Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Ulasan Saham: Analisis Saham GIAA

El Heze
Saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) merupakan salah satu saham yang cukup ramai menjadi bahan pembicaraan para trader saham. Apalagi kalau bukan karena pergerakan harga sahamya yang sangat fluktuatif seperti saham gorengan. 


Yap, padahal GIAA adalah salah satu emiten plat merah (BUMN). Namun bagaimana bisa pergerakan harga sahamnya tidak stabil? Sebenarnya ini bukanlah hal baru. Di pos ini, kita akan bahas sedikit banyak GIAA baik dari segi teknikal dan fundamentalnya. 

ANALISIS FUNDAMENTAL SINGKAT GIAA

GIAA adalah emiten yang sering mengalami kerugian. Hal ini tentu tidak wajar, mengingat nama besar brand Garuda Indonesia di maskapai penerbangan yang sudah tidak asing di masyarakat, dan jasa penerbangan Garuda juga selalu digunakan masyarakat.

Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar. Bagaimana cara manajemen mengelola perusahaan? Ditambah lagi kasus GIAA pernah terkena dugaan korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat Airbus A330-300 pada masa periode 2004 hingga 2015. Kesimpulannya, masalah tata kelola perusahaan ini sudah terjadi sejak lama. 

Tata kelola perusahaan yang dipertanyakan ini membuat perusahaan sering membukukan rugi bersih, dan rasio utang yang tidak sehat. Hal inilah yang membuat investor saham pada akhirnya menjual saham GIAA, karena kepercayaan investor semakin menurun.

Sekarang kita coba lihat perbandingan rasio utang dan laba bersih GIAA, di mana kedua kinerja fundamental tersebut yang menjadi beberapa penyebab saham GIAA terus turun:  

Ekuitas Garuda Indonesia

Utang Garuda Indonesia
Kita bisa lihat rasio utang GIAA yang sangat besar (laporan keuangan dalam Dolar AS), di mana saya ambil tahun terakhir, total liabilitas GIAA sebesar 3.735.052.883. Sedangkan ekuitasnya cuma 720.622.891. Rasio utang terhadap ekuitasnya mencapai 5,18 kali. 

Artinya utang GIAA lebih besar 5,18 kali lipat dibandingkan ekuitas. Yap, tentu saja untuk ukuran perusahaan non perbankan dan non konstruksi, rasio utang tersebut sangatlah besar. Ini juga menjadi konsen dari para investor saham yang menganggap utang GIAA berada dalam rasio yang tidak sehat.

Laba Garuda Indonesia
GIAA membukukan kerugian bersih sebesar (199.105.549). Namun kemudian GIAA di tahun setelahnya berhasil mencetak keuntungan lagi menjadi 147.014.670. 

Di satu sisi, ada upaya dari GIAA untuk melakukan relaksasi utang terhadap perbankan senilai $500 juta. Hal inilah yang kemudian harga saham GIAA sangat volatil.

Namun adanya kenaikan kinerja selama satu tahun, belum bisa menjadi acuan anda untuk investasi di GIAA, apalagi rencana2 relaksasi ataupun restrukturisasi utang harus dilihat dampaknya untuk laporan2 keuangan selanjutnya: Apakah pada kuartal dan periode selanjutnya GIAA mampu menekan rasio utang dengan maksimal?  

ANALISIS TEKNIKAL SINGKAT GIAA 

Tipikal saham GIAA ini cukup banyak di pasar saham kita. Dahulu saham PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) juga sempat mengalami kasus yang mirip. Sering rugi, utang gede, tata kelola bermasalah. Padahal KRAS adalah market leader di sektor industrinya. Anda bisa lihat sendiri bagaimana harga saham KRAS sekarang, bandingkan dengan tren historis 5-10 tahun yang lalu. Harga sahamnya hancur. 

Tidak heran kalau saham-saham yang kinerja fundamentalnya mulai bermasalah, tata kelola juga bermasalah, harga sahamnya pasti akan 'digoreng' bandar. Bandar saham menyukai tipikal saham seperti ini, karena berita atau isu2 yang ada dapat di blow up supaya dimanfaatkan bandar untuk menggoreng sahamnya.

Itulah mengapa saham GIAA harganya sering sekali naik turun puluhan dalam waktu singkat, seperti saham gorengan. GIAA bisa turun 9% sehari. Bahkan 15% sehari. Namun ketika muncul berita relaksasi utang, atau labanya naik, harga sahamnya langsung terbang 12% sehari. Sekarang kita coba amati chart GIAA berikut: 

Grafik saham GIAA
Perhatikan harga saham GIAA yang cenderung turun terus karena masalah fundamental. Di satu sisi, pergerakan harga sahamnya sangat volatil. Perhatikan tanda lingkaran, di mana candlestick2 merah yang terbentuk sangat panjang. 

Ini menunjukkan bahwa harga saham GIAA bisa turun puluhan persen dalam sehari. Sebaliknya pada tanda persegi, terdapat candlestick2 hijau yang sangat panjang, menunjukkan bahwa saat momen2 yang tidak terduga, bandar bisa menaikkan saham GIAA puluhan persen juga dalam waktu singkat.  

Kita juga bisa perhatikan volume saham GIAA yang sangat tipis. Namun saat ada berita tertentu (keinginan GIAA untuk relaksasi utang atau kelonggaran kebijakan untuk maskapai penerbangan), maka harga saham GIAA langsung naik tinggi diiringi dengan volume yang sangat besar. Kita juga bisa lihat chart GIAA dalam time frame lebih panjang berikut: 


Perhatikan naik turunnya saham GIAA yang sering terjadi secara drastis, dan dalam jangka panjang, saham GIAA cenderung downtrend. Harga sahamnya sempat di 650, namun terus turun sampai ke 141. 

KESIMPULAN ANALISIS SAHAM GIAA 

Apa yang bisa kita pelajari bersama? Perusahaan yang brand-nya ternama, tidak menjamin harga sahamnya pasti bagus. Jika anda ingin investasi saham, anda harus melakukan analisa fundamental mendalam terutama laporan keuangan dan track record perusahaan tersebut (analisa kualitatif fundamental). 

Pelajari juga cara-cara dan strategi analisis fundamental dan praktik memilih saham bagus untuk investasi disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman). 

Kita tidak bisa menyimpulkan sepihak bahwa laporan keuangan yang membaik berarti fundamental pasti langsung membaik dalam jangka panjang. Rasio utang, tata kelola juga harus anda perhatikan dalam investasi. 

Sebagai trader saham, anda bisa memanfaatkan saham GIAA untuk trading jangka pendek, yaitu buy dengan strategi hit and run. Kalau anda sudah profit, segera jual, karena peran bandar cukup besar pada saham GIAA ini, maka pergerakannya kurang stabil.

Jangan pernah gambling di saham2 seperti ini. Nah, kalau anda tipikal trader konservatif (tidak suka saham2 yang terlalu volatil), tipikal saham GIAA ini justru perlu anda hindari.  

Apalagi tren harganya yang cenderung turun, membuat saham GIAA berisiko jika disimpan untuk jangka waktu yang lebih panjang. 

Saham-saham seperti GIAA ini biasanya akan sering menjadi saham yang booming sesaat, banyak direkomendasikan di grup-grup saham, banyak trader yang mulai 'pamer profit' ketika GIAA naik puluhan persen. 

Sebagai trader saham, anda harus bisa mengambil keputusan trading berdasarkan analisa otodidak juga, jangan hanya membeli saham karena kata 'trader A' kata 'trader B'.

Apakah kinerja GIAA bisa membaik? Tentu bisa. Di pasar saham apapun bisa terjadi. Namun kita semua tidak tahu kapan kinerja GIAA benar2 membaik. Sebagai investor ataupun trader, perlu untuk mencermati pos2 laporan keuangannya terutama laba bersih, rasio utang dan ROE.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.