Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Trading Harian Setiap Hari

El Heze
Beberapa waktu lalu, melalui email suksesbelajarsaham@gmail.com, ada rekan trader yang bertanya, dan pertanyaannya cukup menarik: 



"Pak, gimana strategi trading harian supaya bisa profit tiap hari. Targetnya nggak usah terlalu besar sektiar 1-2% tapi bisa dilakukan tiap hari. Saya terkadang agak sulit menemukan saham yang bagus buat harian, jadi profitnya nggak bisa dapat tiap hari."

Pada saat mendengar kata-kata TRADING HARIAN SAHAM, sebagian besar anda mungkin berpikir: Trading dengan jangka waktu harian yang dilakukan setiap hari (saat jam trading). 

Anggapan ini yang membuat para trader yang ingin menerapkan strategi trading harian akhirnya menetapkan target-target harian untuk trading misalnya: 

"Bisa profit 1% setiap hari"
"Bisa trading sesering mungkin dan dapat profit" 
"Target profit harian setiap hari"

Padahal di dalam praktikknya tidak semudah itu anda bisa trading dan mencetak profit SETIAP HARI. Mengapa? Karena tidak setiap saat kondisi pasar saham bagus buat trading.

Itu artinya, tidak setiap saat saham-saham bagus untuk trading. Ada saatnya saham-saham naik. Ada saatnya mayoritas saham harganya turun. Ada saatnya kondisi market sangat enak untuk trading. Namun ada saatnya pula kondisi market kurang mendukung untuk trading cepat. 

Disinilah sebenarnya tantangan anda sebagai trader saham, yaitu bisa menganalisa dan melihat momen-momen yang bagus untuk trading, bukan hanya sekedar mengharapkan dapat profit setiap saat. 

Kembali ke pertanyaan trader diatas, di mana trader juga mengatakan: "Saya terkadang agak sulit menemukan saham yang bagus buat harian."

Ini sebenarnya hal yang wajar. Kalau anda belum menemukan saham yang bagus saat itu, karena anda beranggapan masih banyak saham yang turun, itu bukan berarti anda tidak paham cara trading harian, tetapi seperti yang kita ulas tadi, bahwa memang tidak setiap saat harga saham pergerakannya sangat bagus buat trading. 

[Anda bisa pelajari strategi2 dan full praktik memilih saham bagus untuk trading harian / intraday trading saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.] 

Bagaimana solusi kalau di hari itu anda belum menemukan saham bagus untuk trading harian?

Solusinya, anda nggak perlu memaksakan trading. Anda harus pahami bahwa trading harian bukanlah trading yang harus dilakukan setiap hari atau setiap saat jam trading saham. 

Trading harian merupakan strategi beli dan jual saham di hari yang sama, sampai batas waktu tiga harian trading, yang dilakukan dengan cara memilih saham-saham yang pergerakannya bagus untuk jangka harian. 

Jadi pada trading harian, anda harus lebih fokus untuk menganalisa saham yang pergerakan volatilitasnya bagus dan berpotensi naik untuk jangka pendek. Jangan hanya fokus pada frekuensinya (harus trading sesering mungkin). 

Satu hal lagi, kalau anda merasa sudah banyak melakukan trading dan mulai merasa perlu beristirahat sejenak dari aktivitas trading, lakukanlah. 

Tidak perlu memaksakan untuk terus melakukan trading. Hal ini bisa mengakibatkan overtrading (ketagihan trading akibat terlalu banyak trading yang anda lakukan ketika bisa profit). Pelajari juga: Cara Mengatasi Overtrading. 

Intinya, sama seperti strategi trading lainnya, trading harian pun harus dilakukan atas dasar analisa yang benar, sehingga anda bisa mencetak profit konsisten dari trading harian. 

Kualitas analisa jauh lebih penting daripada mengedepankan frekuensi trading yang banyak. Semakin banyak anda trading bukanlah jaminan anda untuk mendapat profit lebih besar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.