Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Cleo

El Heze
Salah satu produsen air minum kemasan yang cukup ternama di Indonesia adalah PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), sering dikenal juga sebagai Tanobel / Tanobel Food. Produknya yang sangat terkenal adalah air minum kemasan CLEO. 



PT Sariguna Primatirta Tbk adalah perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Itu artinya, anda sebagai masyarakat umum memiliki kesempatan untuk memiliki saham perusahaan CLEO. 

Di pos ini, kita akan bahas bagaimana cara membeli saham CLEO. Berikut panduan cara membeli saham CLEO:

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas / online 

Membeli saham dilakukan secara online, melalui software online trading yang sudah anda buka di kantor sekuritas. Jika anda sudah memiliki akun saham, anda bisa langsung ke langkah dua. 

Namun jika anda belum memiliki akun software online trading, anda harus membuka akun saham dulu, dengan cara datang ke kantor sekuritas terdekat atau membuka akun saham secara online. 

Prosesnya bervariasi, biasanya 1 minggu. Setelah itu anda akan dapat username dan password untuk login di akun online trading anda. Pelajari juga cara-cara membuka akun saham pada free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

2. Login di akun software saham --> Trade --> Buy. Tampilannya sebagai berikut: 


Anda juga bisa ketik Alt+F2 untuk menu buy saham. Disini saya menggunakan contoh software Danareksa Online. Secara umum, menu-menu utama beli saham sama untuk setiap software online trading sekuritas, hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan di software trading masing-masing. 

2. Setelah itu muncul menu Order Buy sebagai berikut: 

Cara membeli saham CLEO
Perhatikan tampilan order buy diatas. Untuk bisa membeli saham Cleo, anda harus ketikkan kode saham perusahaannya. KODE SAHAM air minum Cleo adalah CLEO (ketikkan pada Symbol, lihat nomor 1). Lalu muncullah tampilan harga saham Cleo yaitu bid (permintaan) dan penawaran (offer), lihat tanda lingkaran.

Harga saham Cleo terakhir adalah Rp462 yaitu harga offer yang paling atas. Untuk memahami mekanisme harga saham, anda bisa pelajari ulasan dan analisanya disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham.

Kemudian, anda harus memasukkan harga beli (price) dan jumlah lot (lot) yang anda inginkan (perhatikan nomor 2). Lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham.

Katakanlah anda membeli saham Cleo di harga Rp462 sebanyak 12 lot. Maka uang yang anda butuhkan untuk beli saham Cleo adalah: Rp462 x 12 lot x 100 lembar saham = Rp554.400 ditambah dengan fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Sesuiakan jumlah lot yang ingin anda beli dengan jumlah modal yang anda punya. Setelah itu, tekan tombol "Buy" (Nomor 3). Lalu akan muncul tampilan berikut: 



Tekan 'Yes'. Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham perusahaan Cleo.  

3. Lakukan analisis grafik / teknikal sebelum membeli saham

Tujuan membeli saham adalah untuk mendapatkan profit dari kenaikan harga saham. Terutama untuk trader saham, anda harus melakukan analisis grafik saham Cleo sebelum memutuskan untuk membeli saham. 

Grafik Saham CLEO
Analisis teknikal dapat memberikan informasi pada anda apakah saham Cleo sudah berada pada harga yang bagus, murah untuk dibeli atau masih terlalu mahal. Pelajari juga cara-cara melakukan analisis teknikal / grafik saham disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara membeli saham Cleo melalui software online trading saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.