Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham KFC

El Heze
Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan salah satu perusahaan fast food terbesar di dunia. Jika anda ingin membeli saham KFC, bagaimana caranya? 




Bukankah KFC adalah perusahaan asal Amerika? Bisakah kita membeli saham KFC di Indonesia? Tentu saja bisa. KFC adalah perusahaan waralaba, yang juga terdapat hampir di berbagai negara termasuk di Indonesia. 

Di Indonesia, perusahaan pemegang merk KFC adalah PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST). PT Fast Food Indonesia Tbk adalah perusahaan go public di Bursa Efek. Artinya sebagai masyarakat umum, anda juga punya kesempatan untuk membeli saham KFC. 

Bagaimana caranya supaya anda bisa ikut memiliki saham KFC? Berikut adalah langkah-langkah panduan cara beli saham KFC:

1. Membuka rekening saham di kantor sekuritas 

Beli jual saham dilakukan melalui aplikasi software online trading yang disediakan oleh masing-masing kantor sekuritas (kantor sekuritas bekerja sama / terhubung dengan Bursa Efek Indonesia). 

Oleh karena itu, anda harus membuka rekening saham dulu di kantor sekuritas. Anda bisa datang ke kantor sekuritas terdekat atau membuka rekening efek secara online. 

Untuk panduan membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online, serta sekuritas-sekuritas rekomendasi untuk pemula, bisa anda download langkah-langkah pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

2. Pilih menu Trade --> Buy 


Login menggunakan username dan password anda di software online trading. Kemudian masuk ke menu Trade --> Buy. Tampilan di pos ini menggunakan software Danareksa Sekuritas. 

Secara umum, semua menu di software saham sama. Hanya beda tampilan saja. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software trading masing-masing yang anda gunakan. 

3. Kemudian muncullah menu Order Buy seperti berikut: 

Cara Beli Saham KFC
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham KFC, anda harus ketikkan kode saham perusahaannya. Kode saham PT Fast Food Indonesia Tbk adalah FAST. Setelah ketikkan kode sahamnya, maka akan muncul tampilan harga bid offer saham seperti diatas. 

Untuk melihat harga saham KFC terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas yaitu Rp905. Jika anda belum paham cara membaca bid offer antrian harga saham, anda bisa pelajari analisanya disini: 


Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Belilah saham sesuai dengan jumlah modal yang anda miliki. 

Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Jadi katakanlah anda membeli saham KFC di harga Rp905 sebanyak 12 lot, maka modal yang harus anda keluarkan adalah: Rp905 x 12 lot x 100 lembar saham = Rp1.086.000. 

Jangan lupa untuk menambahkan fee beli saham dari sekuritas. Anda bisa pelajari disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga beli dan jumlah lot, silahkan ketik "Buy" untuk membeli sahamnya. Dengan demikian, anda sudah dinyatakan memiliki saham KFC. 

4. Analisis grafik saham KFC 

Tujuan anda beli jual saham adalah untuk mendapatkan keuntungan (profit). Oleh karena itu, sebelum memutuskan beli saham, anda harus selalu menganalisa grafiknya (analisis teknikal) terlebih dahulu.  

Saham FAST
Analisis teknikal grafik berfungsi agar anda bisa memahami apakah suatu saham harganya sudah murah, sudah bagus untuk dibeli atau harganya masih terlalu tinggi. Cara-cara analisa grafik dan praktik2nya bisa anda pelajari disini: Ebook Trading Saham PDF.  

Itulah panduan cara membeli saham KFC. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.