Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham MNC

El Heze
Salah satu perusahaan media ternama di Indonesia yaitu Media Nusantara Citra atau yang sering kita kenal dengan MNC (MNC TV) adalah perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). PT Media Nusantara Citra Tbk adalah perusahaan go public.



PT Media Nusantara Citra Tbk memiliki kegiatan usaha utama sebagai pengelola konten dan kepemilikan 4 TV besar nasional di Indonesia yaitu RCTI, MNCTV, Global TV dan Sindo TV. MNCN juga memiliki beberapa channel seperti MNC News, MNC Business, MNC Movie, MNC Lifestyle dan lain-lain. 

Karena PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perusahaan go public, sebagai masyarakat umum anda punya kesempatan untuk bisa membeli saham MNC. Bagaimana cara beli saham MNC? Berikut panduan cara beli saham MNC

1. Buka akun rekening efek di kantor sekuritas 

Membeli saham dilakukan melalui software online trading. Oleh karena itu, anda harus membuka rekening efek di kantor sekuritas, supaya anda bisa mendapatkan username dan password untuk beli saham. 

Anda juga bisa membuka rekening efek secara online. Panduan membuka rekening efek di kantor sekuritas maupun secara online bisa anda pelajari pada free ebook yang saya terbitkan disini (33 halaman): Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa download gratis ebooknya. 

2. Login ke software trading --> Trade --> Buy  


Kalau anda menggunakan PC atau laptop, anda bisa ketikkan juga menu Alt+F2 untuk menu beli saham. Disini saya menggunakan contoh software Danareksa Online. Menu-menu umum setiap software sekuritas sama, anda hanya perlu menyesuaikan tampilannya dengan software trading anda masing-masing. 

3. Kemudian muncul tampilan order buy saham seperti berikut: 

Cara beli saham MNC
Untuk bisa membeli saham MNC, anda harus ketikkan kode saham MNC di Bursa Efek (Lihat nomor 1). Kode saham MNC adalah MNCN. Setelah ketikkan kode sahamnya, muncullah tampilan harga saham MNC di pasar saham yang terlihat dari antrian bid dan offer. 

Harga saham MNC terakhir adalah harga offer yang paling atas. Pada contoh order buy diatas, harga saham MNC terakhir di harga Rp945. Pelajari juga cara membaca bid dan offer saham disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. 

Lalu anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan (perhatikan langkah nomor 2). Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Jika anda beli saham MNC di harga Rp945 sebanyak 20 lot maka uang yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan saham MNC adalah = Rp945 x 20 lot x 100 lembar = Rp1.890.000. Jangan lupa juga untuk memasukkan fee beli. Pelajari juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Kemudian perhatikan langkah 3. Setelah memasukkan harga beli dan lot, anda tekan tombol Buy. Dengan demikian, anda sudah resmi menjadi pemegang saham MNC. 

4. Analisis teknikal saham MNC 

Sebelum membeli saham MNC, anda harus melakukan analisis teknikal / grafik saham tersebut. Dengan analisis teknikal, anda bisa melihat apakah harga saham MNC sudah menarik untuk dibeli, sudah murah atau masih terlalu mahal. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.


Grafik saham MNC
Itulah panduan cara membeli saham MNC

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.