau anda trading karena ingin cepat kaya, percayalah cara ini justru tidak akan membuat anda profit, namun sebaliknya.

PROFIT merupakan HASIL AKHIR TRADING. Nah, untuk mencapai hasil akhir tersebut, anda harus melalui PROSES, yaitu proses trading saham yang benar. 

Kalau proses anda salah, dalam arti beli saham tanpa analisa, tanpa trading plan, tanpa manajemen modal, mindset trading yang ingin cepat kaya. Proses yang salah ini justru akan membuat anda rugi, bukan profit. 

Sebaliknya, proses trading benar akan menghasilkan profit. Intinya, PROFIT AKAN MENGIKUTI dari proses-proses trading yang anda jalankan. 

Yang ingin saya tekankan di pos ini: TIDAK ADA RAHASIA PROFIT CEPAT (INSTAN) DI SAHAM. Jika anda sering membaca ulasan-ulasan di web Saham Gain ini. Atau anda yang sudah mempraktikkan ebook-ebook trading saham: Ebook Full Praktik Trading Saham. 

Semua praktik2 tersebut mengarahkan anda pada cara dapat PROFIT YANG BENAR, bukan cara instan cepat kaya dari saham dalam semalam. Karena tanpa memahami cara trading yang benar, jangan berharap anda bisa dapat profit. 

Ada dua hal utama yang harus anda praktikkan supaya anda bisa mendapatkan profit konsisten di saham:  

1. Anda bisa profit jika mampu mempratikkan SENI TRADING 

Trading ataupun investasi saham adalah sebuah seni. Anda menghadapi fluktuatif market. Kondisi tren saham yang bisa berubah. Anda harus memilih beberapa saham saja dari sekian banyak saham yang ada di Bursa Efek. 

Artinya, anda harus bisa menghadapi market yang dinamis. Anda harus memiliki seni trading, supaya anda beradaptasi di pasar saham.

Di pasar saham, anda mampu mengatur psikologis. Tidak panik saat market turun / bearish. Tidak mudah terbawa euforia saat market sedang naik / bullish. Memilih saham-saham yang bagus untuk trading. 

Melakukan manajemen modal untuk trading. Menghindari saham-saham yang risikonya tinggi untuk anda. Menggunakan analisa-analisa yang simpel dan bisa dipraktikkan. Fokus pada trading plan dan analisa yang anda lakukan. 

Itulah seni-seni trading yang akan mengarahkan anda agar bisa menghasilkan profit. Pelajari juga: Strategi Trading Saat IHSG Bearish. 

Di web Saham Gain ini, anda juga bisa pelajari seni-seni menghadapi market agar anda bisa praktik trading dengan cara-cara yang benar dan memilih saham yang tepat disini:
2. Target pertama trader bukanlah profit besar, tapi meminimalkan risiko 

Pasar saham itu ada risikonya. Kalau anda hanya ingin untung besar dan cepat, tanpa paham cara menekan risiko, profit anda akan mudah hilang dalam waktu cepat. 

Hari ini trader bisa profit besar dalam waktu singkat. Tapi karena trader tidak paham cara meminimalkan risiko. Trader tidak paham saham2 mana yang risikonya besar. Trader tidak mengatur manajemen modal, maka pada trading-trading selanjutnya, trader berpotensi rugi besar. Hal ini sudah banyak dialami para trader pemula. 

Itulah mengapa anda harus pelajari dahulu cara-cara meminimalkan risiko yaitu melalui pemilihan saham yang tepat, manajemen modal dan diversifikasi portofolio yang wajar. 

Jadi target pertama seorang trader saham bukanlah meraih profit sebesar mungkin. Tetapi pahami dulu cara menekan risiko, dengan cara trading bertahap dan membangun mindset yang benar. 

Ketika anda mulai paham cara menekan risiko dalam trading, percayalah profit trading anda akan lebih stabil. Memang tidak ada yang instan. Namun cara-cara ini sudah saya praktikkan sendiri.  
Tidak ada rahasia profit cepat dan instan di saham. Memahami seni trading yang benar, itu adalah kunci mendapatkan profit. Namun semua itu tidak bisa dibangun dalam semalam. Ada proses-proses dan praktik trading yang harus dilakukan setiap trader.
Sebagai trader saham, fokuslah untuk menganalisa dan menjalankan trading yang benar. Jangan fokus untuk mencari rahasia profit cepat, karena hal ini justru membahayakan karir trading anda sendiri. 

Tidak ada cara profit instan di saham. Demikian juga dengan bidang-bidang lainnya, tidak ada cara untung secara instan. Trading yang dilakukan secara bertahap, itulah yang akan membuahkan hasil maksimal untuk anda. 

Ulasan dan analisa-analisa di web Saham Gain, termasuk ebook-ebook praktik trading: 3 Ebook Saham Rekomendasi Trader, semua mengarahkan anda untuk bisa memahami seni trading, memilih saham dan menganalisa secara MANDIRI, sehingga anda bisa menghadapi market sendiri dan meraih profit dengan cara yang benar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.