Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham Bank BTN

El Heze
Bank Tabungan Negara (BTN) merupakan salah satu bank besar di Indonesia yang go public. Dengan kata lain, sebagai masyarakat umum, anda memiliki kesempatan untuk membeli dan memiliki saham BTN.



Namun banyak pemula yang belum paham bagaimana cara membeli saham Bank BTN. Apakah harus melalui bank langsung untuk bisa membeli saham? Atau ada tempat lain untuk membeli saham BTN? 

Di pos ini kita akan bahas bersama. Berikut adalah panduan cara beli saham Bank BTN: 

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas

Membeli saham harus dilakukan melalui software online trading dari sekuritas. Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka akun saham di kantor sekuritas terdekat terlebih dahulu. 

Anda juga bisa buka akun secara online, tidak harus datang ke sekuritas langsung. Langkah2 buka akun di sekuritas maupun secara online, bisa anda download dan pelajari pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Setelah itu, anda bisa download software trading saham pada situs resmi sekuritas tempat anda buka rekening saham. Anda bisa masukkan username dan password yang diberikan sekuritas. Jadi, beli saham dilakukan secara online trading. 

2. Pilih menu Buy --> Trade 


Pada software trading, anda bisa pilih menu Trade --> Buy. Tampilannya kurang lebih seperti diatas. Kalau anda menggunakan laptop / PC, menu buy bisa tekan Alt + F2 atau F2.

Disini saya pakai software online Danareksa. Secara umum, semua menu beli saham tiap sekuritas sama, hanya berbeda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software anda masing-masing. 

3. Kemudian muncul menu order buy sebagai berikut: 

Cara beli saham Bank BTN
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham BTN, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham Bank BTN adalah BBTN. Setelah anda ketikkan BBTN (jika ada opsinya anda bisa pilih yang RG atau reguler), maka akan muncul antrian harga saham BBTN seperti diatas dalam bentuk Bid dan Offer.

Untuk mengetahui harga beli saham BTN terakhir, anda bisa lihat pada antrian harga offer paling atas yaitu Rp1.280. Anda bisa pelajari cara membaca bid offer antrian harga saham disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. 

Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli dan jumlah lot yang anda inginkan. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Jika anda membeli saham BBTN pada harga beli terakhirnya yaitu Rp1.280 sebanyak 15 lot, maka modal yang harus anda keluarkan untuk dapat saham BTN adalah: Rp1.280 x 15 lot x 100 lembar saham = Rp1.920.000.

Jangan lupa juga untuk menghitung fee beli saham dari sekuritas. Anda bisa pelajari caranya disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

4. Analisis teknikal saham BTN 

Setiap dari kita pasti ingin dapat untung dengan membeli saham, yaitu bisa membeli dan jual di harga lebih tinggi. Oleh karena itu, anda harus memahami analisis teknikal / grafik saham BBTN sebelum membeli. 

Grafik saham BBTN
Analisis teknikal memberikan anda banyak informasi, apakah saham BTN sudah bagus untuk dibeli? Apakah harganya sudah diskon? Apakah harganya masih terlalu mahal? Anda bisa pelajari cara-cara dan praktik menerapkan analisis teknikal untuk memilih saham bagus disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara beli saham Bank BTN.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.