Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham ACE Hardware

El Heze
Salah satu toko retail di Indonesia yang nama dan brand-nya sangat terkenal adalah ACE Hardware. Saya rasa, anda semua pasti sudah tahu ACE Hardware. Hampir di setiap kota, terdapat ACE Hardware. 



Atau mungkin anda mungkin juga sudah pernah berbelanja di ACE Hardware? Perusahaan ACE Hardware ternyata adalah salah satu perusahaan go public di Indonesia. Dengan kata lain, sebagai masyarakat umum, anda juga punya kesempatan untuk memiliki dan membeli saham ACE hardware. 

Perusahaan ACE Hardware adalah PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). Lalu bagaimana cara beli saham ACE Hardware? Berikut adalah panduan cara membeli saham ACE Hardware: 

1. Buka akun saham di kantor sekuritas 

Membeli saham dilakukan secara online, melalui software online trading dari kantor / perusahaan sekuritas. Oleh karena itu, untuk bisa membeli saham, anda harus membuka akun saham dulu di kantor sekuritas. 

Jika di kota anda tidak ada kantor sekuritas terdekat, anda bisa membuka rekening saham secara online. Panduan cara membuka akun saham secara online maupun di sekuritas, termasuk rekomendasi2 sekuritas yang bagus untuk pemula, bisa anda download pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

2. Pilih menu Trade --> Buy 

Kemudian anda bisa login ke software online trading, lalu pilih menu Trade --> Buy. Tampilannya kurang lebih seperti berikut: 


Disini saya menggunakan contoh software Danareksa Sekuritas. Menu-menu buy saham setiap sekuritas pasti sama, hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikan tampilan menu  dengan software yang anda gunakan masing-masing. 

3. Muncullah menu order buy seperti berikut: 

Cara Beli Saham ACE Hardware 
Perhatikan nomor 1. Jika anda ingin membeli saham ACE Hardware, anda harus ketikkan kode sahamnya pada Symbol. Kode saham PT Ace Hardware Indonesia adalah ACES. Setelah anda ketikkan kode sahamnya, muncullah tampilan harga saham ACES yaitu Bid dan Offer ACES (tanda lingkaran biru).   

Bid adalah permintaan beli dan offer menunjukkan harga penawaran jual. Untuk melihat harga saham terakhir ACES, anda bisa lihat pada harga offer paling atas. Pada tampilan order buy ACES, harga beli terakhirnya adalah Rp1.600. 

Jika anda belum paham cara membaca bid offer saham, anda bisa pelajari disini: 


Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. 1 lot = 100 lembar saham, dan minimal pembelian saham adalah satu lot dan kelipatannya.

Katakanlah anda ingin membeli ACES pada harga 1.600 sebanyak 9 lot, maka jumlah modal yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan saham ACES perhitungannya sebagai berikut: Rp1.600 x 9 lot x 100 lembar saham = Rp1.440.000. 

Jangan lupa untuk menghitung fee beli dari sekuritas. Pelajari juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Jika anda sudah memasukkan harga beli dan jumlah lot yang anda inginkan, anda bisa langsung klik menu "BUY". Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham ACE Hardware. 

Sangat mudah bukan? Anda bisa membeli saham ACE Hardware hanya dengan memprosesnya secara online. Bisa anda lakukan di rumah, di mana saja selama anda terkoneksi dengan internet saat jam Bursa saham (pukul 09.00 - 16.00). 

4. Analisis grafik saham ACES 

Grafik Saham ACES
Jangan lupa untuk melakukan analisis grafik / analisis teknikal saham ACES. Analisa teknikal akan memberikan petunjuk pada anda apakah saham ACES sudah layak dibeli, harganya sudah murah / diskon atau harganya masih terlalu mahal.  

Pelajari juga cara-cara melakukan analisis teknikal dan momentum beli saham disini: Ebook Saham PDF.  

Itulah panduan cara membeli saham ACE Hardware. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.