Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Harian Saham Blue Chip

El Heze
Pasar saham yang mengalami fluktuatif, terutama dalam kondisi pasar saham yang masih belum bullish, bisa anda manfaatkan untuk mencari saham-saham yang bagus untuk trading harian.  



Trading harian / intraday trading merupakan salah satu strategi trading cepat yang dilakukan dengan membeli dan menjual saham pada hari yang sama, sampai batas waktu 3 harian trading. 

Jadi kalau anda beli saham pagi ini dan jual siang atau sore harinya (hari yang sama), maka dapat dikatakan anda melakukan strategi trading harian. 

Strategi dan full praktik memilih saham bagus untuk trading harian (intraday trading), disertai analisa tape reading dan analisa-analisa simpel trading cepat, bisa anda pelajari praktik-praktiknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham Pemula - Expert. 

Untuk anda yang ingin "memutar modal" anda untuk trading harian, di web Saham Gain, anda sudah mendapatkan banyak sekali praktik2 tradingnya untuk diterapkan di market riil melalui Ebook Intraday Trading. 

Di web Saham Gain, saya pernah menuliskan bahwa jika anda ingin menerapkan strategi trading harian, anda harus mencari saham-saham yang punya pergerakan bagus. Disinilah kemudian banyak rekan-rekan yang bertanya:  

"Saham apa yang harus dibeli untuk trading harian? Apakah saham-saham gorengan lebih menguntungkan untuk trading cepat? Atau cukup beli saham-saham lapis dua dan saham blue chip saja?"

"Pak Heze kalau saham blue chip buat trading jangka pendek apakah bagus? Apakah saham blue chip sebaiknya diinvestasikan saja?"

Semua tipe saham bisa digunakan untuk trading harian. Yang paling penting, anda harus bisa: 

  • Menganalisa saham-saham yang potensial naik
  • Manajemen modal 
  • Psikologis trading (melihat momentum trading, bukan hanya sekedar ingin trading tiap hari & untung tiap hari)
  • Menetapkan target profit yang realistis (tidak serakah dalam trading) 

Demikian pun saham blue chip, bisa anda manfaatkan juga untuk trading harian. Saya pribadi juga pernah menerapkan trading harian pada saham blue chip. 

Contohnya seperti transaksi trading harian ICBP yang pernah saya lakukan, di mana ICBP adalah salah satu saham blue chip di sektor consumer goods. Berikut trading harian ICBP saya:

Trading harian
Saya membeli saham ICBP di harga 8.175 dan menjual ICBP di harga 8.400 di hari yang sama, beli pagi dan jual siang hari. Net profit (setelah dikurang fee beli dan jual) adalah sebesar 2,3%. 

Anda bisa pelajari juga contoh2 trading harian saham lainnya, sehingga bisa memberikan pandangan pada trader jangka pendek mengenai strategi trading harian yang benar disini: Contoh Trading Harian Saham. 

*Catatan = trading saham yang saya paparkan di web Saham Gain bukan merupakan ajakan untuk membeli saham. Anda harus menganalisa saham otodidak sebelum trading. Saya bisa mentradingkan kembali saham-saham tersebut, baik untuk trading harian maupun swing trading maupun strategi trading lain

Jadi trading harian bukan berarti anda harus membeli saham-saham gorengan, hanya karena volatilitasnya tinggi. 

Belilah saham karena saham tersebut bisa memberikan potensi profit, bisa anda analisa secara mandiri, dan tentunya harus membuat psikologis anda aman. Hal ini juga berlaku untuk semua strategi trading saham, bukan hanya trading harian. 

Inti dari trading harian adalah memanfaatkan FLUKTUATIF harga saham dan ANALISA SAHAM untuk mencari saham2 yang mudah naik dalam jangka pendek. 

Perlu anda ketahui bahwa, saham blue chip juga memiliki fluktuatif harga. Ada saatnya saham2 blue chip naik. Ada saatnya saham2 blue chip turun, dan membentuk pola2 tertentu. 

Nah, fluktuatif harga dan analisa kombinasi saham (teknikal, tape reading, analisa market) inilah yang bisa anda manfaatkan untuk trading harian. 

Melalui pos ini, saya juga ingin mengatakan bahwa anda para trader harian saham, sebenarnya memiliki fleksibilitas yang tinggi di dalam memilih saham. Artinya, memilih saham untuk trading cepat tidak harus dibatasi memilih saham2 yang volatilitasnya tinggi. 

Namun, anda juga bisa memilih saham yang volatilitasnya sedang atau rendah seperti saham blue chip dan saham2 lapis dua, dengan menetapkan target profit yang lebih stabil. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.