Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Beberapa waktu lalu, saya cukup sering dapat pertanyaan dari rekan-rekan pembaca web Saham Gain ini. Inti pertanyaannya adalah: Bagaimana cara membeli saham bagi pemula? Kalau saya sekarang di luar pulau, gimana cara buka rekening saham? 




Di pos ini, kita akan bahas langkah-langkah cara membeli saham bagi pemula. Khususnya anda yang ingin bisa membeli saham (baik trading maupn investasi), anda bisa simak pos ini. Berikut cara membeli saham untuk pemula: 

1. Membuka akun rekening efek di kantor sekuritas / online 

Langkah paling awal supaya anda bisa membeli saham adalah membuka akun rekening saham (efek) terlebih dahulu. Anda bisa datang langsung ke kantor sekuritas terdekat, atau membuka rekening efek secara online. 

Saat ini, kantor sekuritas sudah memberikan fasilitas untuk pembukaan rekening efek secara online. Jadi kalau anda berada di luar pulau, tidak ada sekuritas terdekat di daerah anda, sekarang anda sudah bisa membuka akun rekening efek secara online. Anda tidak perlu datang langsung ke kantor sekuritas.

Panduan membuka rekening saham di kantor sekuritas maupun secara online, termasuk rekomendasi sekuritas yang bisa deposit dengan modal kecil, sudah saya bahas di free ebook (33 halaman) berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Untuk anda yang ingin buka rekening saham, anda bisa download free ebook tersebut yang 33 halaman (download via 4shared). 

2. Membeli saham untuk pemula 

Kalau anda sudah membuka akun saham, sudah deposit modal, anda akan dapat pemberitahuan dari sekuritas melalui email bahwa akun anda sudah jadi. Anda bisa login ke akun saham anda menggunakan user dan password yang didapatkan dari sekuritas (anda bisa ubah password anda). 

Semua aktivitas beli jual (trading) saham dilakukan melalui software online trading dari sekuritas. Kalau anda ingin paham bagaimana cara membeli saham, anda bisa pelajari beberapa contoh cara beli saham melalui software trading disini:

Panduan Cara Beli Saham BRI. 
Panduan Cara Beli Saham Indofood. 

3. Belajar saham basic

Setelah anda membuka rekening saham, anda harus mulai mempelajari basic-basic saham. Basic-basic yang perlu anda pelajari adalah: 

  • Pahami perbedaan trading dan investasi saham.
  • Pahami cara kerja market (permintaan dan penawaran dalam trading saham).
  • Pahami mekanisme perdagangan saham seperti jam trading, antrian harga saham fraksi harga, kode saham di Bursa Efek dan lain-lain.
  • Pahami menu-menu software online trading. Anda harus familiar dengan software trading, karena anda trading melalui software tersebut.
  • Memahami return dan risiko dalam saham.
  • Hal-hal yang bisa mempengaruhi naik turunnya saham.
  • Memahami analisa-analisa yang digunakan untuk trading saham.

Anda bisa pelajari full praktik belajar saham pemula sampai bisa trading mandiri disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

Poin-poin diatas adalah belajar saham basic yang harus benar2 anda kuasai terlebih dahulu. Tanpa memahami ilmu basic, anda akan kesulitan untuk melangkah ke analisa-analisa saham. 

4. Analisa saham: Analisis Teknikal (Grafik) dan Analisis Fundamental 

Setelah anda memahami belajar saham basic, anda harus mulai mempelajari analisa-analisa utama yang digunakan untuk membeli saham. Yap, kedua analisa utama di saham adalah analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Analisis teknikal merupakan analisis yang fokus untuk mempelajari chart / grafik saham. Sedangkan analisis fundamental merupakan analisa yang fokus untuk mempelajari kondisi kesehatan perusahaan, mulai dari laporan keuangannya, rasio utang, dan lain2, termasuk valuasi saham. 

Grafik saham
Dalam analisis teknikal, anda harus bisa menganalisa dan menginterpretasikan chart saham. Karena analisa teknikal memberikan banyak petunjuk bagi trader untuk membeli saham di harga2 yang bagus, atau wait and see terlebih dahulu. 

Sedangkan analisa fundamental harus anda kuasai untuk memilih saham2 jangka panjang. Sebagai trader, analisa fundamental bisa menjadi analisa tambahan untuk membeli saham2 yang bagus, karena perusahaan yang fundamentalnya baik, harga sahamnya juga lebih mendukung untuk ditradingkan. 

Di web Saham Gain ini, anda bisa mendalami analisa-analisa saham untuk praktik trading, melalui 3 ebook trading saham: 

Pelajari juga: 3 Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik - Diskon 15%.  

Dan satu ebook analisis fundamental, khususnya untuk anda yang ingin investasi jangka panjang dan mendalami analisa laporan keuangan: 


5. Berita, kondisi market dan sentimen pasar saham 

Anda juga harus mempelajari analisa-analisa market, yaitu analisa IHSG, bid-offer, berita-berita yang bisa mempengaruhi kondisi pasar saham global. Terkait analisa2 tersebut, bisa anda pelajari juga disini: Belajar Analisis Saham: Fundamental, Teknikal, Behavior.

Membeli saham bukan hanya sekedar menekan tombol buy, namun anda harus memilih saham-saham yang bagus untuk ditradingkan / diinvestasikan. Karena tujuan kita semua membeli saham adalah untuk dapat profit. 

Itu artinya, anda harus membeli saham yang potensial. Itulah cara membeli saham bagi pemula, dan step-step yang harus anda pelajari jika ingin membeli saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.