Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham Campina

El Heze
Produk es krim campina merupakan salah satu produk es krim yang memiliki brand yang sangat bagus di kalangan masyarakat Indonesia. Es krim Campina produknya juga mudah kita temukan di minimarket ataupun supermarket. 



Perusahaan yang memproduksi  es krim Campina adalah PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP). Campina ternyata adalah perusahaan go public. Dengan kata lain, saham Campina terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Sebagai masyarakat umum, anda punya kesempatan untuk membeli saham Campina. Anda punya kesempatan untuk menjadi investor sahamnya ataupun trader. Lalu bagaimana cara beli saham Campina? Berikut panduan cara beli saham Campina


1. Buka akun rekening efek di kantor sekuritas atau secara online

Setiap pembelian saham dilakukan melalui software online trading. Oleh karena itu, anda harus membuka akun rekening efek terlebih dahulu di kantor sekuritas terdekat, atau membuka rekening efek secara online. 

Panduan membuka rekening efek di kantor sekuritas dan secara online bisa anda pelajari pada free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Login ke software trading pilih --> Trade --> Buy atau tekan Alt + F2


Diatas adalah menu pertama yang harus anda lakukan jika ingin beli saham, yaitu klik tombol Buy. Kalau anda pakai laptop atau PC, anda juga bisa tekan tombol Alt + F2 untuk menu beli saham. 

Pada contoh di pos ini, saya menggunakan software trading Danareksa Online. Anda bisa menyesuaikan tampilannya dengan software anda masing2. Menu-menu umum setiap software saham (seperti menu buy) biasanya sama. 

2. Kemudian muncul tampilan order Buy sebagai berikut: 

Cara beli saham Campina
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa beli saham Campina, anda harus ketikkan kode sahamnya di bagian Symbol. Kode saham perusahaan Campina di Bursa Efek adalah CAMP. Setelah anda ketikkan kode sahamnya, akan muncul tampilan harga saham CAMP dalam bid offernya (lihat Bid dan Offer yang warna merah dan hijau). 

Kalau anda belum paham cara membaca antrian harga saham, anda bisa pelajari ulasannya disini: 


Untuk melihat harga saham Campina terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas. Pada contoh order buy diatas, harga saham Campina terakhir adalah Rp208.

Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli (Price) beserta jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham di Bursa Efek adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Jika anda ingin membeli saham CAMP di harga Rp208 sebanyak 25 lot, maka uang yang harus anda keluarkan adalah Rp208 x 25 lot x 100 lembar = Rp520.000. Jangan lupa untuk menghitung fee beli juga. Terkait fee beli, bisa anda pelajari disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.

Sesuaikan jumlah lot yang anda beli dengan modal yang anda punya. Jangan sampai membeli saham lebih besar daripada modal yang ada di account balance anda. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga beli dan lot, anda bisa tekan tombol BUY. Kemudian anda sudah dinyatakan memiliki saham Campina. Caranya mudah dan simpel.
3. Analisis grafik saham Campina

Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis grafik terlebih dahulu. Berikut grafik saham Campina. 

Grafik saham CAMP
Anda harus mempelajari cara membaca grafik, analisa tren, support resisten, indikator, candlestick saham. Dengan analisis teknikal (grafik), anda bisa melihat apakah harga saham Campina sudah bagus untuk dibeli, apakah harganya sudah murah atau masih terlalu mahal. 

Itulah panduan cara beli saham Campina

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.