Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham Japfa

El Heze
Perusahaan pakan ternak di Indonesia yang cukup ternama salah satunya adalah PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA). Japfa Comfeed juga merupakan perusahaan go public yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 


Dengan kata lain, sebagai masyarakat umum, anda bisa memiliki atau membeli saham PT Japfa Comfeed Tbk. Bagaimana cara beli saham Japfa? Apakah harus datang ke perusahaannya langsung? Apakah harus ke notaris? Di pos ini kita akan membahasnya bersama. 

Berikut adalah panduan cara beli saham Japfa:

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas

Membeli saham dilakukan melalui software online trading yang terhubung langsung dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas terdekat. Anda juga bisa membuka rekening saham secara online. 

Di web Saham Gain ini, anda bisa pelajari langkah-langkah membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online melalui free ebook (33 halaman) yang bisa anda download disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Setelah anda membuka rekening saham di kantor sekuritas, anda akan mendapatkan username dan password. Anda bisa instal software online trading di situs resmi sekuritas dan login. Disitulah anda melakukan aktivitas trading saham.

2. Masuk ke software online trading --> Trade --> Buy 

Untuk membeli saham, pilih menu trade --> buy (beli). Atau anda bisa tekan Alt+F2 untuk menu beli saham jika anda pakai PC atau laptop. Tampilannya kurang lebih sebagai berikut: 


2. Setelah itu, muncul tampilan order buy sebagai berikut: 

Cara beli saham Japfa
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa beli saham Japfa, anda harus ketikkan kode sahamnya (symbol). Kode saham Japfa adalah JPFA. Setelah anda ketikkan kode sahamnya, maka akan muncul tampilan harga saham Japfa yang terlihat dari antrian harga bid dan offer. 

Anda yang belum paham cara membaca bid dan offer, bisa pelajari mekanisme perdagangan saham disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. Untuk melihat harga saham JPFA terakhir, anda bisa lihat pada antrian offer yang paling atas. Pada contoh diatas, harga saham JPFA terakhir adalah 1.230. 

Perhatikan nomor 2. Anda harus masukkan harga beli saham Japfa (Price) beserta jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. 1 lot = 100 lembar saham. Dan minimal pembelian saham adalah 1 lot. Sesuaikan dengan jumlah modal yang miliki. 

Katakanlah anda ingin membeli saham Japfa di harga 1.230 sebanyak 17 lot. Maka total modal yang harus anda keluarkan untuk membeli saham Japfa adalah: Rp1.230 x 17 lot x 100 lembar saham = Rp2.091.000. Jangan lupa untuk menghitung fee beli saham. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.

3. Analisis grafik saham Japfa 

Jangan lupa untuk melakukan analisis grafik atau analisis teknikal saham Japfa. Berikut tampilan analisis teknikal saham Japfa. 

Grafik Saham Japfa
Analisis grafik saham berguna untuk melihat apakah harga saham Japfa sudah layak dibeli, sudah murah atau masih terlalu mahal. Karena tujuan membeli saham adalah untuk dapat untung, maka anda harus membeli saham berdasarkan analisis teknikal. Pelajari juga: Buku Saham Analisis Teknikal.

 Itulah panduan cara beli saham Japfa.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.