Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Jasamarga

El Heze
Perusahaan PT Jasamarga (Persero) Tbk (JSMR) adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia. Jasamarga adalah perusahaan yang bergerak di sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi, sebagai penyedia jasa jalan tol di Indonesia. 

Kalau anda naik mobil dan melewati jalan tol, itu adalah output dari Jasamarga yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan konstruksi seperti Wijaya Karya, Waskita Karya dalam pembangunan jalan tol. 

Jasamarga adalah perusahaan go public yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Oleh karena itu, sebagai masyarakat umum, anda punya kesempatan untuk memiliki atau membeli saham perusahaan Jasamarga.  

Bagaimana cara membeli saham Jasamarga untuk masyarakat umum? Berikut panduan cara membeli saham Jasamarga: 

1. Login di akun software trading --> Trade --> Buy

Untuk bisa membeli saham Jasamarga, anda harus login ke akun software online trading yang sudah anda daftarkan di kantor sekuritas. Kemudian, masuk ke menu Trade --> piluh Buy. Atau anda bisa tekan langsung Alt + F2 untuk tombol buy saham. Berikut tampilan menu Trade --> Buy:  


Kalau anda belum memiliki akun saham di kantor sekuritas, anda harus buka akun software online trading terlebih dahulu. Anda bisa datang langsung ke kantor sekuritas terdekat di kota anda, atau membuka akun saham secara online. 

Di web Saham Gain ini, saya sudah pernah memberikan panduan cara membuka akun saham secara online maupun membuka saham di kantor sekuritas. Anda bisa download pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Kemudian muncul tampilan sebagai berikut: 

Cara membeli saham Jasamarga
Perhatikan nomor 1. Jika anda ingin membeli saham Jasamarga, maka anda harus ketikkan kode sahamnya di software online trading pada menu order buy. Kode saham Jasamarga adalah: JSMR. 

Setelah anda ketikkan kode saham JSMR, akan muncul tampilan harga saham Jasamarga yang terlihat dari bid dan offernya. Harga saham JSMR terakhir pada tampilan software trading diatas adalah 3.930 yaitu harga offer yang paling atas. Kalau anda belum paham cara membaca bid offer harga saham, anda bisa pelajari ulasannya disini: 


Perhatikan nomor 2. Anda harus ketikkan di harga berapa dan berapa banyak jumlah lot yang anda inginkan untuk membeli saham Jasamarga. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Jadi katakanlah anda ingin membeli saham Jasamarga di harga 3.930 sebanyak 7 lot. Maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham, perhitungannya sebagai berikut: Rp3.930 x 7 lot x 100 lembar saham = Rp2.751.000. Ditambah fee beli sekuritas. Baca juga: Fee Beli Jual Saham Sekuritas. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda ketikkan jumlah lot dan harga yang ingin anda beli, anda bisa klik tombol "BUY".  Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut: 


Anda bisa klik Yes, setelah itu anda sudah bisa memiliki saham JSMR sesuai dengan harga dan jumlah lot yang anda ketikkan tadi melalui software online trading anda. 

3. Analisis grafik saham 

Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis terlebih dahulu. Salah satu analisis utama yang digunakan untuk menganalisa saham adalah analisis teknikal / analisis grafik. Jadi, sebelum beli Jasamarga, lakukan analisis teknikal grafik pada saham Jasamarga. 

Grafik saham Jasamarga
Hal ini karena tujuan anda beli saham adalah untuk mendapatkan keuntungan / profit. Oleh karena itu, dengan menganalisa grafik saham anda bisa mengetahui kapan momen-momen yang tepat untuk membeli saham di harga bagus, sehingga anda bisa menjualnya di harga lebih tinggi. 

Itulah panduan cara membeli saham Jasamarga. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.