Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Indomaret

El Heze
Setiap dari anda pasti pernah pergi ke Indomaret. Indomaret merupakan minimarket yang sangat ternama di Indonesia. Di daerah tempat anda tinggal, kemungkinan anda akan menemukan Indomaret. 



Sebagai investor atau trader saham, mungkinkah anda membeli saham Indomaret? Perusahaan Indomaret adalah PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET). Status Tbk alias Terbuka menunjukkan bahwa perusahaan Indomaret merupakan perusahaan go public di Bursa Efek. 

Artinya, sebagai masyarakat umum anda memiliki kesempatan untuk membeli saham dan menjadi investor perusahaan Indomaret. Lalu, bagaimana cara membeli saham Indomaret? Berikut langkah-langkah panduan cara membeli saham Indomaret:

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Supaya anda bisa membeli saham, anda harus membuka akun rekening efek di kantor sekuritas. Hal ini karena setiap transaksi beli jual saham dilakukan secara online, melalui software trading saham dari kantor sekuritas. 

Panduan membuka rekening efek di kantor sekuritas bisa anda download panduannya pada free ebook (33 halaman) disini: Free Ebook Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Login --> Trade --> Buy 


Setelah proses membuka rekening efek selesai, anda bisa login ke software trading anda dan pilih menu trade --> buy. Contohnya seperti tampilan diatas. Kemudian muncullah menu order buy seperti berikut: 

Cara membeli saham Indomaret
Lihat nomor 1. Untuk bisa membeli saham Indomaret, anda harus ketikkan kode saham Indomaret (Symbol). Kode saham perusahaan Indomaret adalah DNET. Setelah anda ketikkan kode sahamnya, akan muncul tampilan antrian harga beli (bid) dan jual (offer). 

Tampilannya seperti pada tanda panah gambar diatas. Kalau anda belum paham cara membaca antrian harga saham, anda bisa pelajari disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham - Part I.

Harga beli terbaik (best bid) bisa dilihat pada offer price yang paling atas. Pada contoh diatas, harga best bidnya adalah Rp3.400. 

Lihat nomor 2. Setelah itu, anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Misalnya anda ingin membeli Indomaret di harga Rp3.400 sebanyak 1 lot, maka jumlah moda yang harus anda keluarkan adalah: 

Rp3.400 x 1 lot x 100 lembar saham = Rp340.000. Catatan = Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Selanjutnya anda juga perlu menghitung fee beli saham. Baca cara menghitung fee beli sekuritas disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitugnya. 

Lihat nomor 3. Setelah anda memasukkan harga dan lot yang diinginkan, anda bisa langsung tekan tombol BUY. Maka otomatis anda sudah dinyatakan memiliki saham Indomaret. 

3. Analisis saham Indomaret 

Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisa. Analisa yang digunakan untuk membeli saham adalah analisis teknikal / grafik (untuk trading jangka pendek) dan analisis fundamental (investasi). Pelajari juga: 
Berikut adalah grafik saham Indomaret: 

Saham Indomaret
Membeli saham harus dilakukan dengan momen yang tepat dan analisa yang bagus. Itulah kegunaan dari analisa teknikal. Perhatikan juga bahwa grafik saham Indomaret diatas tidaklah terlalu likuid dengan volume yang kecil. Jadi untuk membeli saham Indomaret, anda juga harus perhatikan analisa chart dan likuiditas sahamnya.  

Itulah panduan cara membeli saham Indomaret. Semoga bermanfaat... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.