Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Ulasan Saham: Saham SIDO Muncul

El Heze
Saham PT Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) merupakan salah satu saham yang cukup ternama di Bursa Efek. Kita semua pasti tahu produk saham SIDO yang terkenal yaitu Jamu Sido Muncul.




Bahkan salah satu pasangan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pernah menggunakan saham SIDO sebagai mas kawin. Tahun 2017, Saham SIDO juga pernah digunakan sebagai mas kawin oleh salah satu pasangan di Semarang, Jawa Tengah. 

Oke, lalu apakah saham SIDO ini memang bagus untuk disimpan, atau ditradingkan jangka pendek? Banyak pertanyaan rekan-rekan mengenai saham SIDO ini. Oleh karena itu, kita akan coba mengulas sedikit banyak tentang saham SIDO. 

SIDO merupakan emiten yang bergerak di sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods), di sub sektor obat-obatan. Di sub sektor ini, SIDO termasuk salah satu market leadernya, namun emiten yang size-nya paling besar adalah KLBF (Dari sisi aset, ekuitas, laba). 

Beberapa hal menarik dari saham SIDO adalah pertama: Produknya dibutuhkan masyarakat banyak serta memiliki brand image yang kuat. Kedua, SIDO rajin membagikan dividen secara konsisten. Dividend yield SIDO lumayan besar sekitar 3,95%-4%. 

Ketiga, fundamental SIDO ini terbilang cukup stabil. Anda bisa cek sendiri laporan keuangan SIDO, terutama 5 tahun terakhir, di mana laba bersih SIDO selalu meningkat dan kenaikan laba bersih per tahun di kisaran 10-15%. Stabil sekali kenaikannya. 

Inilah yang membuat saham SIDO menjadi saham yang cukup menarik bagi kalangan trader jangka menengah dan investor, walaupun sebenarnya, kalau kita bandingkan size perusahaan SIDO di semua sektor industri barang konsumsi tentu masih kalah jauh dengan INDF, UNVR, ICBP. 

Atau yang paling dekat di satu sub sektor yang sama, yaitu KLBF, SIDO masih kalah dari segi size (aset dan ekuitas) dibandingkan KLBF. Lalu kita akan coba melihat pergerakan analisa teknikal saham SIDO berikut ini:    

Saham SIDO
Harga saham SIDO pada grafik terbilang cukup stabil. Harga sahamnya cenderung sideways dan walaupun ada beberapa tren turun di dalamnya, namun SIDO berhasil naik lagi setelahnya. 

Kalau anda seorang trader, coba perhatikan dan watchlist pergerakan saham SIDO selama live trade. SIDO memiliki pergerakan fluktuatif harian yang tidak terlalu cepat. 

Di satu sisi, kekurangannya, saham SIDO ini memang tidak terlalu likuid. Antrian bid offer SIDO tidak terlalu ramai menurut analisa market yang sering saya amati selama jam trading. 
Bid offer SIDO vs KLBF - Klik gambar untuk memperbesar

Anda bisa bandingkan di satu sub sektor yang sama, antrian bid offer SIDO vs KLBF diatas. Yap, kita bisa bandingkan bahwa antrian bid offer SIDO ini hanya sekitar ratusan untuk satu antrian harga. Sedangkan antrian saham KLBF bisa sampai 10 ribu lebih.   

SAHAM SIDO UNTUK INVESTASI DAN TRADING 

Buat anda yang ingin mencari SAHAM DEFENSIF, untuk jangka menengah - jangka panjang, maka SIDO bisa menjadi pilihan saham untuk disimpan. Mengingat fundamental yang stabil, brand image yang bagus dan dividen yang rutin, serta pergerakan harga saham yang tidak terlalu volatil. Dengan kata lain, SIDO adalah saham yang pergerakannya cukup stabil dalam jangka panjang. 

Walaupun SIDO juga pernah mengalami masa-masa downtrend selama beberapa tahun. Hal ini pernah kita bahas disini: Perusahaan OK, Kok Sahamnya Anjlok?

Catatan: Dalam investasi saham, ada baiknya anda juga memperhatikan valuasi saham. Saham-saham yang valuasinya murah dan kinerja bagus memiliki peluang naik yang lebih besar. Valuasi saham sederhana bisa anda baca disini: Cara Mengetahui Saham yang Undervalue (Valuasi Saham). 

Bagaimana buat trading saham? Saham SIDO sendiri pergerakannya tidak terlalu likuid seperti yang sudah kita bahas, dan pergerakan harga sahamnya juga cenderung lebih stabil (tidak terlalu volatil).  

Pergerakan fluktuatif SIDO ini mirip seperti pola ICBP, hanya saja dari segi likuiditas, ICBP lebih bagus. Keduanya sama-sama saham defensif yang ada di sektor consumer goods. 

Jadi kalau anda ingin trading di saham SIDO, anda perlu memperhatikan support resisten terdekat untuk anda manfaatkan trading, atau manfaatkan koreksi saham SIDO untuk dibeli di harga murah. 

Karena saham SIDO sebenarnya juga membentuk pola-pola support resisten pendek yang dapat anda manfaatkan untuk trading. Pelajari juga: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten.

Itulah ulasan dan analisa singkat mengenai saham SIDO. Semoga bisa menambah referensi dan wawasan kita mengenai ulasan saham, dan dapat anda gunakan sebagai analisa-analisa untuk memilih saham.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.