Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Antam

El Heze
Emas adalah salah satu investasi riil yang disukai oleh banyak orang. Namun tahukah kalau, bahwa salah satu perusahaan emas ternama yaitu PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) ternyata adalah perusahaan go public. 




Sehingga anda bukan hanya bisa membeli emas dalam wujud fisik saja. Anda juga bisa membeli saham Antam. Di pos ini, kita akan membahas bagaimana cara membeli saham Antam di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berikut panduan cara membeli saham Antam: 

1. Login pada akun software online trading anda 

Membeli saham harus dilakukan melalui software online dari yang sudah anda daftarkan di kantor sekuritas / melalui online. Kalau anda belum memiliki akun saham di kantor sekuritas, anda harus membuat akun saham terlebih dahulu. 

Membuat akun saham, bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor sekuritas atau membuka akun saham secara online. Panduan membuka akun saham bisa anda download pada free ebook (33 halaman) saham disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

2. Pilih menu Trade --> Buy atau tekan Alt + F2. 

Untuk bisa membeli saham Antam, masuk ke software trading, pilih menu trade --> buy. Kemudian muncullah tampilan sebagai berikut: 


Untuk menu beli saham, anda juga bisa tekan langsung pada keyboard anda Alt+F2.

2. Muncul tampilan order buy sebagai berikut: 

Cara membeli saham Antam
Perhatikan nomor 1. Jika anda ingin membeli saham Antam, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham perusahaan Antam adalah ANTM (pasar reguler / RG). Setelah anda ketikkan kode saham ANTM, akan muncul tampilan transaksi bid offer harga saham ANTM). 

Perhatikan nomor 2. Anda harus memasukkan Harga (price) dan Lots (lot) untuk menentukan seberapa banyak anda akan membeli saham Antam. Dalam aturan transaksi di pasar saham 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Sedangkan harga saham Antam adalah Rp560 (pada gambar diatas). Harga saham terakhir dilihat pada harga offer yang tertinggi (560). Anda bisa lihat pada antrian bid offer nya yang warna hijau dan merah. Mengenai cara membaca bid offer harga saham, saya jelaskan disini: 


Jika anda ingin membeli saham Antam di harga Rp560 sebanyak 25 lot, maka uang yang harus anda keluarkan adalah sebesar Rp560 x 25 lot x 100 lembar = Rp1.400.000 ditambah dengan fee beli. Baca juga: Fee Beli Jual Saham di Bursa Efek. Sesuaikan jumlah lot dengan modal yang anda miliki. 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda ketikkan harga dan jumlah lot, klik tombol BUY.. Maka anda sudah dinyatakan memiliki saham perusahaan Antam. 

3. Analisa grafik saham Antam 

Sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis grafik harga saham. Jika anda ingin beli saham ANTM, maka anda harus menganalisis grafik saham ANTM melalui software online trading anda. 

Grafik saham ANTM
Analisis grafik saham berguna agar anda mengetahui apakah saham Antam sudah bagus untuk dibeli atau masih ada potensi turun. Karena tujuan kita beli saham adalah untuk memperoleh keuntungan / profit, maka diperlukan analisis saham (terutama analisis grafik), untuk melihat analisa saham lebih mendalam.

Itulah panduan cara membeli saham Antam

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.