Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham BRI Syariah

El Heze
Jika anda ingin mencari saham Syariah untuk diinvestasikan atau trading, saham PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) bisa menjadi pilihan untuk dibeli. PT BRI Syariah merupakan anak usaha dari perusahaan bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). 



BRIS juga merupakan perusahaan go public di Indonesia. Artinya sebagai masyarakat umum, anda punya kesempatan untuk bisa menjadi pemegang saham PT BRI Syariah Tbk. Bagaimana caranya? Berikut adalah panduan cara beli saham BRI Syariah:  

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Semua aktivitas beli jual saham dilakukan melalui software online trading. Oleh karena itu, anda harus membuka akun saham / rekening efek terlebih dahulu di kantor sekuritas. 

Panduan cara membuka rekening saham di kantor sekuritas maupun secara online bisa anda pelajari langkah2nya pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Setelah membuka akun saham, anda bisa download software trading pada masing-masing situs perusahaan sekuritas, dan login menggunakan username dan password anda. 

2. Pilih menu Trade --> Buy, atau tekan menu Alt + F2 

Untuk bisa beli saham BRI Syariah, anda harus login ke software trading. Kemudian pilih menu Trade --> Buy. Tampilannya seperti berikut ini:


Kalau anda trading menggunakan laptop / PC, anda juga bisa langsung ketikkan tombol Alt + F2. Disini saya menggunakan contoh software dari Danareksa Sekuritas. Secara umum, menu beli saham tiap sekuritas sama, hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software anda masing2.  

3. Kemudian muncul menu order buy seperti berikut: 

Cara Beli Saham BRI Syariah
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham BRI Syariah, anda harus ketikkan kode sahamnya (Symbol). Kode saham BRI Syariah adalah BRIS. Lalu muncullah tampilan antrian harga saham BRIS (bid offer) seperti pada tampilan diatas. 

Untuk mengetahui harga saham BRIS terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas. Pada tampilan order buy diatas, harga saham BRIS terakhir adalah Rp482 per saham. Anda juga bisa pelajari cara membaca antrian harga saham bid offer disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham - Part I.

Perhatikan nomor 2. Anda harus ketikkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya.
Pada contoh diatas, jika anda membeli saham BRIS di harga terakhir yaitu Rp482 sebanyak 17 lot, maka modal yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan saham BRIS adalah: Rp482 x 17 lot x 100 lembar saham = Rp819.400. Ditambah dengan fee beli sekuritas. Pelajari juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga beli dan lot, anda bisa klik tombol 'Buy'. Dengan demikian, anda sudah dinyatakan memiliki saham PT BRI Syariah Tbk. 

4. Analisis grafik saham BRIS 

Sebelum membeli saham, ada baiknya anda melakukan analisis saham terlebih dahulu. Karena tujuan anda beli saham adalah untuk dapat profit, maka anda harus melakukan analisa saham untuk melihat apakah saham BRIS sudah layak dibeli atau belum. Salah satunya adalah analisis teknikal (grafik). 

Grafik saham BRIS
Analisis teknikal sangat berguna untuk melihat tren, support resisten suatu saham, sehingga anda bisa memutuskan untuk membeli saham di harga yang bagus. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara beli saham BRI Syariah. Semoga bermanfaat untuk anda. 

Tag:
- Cara beli saham BRI Syariah online
- Cara membeli saham BRI Syariah
- Harga saham BRI Syariah 
- Saham BRI Syariah 
- Saham BRIS
- Saham Syariah

2 komentar:

  1. Cara isvestasi saham gmna ya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka akun rekening efek di kantor sekuritas terdekat atau secara online. Lalu deposit modal dan bisa langsung untuk beli saham

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.