Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham WIKA

El Heze
PT Wijaya Karya Persero Tbk (WIKA) adalah perusahaan konstruksi yang cukup ternama di Indonesia. PT Wijaya Karya merupakan perusahaan konstruksi milik negara / persero / Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 



Tahukah anda bahwa PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) adalah perusahaan go public di Indonesia. Dengan kata lain, sebagai masyarakat umum anda punya kesempatan untum memiliki saham PT Wijaya Karya tersebut. Bagaimana cara? Di pos ini kita akan bahas bersama. 

Membeli saham WIKA bisa anda lakukan melalui software online trading saham dari kantor sekuritas. Jadi, sebelum membeli saham, anda harus membuka rekening saham di kantor sekuritas terlebih dahulu. Hal ini karena semua aktivitas beli jual saham sudah bisa dilakukan secara online. 

Kalau anda belum membuka akun saham di kantor sekuritas (bisa buka rekening efek secara online), anda bisa pelajari langkah-langkahnya pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Sekarang kita akan masuk ke cara beli saham Wijaya Karya / WIKA. Berikut panduan cara beli saham WIKA: 

1. Login ke software trading --> Trade --> Buy atau tekan Alt + F2 


Langkah pertama, anda harus login ke software online trading, dan kemudian pilih menu trade --> buy seperti pada tampilan diatas. Kalau anda menggunakan PC atau laptop, anda bisa langsung tekan tombol Alt + F2. Itu adalah tombol buy saham. 

Disini saya menggunakan contoh software online trading dari Danareksa Sekuritas. Secara umum, menu-menu di setiap software saham sama, hanya berbeda tampilan saja. Anda hanya perlu menyesuaikan tampilan menu-menu trading di software anda masing-masing. 

2. Kemudian muncullah menu order buy sebagai berikut: 

Cara Beli Saham WIKA
Perhatikan nomor 1. Supaya anda bisa membeli saham Wijaya Karya, anda harus ketikkan kode sahamnya (Symbol). Kode saham Wijaya Karya adalah WIKA. Setelah ketikkan kode sahamnya, muncullah antrian harga saham WIKA (lihat bid offer tanda lingkaran).

Untuk melihat harga saham WIKA terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas. Pada tampilan diatas, harga offer paling atas adalah Rp1.185. Jika anda belum paham cara membaca bid offer harga saham, anda bisa pelajari disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham.

Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli (Price) yang anda inginkan beserta jumlah lot (Lots). Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot adalah 100 lembar saham. Minimal pembelian lot adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Sebagai contoh, jika anda ingin beli saham WIKA di harga Rp1.185 sebanyak 12 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham WIKA, perhitungannya sebagai berikut: Rp1.185 x 12 lot x 100 lembar saham= Rp1.422.000.

Jangan lupa untuk menambahkan fee beli. Fee beli jumlahnya kecil hanya sekitar 0,15% dari harga beli. Cara menghitung fee beli saham, bisa anda pelajari disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga beli dan jumlah lot, anda bisa klik tombol BUY. Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham Wijaya Karya (WIKA). Jadi, langkah2 beli saham WIKA sangat mudah. 

3. Analisis grafik saham WIKA 

Tujuan anda membeli saham adalah untuk mendapatkan profit (untung) dari kenaikan harga saham. Salah satu analisis utama yang digunakan untuk melihat saham bagus yaitu dengan analisis teknikal.

Grafik saham WIKA
Dengan analisis teknikal (grafik), anda bisa menganalisa apakah harga saham WIKA sudah berada di harga yang bagus untuk dibeli? Apakah saham WIKA sudah murah atau masih terlalu mahal? Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara beli saham WIKA. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.