Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Mentor Trading Saham

Banyak rekan trader saham pemula yang sedang memilih MENTOR TRADING SAHAM untuk meningkatkan pemahaman trader mengenai pasar saham dan cara-cara menganalisa saham. 



Hal ini wajar apalagi kalau anda belajar saham otodidak, maka mungkin anda masih bertanya-tanya: Langkah pertama belajar saham apa yang harus dilakukan? Gimana caranya analisa saham? Gimana cara melihat saham yang berpeluang naik? Dan sebagainya. 

Walaupun di dalam trading anda harus mengambil keputusan sendiri, anda harus analisa saham mandiri (tidak tergantung orang lain), anda harus bisa menyusun trading plan dan manajemen modal, tetapi bukan berarti anda tidak butuh mentor untuk belajar saham. 

Mentor belajar saham bisa mengarahkan anda untuk lebih memahami pasar saham dan strategi2 trading. Selanjutnya, anda bisa eksplorasi melalui strategi yang anda terapkan / praktikkan sendiri di market. 

Mengingat mentor belajar saham yang anda pilih itu juga penting untuk langkah trading anda kedepan, maka jangan sampai anda salah memilih mentor saham yang berujung pada kerugian trading. Ada beberapa tips memilih mentor trading saham yang bisa anda terapkan: 

1. Pilih mentor / media belajar saham yang memberikan edukasi, bukan "menjanjikan" profit besar dan instan

Pilihlah mentor belajar saham yang memberikan edukasi saham yang benar. Adanya mentor belajar saham hendaknya membuat anda menjadi jauh lebih paham tentang dunia saham, mulai: 
  • Langkah-langkah beli jual saham 
  • Bagaimana cara trading saham 
  • Cara menyusun trading plan dan manajemen modal
  • Cara membangun psikologis dan mindset trading
  • Cara menghadapi pasar saham baik saat market bullish maupun bearish 
  • Cara-cara memilih saham yang bagus 
  • Cara-cara menganalisa saham yang benar secara otodidak
  • Paham analisa teknikal, analisa fundamental dan analisa market (behaviour)  
Target anda belajar saham adalah untuk bisa mencetak profit. Anda bisa profit apabila anda mampu menganalisa dan memilih saham secara mandiri. Jadi pilihlah mentor saham yang memberikan edukasi yang mencakup poin2 diatas, yang bisa membuat anda paham bagaimana SENI TRADING & SENI MENGHADAPI MARKET. 

Di web Saham Gain ini, juga bisa anda gunakan sebagai media belajar saham baik untuk anda yang masih benar-benar pemula sampai anda yang ingin bisa trading mandiri dan meraih profit konsisten. 

Anda bisa mempelajari edukasi2 free melalui tulisan2 di web Saham Gain, maupun melalui analisa-analisa di halaman Rekomendasi Saham yang bisa anda akses free. 

Dan untuk anda yang ingin bisa lebih mendalami strategi2 trading yang simpel & praktikal di market, cara-cara menghadapi market, menyusun trading plan & manajemen modal, anda bisa mempraktikkanya melalui tiga ebook trading saham berikut:  

1. Ebook Trading & Belajar Saham
2. Ebook Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus
3. Ebook Intraday & One Day Trading Saham

Pelajari juga: 3 Ebook Trading Saham Pilihan Trader Terbaik - Diskon 15%. 

Anda juga bisa mendalami analisa-analisa fundamental, mendalami analisa laporan keuangan untuk investasi saham, analisa valuasi saham & harga saham disini: 

1. Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert

Sebaliknya, hindarilah 'mentor' saham yang mengharuskan anda membayar jutaan bahkan puluhan juta dengan cara "menjanjikan" anda untuk bisa profit cepat dalam waktu singkat tanpa harus banyak belajar. 

Cara-cara ini sangat berisiko untuk trader. Selain anda kehilangan banyak uang, anda juga harus menanggung kerugian lebih besar di pasar saham. Anda juga tetap tidak paham kenapa suatu saham bisa naik, atau koreksi.  

Pasar saham tidak selalu naik. Pasar saham juga ada risikonya. Ada kalanya market bersahabat untuk trader. Ada saatnya market jatuh. Jadi sebagai trader saham, anda harus pahami strategi2 trading yang bisa anda terapkan dan seni2 menghadapi market. 

2. Hindari judul-judul "edukasi" yang bombastis  

Kalau anda menemukan ajakan-ajakan trading saham dengan kalimat2 yang tidak masuk akal, terlalu bombastis dan menganggap seolah trading saham bisa untung cepat tanpa perlu belajar, misalnya: 

"Belilah software auto robot, bisa untung tiap 5 menit sekali"
"Join seminar kami jaminan bisa analisa teknikal dalam 10 menit"
"Ikutilah cara cepat kaya dari saham" 
Hindari memilih 'mentor' yang seperti ini (tadi juga sudah kita singgung sedikit di poin pertama). Jika anda ingin bisa profit, anda harus praktik dan terus melatih skill trading anda. Tidak ada profit yang diraih secara instan. 

Kebanyakan "edukasi2" dengan judul yang tidak realistis tersebut, ujung2nya hanya memberikan "kulit"nya saja, tanpa memberikan seni-seni menghadapi market yang sesungguhnya. 

Jangan membuang uang anda untuk mengikuti cara-cara mendapat profit yang tidak realistis dan tidak bisa diaplikasikan di market. Bukankah jauh lebih bagus jika uang yang anda miliki dimasukkan untuk modal trading? 

3. Pilih mentor yang mengarahkan anda untuk bisa trading mandiri 

Pilihlah mentor saham yang memberikan anda arahan supaya bisa trading dan menganalisa saham otodidak. Pilihlah mentor yang memberikan edukasi2 tentang cara menganalisa saham dan memberikan ulasan2 pasar saham secara praktikal. 

Sehingga, dengan belajar saham melalui mentor anda, anda jadi lebih paham seperti apa itu pasar saham dan cara-cara trading. 

4.  Mentor saham bukan berarti anda harus bertemu secara langsung

Ketahuilah bahwa mentor untuk belajar saham, bukan berarti anda harus bertemu secara langsung (tatap muka). Memang ada pelatihan / edukasi2 saham melalui seminar atau gathering. 

Anda boleh mengikutinya selama pelatihan2 tersebut memberikan edukasi saham yang benar seperti yang sudah kita bahas di poin pertama sampai ketiga tadi. 

Melalui media-media belajar saham seperti website, buku / ebook, anda sebenarnya sudah bisa menerapkannya ke dalam praktik trading. Salah satunya di web Saham Gain ini yang dapat anda jadikan sebagai media edukasi belajar saham.

Dan media-media / mentor belajar saham secara online, sebenarnya sangat efektif untuk menunjang belajar saham anda. 

Apalagi kalau anda adalah orang yang punya banyak aktivitas sehingga tidak sempat menghadiri seminar2 yang jaraknya cukup jauh, atau menghadiri forum2 saham, maka mentor belajar saham secara online (melalui web, ebook, video dan lain2) dapat anda jadikan sarana untuk memahami pasar saham.  

Yap, jadi memilih mentor saham yang benar akan sangat menentukan langkah belajar saham anda selanjutnya. Kalau mentor yang anda pilih salah, anda bisa rugi. Kalau mentor yang anda pilih benar, selain profit anda juga bisa melakukan analisa-analisa saham mandiri, menetapkan target2 realistis dan tidak mudah terpengaruh membeli saham2 yang kurang bagus. 

Mulai sekarang, anda yang sedang cari mentor trading saham, pilihlah mentor seperti kriteria2 diatas.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.