Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Trading Profit Tiap Hari

Beberapa waktu lalu, saya dapat pertanyaan dan request dari rekan trader untuk membahas bagaimana tips dan cara dapat profit setiap hari dari trading saham. 



Meskipun saya pribadi tidak menganjurkan anda untuk mengejar profit setiap hari dari trading, namun anda mungkin selama ini juga sering mendengar anjuran kalau anda ingin profit setiap hari anda disarankan untuk: 
  • Pakai strategi scalping atau trading harian.
  • Pakai software-software trading saja yang bisa kasih sinyal buy sell buat scalping.
  • Beli saja software buat analisa pergerakan bandar. Bisa untuk lihat bandar-bandar yang lagi beli saham. Dijamin profit tiap hari. 
Saya tidak menyarankan anda menggunakan cara-cara tersebut jika ingin trading profit tiap hari. Apalagi menerapkan scalping trading tidak menjamin anda pasti dapat profit setiap hari. 

Sudah banyak trader mencoba cara-cara tersebut, namun justru trader mengalami kerugian di market yang lebih. Banyak trader membeli software2 berbayar mahal, dan hasilnya tidak sesuai harapan. 

Walaupun saya juga menerapkan strategi trading harian. Strategi2 trading harian saham juga kita bahas bersama praktik2nya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Namun saya tidak pernah memaksakan untuk trading setiap hari, apalagi harus dapat profit tiap saat, tiap hari. Beberapa hal yang harus anda pahami mengapa mengincar dapat profit setiap hari dari saham tidak saya sarankan:

1. Tidak setiap saat kondisi market bagus untuk trading 

Anda yang sudah menjalankan trading saham, anda pasti mengalami kondisi market yang terkadang sangat tidak terduga. IHSG yang awalnya terlihat stabil, tiba-tiba jatuh karena sentimen negatif. 

Di saat-saat yang lain, mungkin anda menemukan kondisi market yang sangat bagus untuk trading. Ada banyak saham yang mulai naik. Ada banyak saham rebound. Ada banyak saham yang sinyalnya bagus buat dibeli. 

Tetapi saat kondisi market bearish, saham-saham bagus yang harganya sudah turun, akan cenderung melanjutkan penurunan. Sehingga kalau anda memaksakan beli saham ketika marketnya belum mendukung, risiko floating loss anda justru akan semakin besar. 

Anda bisa pelajari strategi2 menghadapi market bearish disini: Strategi Trading Saat IHSG Bearish. 


Sebagai contoh, saat anda menghadapi kondisi IHSG yang turun sampai -3,33% diatas, apa yang akan anda lakukan? Apakah anda yakin mau beli saham terus? 

Memang saham-saham gorengan tetap bisa naik tinggi saat pasar saham lagi jelek. Tapi apakah anda yakin ingin trading di saham gorengan setiap saat? Tentu tidak kan? Saham2 gorengan juga memiliki risiko yang besar. 

2. Saham-saham high return juga ada risikonya 


Banyak trader yang ingin profit setiap hari dari trading, akhirnya kerap kali mengincar saham-saham gorengan. Itulah mengapa banyak trader menyarankan untuk menerapkan scalping dengan membeli saham2 gorengan yang bisa berpotensi profit setiap hari. 

Seperti yang sudah kita bahas, bahwa saham-saham yang high return, juga memiliki risiko yang besar. Sehingga, cara trading seperti itu hanya akan memperbesar risiko trading dibandingkan potensi profit yang bisa anda dapatkan.  

3. Faktor psikologis anda 

Jika anda berniat untuk dapat profit setiap hari, berarti anda punya tuntutan / kewajiban untuk melakukan trading setiap hari, dan di hari itu juga setidaknya anda harus dapat profit.

Ini akan menjadi beban psikologis. Apalagi kalau saham yang dibeli belum bergerak sesuai harapan anda, anda akan kecewa bahkan panik, karena anda merasa bahwa target yang anda inginkan tidak tercapai. 

Sehingga anda akan merasa terbebani, merasa bersalah jika belum bisa profit di hari itu. Terlebih lagi jika saham yang anda beli ternyata turun, anda bisa stress dan nantinya bisa berpengaruh pada aktivitas anda sehari-hari juga. 

Padahal harusnya anda bisa enjoy ketika menjalani trading, sehingga keputusan trading yang anda ambil juga lebih baik. 

4. Overtrading    

Jika anda trading dan mentargetkan untuk dapat profit setiap hari, anda bisa mengalami overtrading alias ketagihan trading akibat frekuensi trading yang terlalu banyak. Ini juga sangat tidak baik untuk karir trading anda. 

Di pos ini: Cara Mengatasi Overtrading, kita sudah membahas potensi overtrading yang akan dialami trader, jika trader mengharapkan profit setiap hari dari saham. 

$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

Jadi, ketika anda trading, ada baiknya anda FOKUS pada analisa teknikal dan pemilihan saham yang benar. Anda tidak perlu fokus untuk memikirkan harus profit trading setiap hari, karena hal ini membahayakan trading anda, seperti yang sudah kita bahas pada empat poin diatas. 

Bahkan jika anda adalah tipikal SCALPER maupun INTRADAY TRADER sekalipun, anda tetap harus trading dengan analisa, pertimbangan yang matang. Bukan karena faktor emosi karena ingin profit setiap saat.

Seorang scalper dan intraday trader juga membutuhkan istirahat dari trading untuk mengontrol frekuensi tradingnya. Trader jangka pendek juga harus melihat momentum, kondisi market dan saham2 yang bagus untuk dibeli. Dengan analisa saham, anda bisa lebih fokus pada trading anda, dan tidak perlu mentargetkan harus trading setiap hari. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.