Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Bank Jatim

El Heze
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) adalah salah satu perusahaan go public yang bergerak di setor perbankan di Bursa Efek Indonesia. Sehingga, masyarakat  publik bisa membeli saham Bank Jatim tersebut. 


Di pos ini kita akan membahas panduan cara membeli saham Bank Jatim hanya dengan melalui software online trading saham anda masing-masing. Berikut panduan cara membeli saham Bank Jatim:  

1. Buka akun online trading di kantor sekuritas 

Membeli saham harus dilakukan melalui software online trading dari kantor sekuritas (login menggunakan username dan password anda masing2). Jadi kalau anda belum membuka akun saham di kantor sekuritas, anda harus membuka akun terlebih dahulu. 

Membuka akun saham bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor sekuritas atau melalui online. Proses pembukaan rekening saham sekitar 1 minggu, tergantung dari sekuritas yang bersangkutan.

Untuk panduan membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online, bisa anda pelajari langkah2nya di free ebook yang saya terbitkan (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Masuk software online trading pilih menu Trade --> Buy 

Untuk bisa membeli saham Bank Jatim, silahkan login ke akun software trading anda masing-masing. Anda bisa pilih menu Trade --> Buy (beli). Tampilannya kurang lebih seperti berikut: 


Disini saya menggunakan contoh software online trading dari Danareksa Sekuritas. Tampilan tiap software mungkin bisa sedikit berbeda, namun menu-menu utama untuk membeli saham tetap sama. 

3. Lalu muncul tampilan order buy sebagai berikut: 

Cara membeli saham Bank Jatim
Perhatikan nomor 1. Untuk membeli saham Bank Jatim, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham Bank Jatim adalah BJTM. Jadi anda bisa ketikkan BJTM pada menu order buy. Setelah itu akan muncul tampilan harga saham Bank Jatim seperti gambar diatas. 

Perhatikan nomor 2. Ketikkan harga saham yang anda inginkan, dan jumlah lot saham BJTM yang ingin anda beli. Sesuaikan dengan modal yang anda miliki. 

Harga saham BJTM diatas adalah 496 harga best offer dan 494 harga best bid-nya (lihat antrian bid offer yang saya beri tanda lingkaran). Sedangkan "lot" adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Apa itu harga best offer dan harga best bid? Anda harus pahami dahulu mekanisme perdagangan harga saham terutama cara membaca bid offer harga saham. Mekanisme perdagangan harga saham, bisa anda pelajari disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham.

Jadi kalau anda beli saham BJTM di harga 496 sebanyak 15 lot, maka uang yang anda keluarkan untuk membeli saham BJTM adalah sebesar Rp496 x 15 lot x 100 lembar = Rp744.000, dan masih harus ditambah dengan fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.

Perlu anda ketahui juga bahwa minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. Jadi anda bisa membeli saham minimal 1 lot, lalu 2 lot, 3 lot dan seterusnya. Ketika membeli saham di software trading, anda harus sesuaikan dengan jumlah uang / modal yang anda punya. 

Perhatikan momor 3. Setelah anda memasukkan jumlah lot dan harga saham yang mau anda beli, anda bisa langsung tekan tombol 'BUY'. Maka anda sudah dinyatakan memiliki kepemlikan saham Bank Jatim.

4. Analisis grafik saham BJTM 

Jika anda membeli saham Bank Jatim dengan tujuan untuk trading saham, maka sebelum beli saham, anda harus menganalisa pergerakan harga saham Bank Jatim melalui grafik sahamnya. Berikut grafik saham Bank Jatim.  


Setiap dari anda membeli saham dengan tujuan untuk memperoleh profit. Oleh karena itu, anda harus menganalisa harga saham Bank Jatim, untuk melihat apakah harga saham sekarang sudah layak dibeli atau belum. 

Di dalam analisis grafik, anda bisa menggunakan indikator, analisis tren, candlestick, chart pattern, support resisten untuk melihat apakah harga saham tersebut sudah berada di harga yang bagus atau belum. Anda bisa pelajari cara-cara melakukan analisis teknikal / chart disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

Itulah panduan cara membeli saham Bank Jatim. Untuk cara membeli saham lainnya, juga sama. Anda hanya perlu pahami kode-kode sahamnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.