Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mendapatkan Kartu Akses KSEI - Cara Daftar KSEI

El Heze
Ketika anda membuka rekening saham di kantor sekuritas maupun secara online, anda mungkin mendengar istilah kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (Akses) dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). 



Sebenarnya apa itu kartu Akses KSEI? Kenapa anda harus memilikinya? Apa fungsinya? Kalau belum punya kartu Akses KSEI, gimana cara buatnya? 

Setiap investor sebaiknya memiliki kartu Akses, karena kartu Akses digunakan sebagai tanda bukti bahwa anda adalah investor saham di Bursa Efek. Kartu Akses juga digunakan untuk melihat saham-saham apa saja yang anda miliki sebagai investor / trader. 

Termasuk melihat posisi cash balance anda. Jadi ada banyak manfaat fungsi Akses KSEI untuk investor / trader saham. Untuk bisa register pada Akses KSEI, ada baiknya anda membuka akun saham terlebih dahulu di kantor sekuritas. 

Panduan membuka akun saham di kantor sekuritas, bisa anda pelajari langkah2nya pada free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan di web Saham Gain disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Sekarang kartu Akses sudah tidak berwujud fisik. Anda bisa daftar Akses melalui situs Akses.ksei.co.id. Berikut cara mendapatkan kartu Akses KSEI (Cara daftar KSEI): 

1. Buka situs akses.ksei.co.id

2. Muncul beranda utama situs KSEI --> pilih DAFTAR

Klik gambar untuk memperbesar

3. Pilih yang INDIVIDU LOKAL 

Cara Daftar KSEI
4. Lalu anda diwajibkan untuk mengisi informasi-informasi sebagai berikut:


Nama lengkap: Isikan nama lengkap anda 
NIK = Isikan Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP anda 
Nomor Handphone: Isikan nomor handphone anda
Email: Masukkan alamat email. Alamat email ini untuk verifikasi / aktivasi akun Akses KSEI anda. Anda harus memasukkan alamat email yang sama ketika anda mendaftarkan akun saham anda di kantor sekuritas. 

5. Klik Aktivasi  


Klik aktivasi, dan setelah itu KSEI akan mengirimkan aktivasi akun Akses KSEI ke email anda. Jangan lupa untuk cek email. Sedangkan anda bisa pilih menu "Kembali" jika ada informasi anda yang ingin anda ubah. 

6. Klik Kirim Ulang jika belum menerima email aktivasi


Apabila anda belum menerima email aktivitas sampai 15 menit, maka anda sebaiknya klik menu Kirim Ulang, agar email aktivasi dikirimkan lagi ke email anda. 

7. Buka email anda untuk aktivasi

Cara mendapatkan Kartu Akses KSEI
Klik 'Link Aktivasi' pada email anda. Lalu anda akan diarahkan untuk membuat Username dan Password untuk kartu Akses KSEI anda. 

8. Membuat Username dan Password KSEI


Perhatikan nomor 1. Anda harus memasukkan password yang anda inginkan. Perhatikan nomor 2, anda harus mengulang password yang anda ketik sebelumnya. 

Perhatikan, untuk membuat password KSEI, kata sandi harus terdiri dari minimal 8 karakter, yang merupakan kombinasi dari huruf besar (kapital), huruf kecil, angka dan karakter khusus (misalnya @, &,$). Setelah itu, klik "Aktifkan Akun Saya". Lalu muncul tampilan sebagai berikut: 


Akun anda sudah aktif. Anda bisa klik 'Beranda" untuk kembali ke halaman web akses.ksei.co.id, dan setelah itu anda bisa Login (Masuk) ke situs KSEI menggunakan username dan password yang sudah anda buat tadi. 

CARA MENGGUNAKAN KARTU AKSES KSEI

Seperti yang sudah kita jelaskan tadi, bahwa Akses KSEI sangat berguna salah satunya untuk melihat saham-saham yang anda miliki sebagai investor. Jika anda ingin melihat nilai investasi anda di saham, beserta portofolio saham yang anda miliki, berikut langkah2nya: 

1. Masuk menu Portofolioku --> Saldo


2. Lalu muncul menu sebagai berikut: 

Pada KSEI, anda bisa melihat ekuitas (saham) yang anda miliki. Jika anda memiliki reksadana atau obligasi, anda juga bisa melihatnya melalui menu Saldo KSEI tersebut. Sedangkan menu "Semua" menunjukkan rangkuman persentase saham, reksadana, obligasi dan kas yang anda miliki. Berikut tampilannya: 


Tampilan diatas bisa anda lihat komposisi saham, reksadana, obligasi, kas dan lainnya, di mana komposisi saham sebesar 85,04% sedangkan kas sebesar 14,96%. Anda juga bisa melihat nilai Total Investasi (berdasarkan nilai pasar). 

Kemudian kita coba melihat menu Ekuitas KSEI. Kita klik yang bagian menu Ekuitas. Setelah itu, muncul tampilan berikut:  

Klik gambar untuk memperbesar

Perhatikan nomor 1. Itu adalah total nilai investasi yang anda miliki di portofolio saham. Total nilai investasi di KSEI berdasarkan nilai pasar. Jadi kalau anda investasi katakanlah saham TLKM sebanyak Rp50 juta. 

Lalu hari ini saham TLKM anda naik sehingga nilai investasi anda menjadi Rp50,1 juta, maka Rp50,1 juta yang akan tertulis di KSEI. Jadi nilai investasi di KSEI ini bisa berubah-ubah (bisa naik ataupun turun) sesuai perubahan harga saham di market. 

Perhatikan nomor 2. Nomor 2 sebenarnya sama dengan nomor 1 yaitu menggambarkan nilai investasi anda. 

Perhatikan nomor 3. Nomor 3 adalah rincian saham-saham apa saja yang anda miliki di portofolio, beserta jumlah modal yang anda investasikan pada saham tersebut.     

4 komentar:

  1. apa investor sekarang ngga dapet kartu fisik ksei nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau kalau yang sekarang, coba tanyakan ke sekuritasnya langsung

      Delete
  2. Apakah aman saham yang sudah di beli,tapi saya tidak punya kartu akses ksei secara fisik?

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.