Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham LQ45

Indeks LQ45 merupakan indeks yang berisi 45 saham paling likuid di Bursa Efek. Saham-saham yang ada di indeks LQ45 diperbaharui setiap 6 bulan sekali (Februari-Agustus dan Agustus-Februari). 



Karena saham2 LQ45 merupakan saham2 yang likuid di Bursa Efek, saham2 di indeks ini banyak diincar oleh para trader saham. Sehingga tidak sedikit para trader saham yang bertanya: Bagaimana caranya beli saham LQ45

Nah, kalau anda baru membuka rekening saham di kantor sekuritas, anda mungkin sudah sering mendengar istilah saham LQ45 ini. Namun mungkin sebagian dari anda masih bingung tentang saham LQ45 dan cara beli saham2 LQ45. Di pos ini kita akan membahasnya. 

Indeks LQ45 berisi 45 saham paling likuid di Bursa Efek. Jadi beli saham LQ45 berarti anda membeli saham-saham yang anda di indeks tersebut, bukan beli indeksnya langsung. Perlu anda ketahui, di Indonesia kita tidak bisa membeli indeks saham. Yang kita beli adalah saham-saham yang ada di dalam indeks tersebut.

Artinya, dari 45 saham yang ada di indeks LQ45, anda harus memilih beberapa saham saja (1-3 saham misalnya) untuk dibeli. Daftar saham-saham LQ45 terupdate bisa anda lihat disini: Daftar Saham Indeks LQ45 Terbaru. 

Untuk memudahkan anda memantau saham-saham LQ45, anda bisa membuat list saham LQ45 pada software online trading anda. Contohnya seperti yang saya lakukan berikut: 


Cara beli saham LQ45
Diatas adalah list saham2 LQ45 yang saya buat. Sehingga, anda lebih mudah melihat dan memantau saham2 LQ45 jika anda punya daftar tersendiri. Lalu, bagaimana cara beli saham LQ45Berikut panduan cara beli saham LQ45:  

1. Buka akun saham di kantor sekuritas 

Jika anda belum punya rekening saham, anda harus buka akun saham di kantor sekuritas. Anda juga bisa buka rekening efek secara online. Untuk panduan membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online, anda bisa download free ebook yang saya terbitkan di web Saham Gain berikut (33 halaman): Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Semua aktivitas beli jual saham harus dilakukan melalui software online trading. Maka dari itu, anda harus membuka akun rekening efek terlebih dahulu di kantor sekuritas. 

2. Masuk software trading --> Trade --> Buy


Untuk bisa beli saham LQ45, anda bisa login ke akun online trading anda, terus pilih Trade --> Buy. Tampilannya kurang lebih seperti diatas. Kalau anda pakai PC atau smartphone, anda bisa tekan tombol Alt + F2 untuk menu Buy. 

Disini saya pakai akun saham dari Danareksa Sekuritas. Setiap software sekuritas memiliki menu2 yang sama, hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikannya dengan tampilan software anda masing2. 

3. Muncullah order buy sebagai berikut:  

Beli saham LQ45
Seperti yang kita bahas tadi, membeli saham LQ45 dilakukan dengan cara membeli saham-saham yang ada di indeks tersebut. Anda bisa memilih 1 atau beberapa saham di indeks LQ45 untuk dibeli. Di pos ini, saya mengambil satu contoh saham LQ45 yaitu saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). 

Perhatikan nomor 1. Untuk bisa beli saham Unilever, ketikkan kode sahamnya yaitu UNVR. Lalu muncullah antrian harga saham UNVR dalam bentuk bid offer. Lihat tampilan diatas. 

Untuk melihat harga saham UNVR terakhir, anda bisa perhatikan harga offer paling atas yaitu Rp7.950. Kalau anda belum paham cara membaca antrian harga saham, anda bisa pelajari tulisan saya disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. 

Perhatikan nomor 2. Anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Lot adalah satuan perdagangan saham di mana 1 lot adalah 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Jika anda ingin membeli saham UNVR di harga Rp7.950 sebanyak 7 lot, maka jumlah modal yang harus anda keluarkan adalah: Rp7.950 x 7 lot x 100 lembar saham = Rp5.565.000. Anda juga harus hitung fee beli sekuritas. Menghitung fee beli saham bisa anda baca disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga dan lot, anda bisa tekan tombol 'Buy'. Dengan demikian, anda sudah resmi dinyatakan memiliki saham UNVR yang merupakan salah satu anggota saham indeks LQ45.

Panduan cara beli saham LQ45 ini juga berlaku untuk seluruh saham, bukan hanya Unilever saja. Di pos ini, saya memberi satu contoh untuk saham UNVR. 

3. Analisis Teknikal Saham 

Tujuan anda membeli saham adalah untuk mendapatkan profit dari kenaikan harga saham (Harga jual diatas harga beli). Oleh karena itu, anda harus melakukan analisis teknikal untuk melihat apakah suatu saham sudah layak dibeli, apakah sahamnya sudah murah atau masih mahal 

Contoh analisis teknikal saham UNVR
Strategi-strategi memilih saham, dan full praktik analisis teknikal untuk trading bisa anda pelajari disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Itulah panduan cara beli saham LQ45. Semoga bermanfaat untuk anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.