Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Garuda Indonesia

El Heze
Salah satu perusahaan maskapai penerbangan di Indonesia yang cukup ternama yaitu PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) alias perusahaan go public. 



Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat umum bisa memiliki saham Garuda Indonesia ini. Yap, artinya kita bisa menjadi bagian dari perusahaan Garuda Indonesia dengan cara membeli sahamnya. 

Di pos ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara membeli saham Garuda Indonesia. Berikut adalah panduan cara membeli saham Garuda Indonesia

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Membeli saham harus dilakukan melalui software online trading. Kalau anda belum memiliki software online trading, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas terdekat di kota anda, atau membuka akun saham secara online. 

Cara-cara dan panduan membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online bisa anda download panduannya pada free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

2. Login software trading --> Trade --> Buy


Langkah awal membeli saham Garuda Indonesia bisa dilakukan dengan cara masuk ke software trading anda masing-masing, lalu klik menu Trade --> Buy. Tampilannya seperti diatas. 

Saya menggunakan software Danareksa Sekuritas. Menu umum setiap kantor sekuritas rata-rata sama. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan tampilan software online trading anda masing-masing. 

2. Setelah klik menu Buy, muncul tampilan seperti berikut: 

Cara membeli saham Garuda Indonesia
Untuk bisa membeli saham Garuda Indonesia, ada tiga menu penting yang harus anda perhatikan. Pertama, lihat nomor 1. Jika anda ingin membeli saham Garuda Indonesia, ketikkan kode sahamnya. Kode saham Garuda Indonesia adalah GIAA

Setelah itu, akan muncul tampilan harga saham Garuda Indonesia (perhatikan harga-harga bid offer yang berwarna merah dan hijau). Harga saham Garuda Indonesia pada tampilan diatas adalah 246 (harga offer yang paling atas). 

Supaya anda bisa memahami cara membaca antrian harga saham (bid dan offer), ada baiknya anda pelajari pos saya disini tentang mekanisme harga saham di Bursa Efek: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. 

Setelah itu, perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan harga beli (Price) dan jumlah Lots yang ingin anda beli. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham dan minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Jadi kalau anda membeli saham Garuda Indonesia pada harga Rp246 sebanyak 18 lot, maka uang yang harus anda keluarkan adalah sebesar = Rp246 x 18 lot x 100 lembar = Rp442.800 ditambah fee beli dari sekuritas. Baca juga: Fee Beli Jual Saham dan Cara Menghitungnya.

Setelah itu, anda bisa langsung klik tombol "BUY" dan akan muncul tampilan sebagai berikut: 

Anda tinggal klik "YES" dan anda sudah dinyatakan memiliki saham Garuda Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan jumlah lot dengan modal / dana yang anda miliki. Jangan sampai anda membeli saham melebihi modal yang anda miliki di account balance anda.  

Itulah panduan cara membeli saham Garuda Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.