Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Hasil Trading Saham

Bagi para trader saham pengunjung setia web Saham Gain, setelah anda melalui proses trading mungkin ada yang baru beberapa bulan, ada yang hampir satu tahun, ada yang satu tahun atau bahkan lebih, bagiamana hasil kinerja trading anda saat ini? 




Apakah anda sudah mulai sukses dari hasil trading, praktik dan pengalaman beli jual saham anda di market? 

Belum Pak Heze. Katanya trading saham bisa cepat kaya. Kenyataannya saya masih belum se-kaya "mereka". 

Jawaban ini mungkin ada di benak sebagian trader saham. Saat anda membahas hasil trading, anda mungkin membandingkan hasil trading anda dengan "iklan-iklan sukses trading saham" dan membandingkan dengan trader lain. 

Namun sebenanrya, ketika berbicara tentang hasil trading, evaluasi trading dan kinerja trading, anda harus menganalisa dalam konteks yang lebih luas. Hasil trading saham bukan hanya mengacu pada PROFIT yang anda dapatkan.

Ada banyak hal yang harus anda analisa untuk menjawab apakah trading yang anda lakukan sudah berkembang atau justru mengalami penurunan hasil trading? 

Bagaiamana cara mengetahui kemajuan (progess) hasil trading anda? Anda bisa analisa beberapa poin berikut: 

1. Apakah anda sudah bisa memilih saham sendiri? Anda sudah punya "kompas" trading?

Ini adalah ukuran yang sangat penting dalam trading. Banyak trader yang sudah pengalaman trading 1 tahun bahkan lebih, tetapi masih belum bisa memilih saham. Hal ini karena tidak sedikit trader yang malas menganalisa, ingin dapat untung instan, sehingga trader mencari cara-cara "cepat" untuk dapat profit tanpa harus analisa saham. 

Kalau anda pakai cara-cara seperti ini, anda tetap tidak akan bisa mengetahui saham2 apa yang bagus untuk trading. Jadi bisa memilih saham secara mandiri itu sangat penting. 

Apakah anda sekarang sudah mampu memilih saham mandiri? Anda tidak bingung lagi mau beli saham apa? Apakah anda sudah punya daftar stock pick saham bagus, sehingga anda punya 'kompas' trading? Perkembangan trading anda juga ditentukan dari kemampuan anda untuk trading secara mandiri.

Pelajari juga cara-cara memilih saham bagus untuk trading disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

2. Apakah rugi anda sekarang lebih sedikit? 

Kalau dulu anda sering rugi. Anda tidak paham cara meminimalkan kerugian. Anda sering beli saham yang risikonya tinggi. Anda tidak tahu saham apa yang dibeli (asal pilih saham), sehingga rugi anda di saham jadi besar. 

Apakah sekarang kerugian anda sudah berkurang? Apakah sekarang anda sudah lebih paham cara meminimalkan kerugian? Cara-cara memilih saham yang lebih bagus buat trading? Apakah kerugian anda sudah mulai berkurang secara konsisten? 

Kalau anda sudah mulai bisa meminimalkan kerugian trading, itu artinya hasil trading anda LEBIH BAGUS, dan anda mulai berhasil dalam trading saham.    

3. Apakah modal anda berkembang? 

Jika anda dulu memulai trading dengan modal Rp1 juta, berapa modal anda sekarang? Apakah modal anda sekarang lebih banyak? Jadi Rp2 juta? Rp5 juta? Rp10 juta? Atau sebaliknya, setelah 1 tahun trading, modal anda justru berkurang jadi Rp500 ribu? 

Perkembangan modal menjadi ukuran anda dalam me-manajemen modal. Kalau modal anda bertambah, itu artinya anda sudah mulai naik level dalam trading dan trading anda sudah menghasilkan buah yang lebih baik. 

Maka dari itu, sebagai trader pemula anda harus memulai trading dengan modal bertahap, supaya modal trading anda bisa berkembang lebih baik. Pelajari juga: Modal Ideal Trading Saham.  

4. Apakah anda lebih tenang saat menghadapi fluktuatif market? 

Mungkin saat pertama kali trading, anda panik ketika IHSG turun. Anda juga mudah terbawa euforia ketika banyak saham lagi naik, sehingga anda membeli banyak sekali saham tanpa perencanaan. 

Coba anda bandingkan, apakah sekarang anda lebih tenang, lebih cool ketika menghadapi fluktuatif market? Apakah sekarang anda sudah tidak panik ketika melihat saham anda turun? Jika anda lebih tenang menghadapi market, maka progress trading anda sudah menuju ke level lebih tinggi.

5. Apakah anda sudah mulai bisa mencetak profit? 

Walaupun mungkin profit anda belum sebesar yang anda harapkan, tetapi anda harus membandingkan hasil trading anda. Jika dulu anda banyak rugi, sulit profit. Dan sekarang anda sudah mulai bisa mencetak profit.. 

Anda sudah mulai paham cara menganalisa saham. Saham2 yang anda beli sering naik. Itu artinya hasil trading anda berkembang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

Demikian juga kalau dulu anda sebulan 'hanya' profit puluhan ribu misalnya.. Sekarang anda bisa profit jutaan dari saham, maka itulah progress trading yang sesungguhnya. 
Hasil trading
CATATAN: Anda bisa bandingkan kinerja trading anda 6 bulan, 1-3 tahun yang lalu dengan hasil trading anda yang sekarang. Apakah anda mengalami perkembangan trading dari poin-poin tersebut? 

Kalau anda pelajari seksama poin2 yang saya ulas diatas, maka saya memberikan ulasan perbandingan hasil trading saham anda yang dulu vs anda yang sekarang. Saya bukan memberikan perbandingan diri anda dengan trader lain.

Jadi ukuran kinerja trading anda, bukanlah dibandingkan dengan trader tetangga. Seperti kalimat: Rumput tetangga selalu lebih hijau.. Kalau anda bandingkan hasil trading sama trader lain, anda akan stress sendiri. Fokuslah pada evaluasi trading anda sendiri.

Dan untuk melihat hasil trading saham anda, hendaknya anda menganalisa lima poin tersebut. Bukan hanya melihat profit, karena kalau hari ini anda bisa profit besar hanya karena ikut-ikutan beli saham (trading tanpa analisa), itu tidak menjadi jaminan profit anda akan lebih konsisten di kemudian hari. 

Dengan menganalisa hasil trading saham, anda bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi trading, sekaligus untuk langkah pembelajaran, supaya anda bisa naik level dalam trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.