Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Terbaik

Di dalam trading, anda memiliki kebebasan untuk menerapkan strategi trading saham sesuai dengan karakter pribadi. Namun, strategi trading saham itu cukup variatif. Ada strategi scalping (trading menitan), intraday trading (harian, beli pagi jual sore), trading beberapa hari, swing trading, positioning trading. 




Setiap strategi trading juga memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Scalping trading cenderung memilih saham2 lapis tiga yang punya volatilitas tinggi. Intraday trading memilih saham yang likuid dan mengandalkan kombinasi analisa teknikal & tape reading. 

Sedangkan swing trading adalah trader yang mengikuti tren saham / market (trend following). Karena anda mengandalkan fluktuatif jangka pendek, maka cukup banyak strategi dan variasi trading yang bisa anda terapkan. 

Dari sekian banyak strategi trading, mana strategi trading saham terbaik? Mayoritas trader saham, khususnya pemula akan berusaha untuk mencari 'jati diri' di dunia saham, yaitu dengan mencari strategi trading saham yang paling bagus dan tentunya bisa memberikan profit besar. 

Saya tidak pernah bosan mengatakan bahwa tidak ada yang namanya strategi trading saham terbaik. Sama juga dengan analisa teknikal: Tidak ada analisa teknikal yang paling baik. Semua strategi trading bisa menjadi strategi terbaik asalkan cocok / sesuai dengan karakter pribadi anda. 

Dalam arti, anda bisa menerapkannya untuk mendapat profit di pasar saham. Kalau anda cocok menjadi swing trader, jadilah swing trader. Banyaklah belajar ilmu-ilmu swing trading. 

Kalau anda cocok menjadi positioning trader, jadilah positioning trader. Kalau anda ingin jadi intraday trader, perdalam ilmunya. Jadi cara mengetahui strategi trading saham terbaik, anda harus pahami preferensi sesuai dengan karakter masing-masing. 

[Sebagai full praktik trading, anda menerapkan strategi2 trading baik scalping, intraday, swing trading, trading jangka pendek, pada ebook saham full analisa teknikal disini: Tiga Ebook Saham Pilihah Trader Terbaik - Diskon 15%

Jangan menerapkan strategi trading tertentu yang sebenarnya tidak cocok dengan karakter anda, hanya karena anda mendengarkan pendapat-pendapat trader lain. Di dalam mengaplikasikan strategi trading, anda harus mengikuti KATA HATI anda sendiri.

Dalam menerapkan strategi trading, anda tidak harus menjadi trader kaku. Anda boleh menerapkan lebih dari satu strategi trading. Ini yang dinamakan dengan strategi trading kombinasi. 

Strategi trading saham kombinasi ini juga saya aplikasikan dalam trading saham. Hal ini karena kondisi pasar saham cenderung fluktuatif, sehingga jika kita bisa melakukan kombinasi beberapa strategi trading, kita akan lebih fleksibel dalam trading, dan kita bisa menyesuaikan strategi yang harus digunakan dengan kondisi pasar saham saat ini. 

STRATEGI TRADING SAHAM KOMBINASI 

Contoh strategi trading saham kombinasi adalah anda menguasai dua atau lebih strategi trading, misalnya intraday trading dan swing trading. Praktik strategi kombinasi pernah saya bahas juga disini: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Strategi kombinasi ini berguna ketika kondisi pasar saham berubah. Sebagai contoh, saat pasar saham masih cenderung bearish atau fluktuatif, maka menerapkan strategi intraday lebih efektif dan menghasilkan dibandingkan anda harus hold saham agak lama.

Namun saat saham-saham mulai bullish reversal, maka menerapkan strategi swing trading yaitu menyimpan saham lebih dari 1 minggu akan menghasilkan profit yang maisimal. 

Jadi di dalam trading saham, anda bisa pertimbangkan juga untuk menerapkan strategi kombinasi, supaya anda bisa menjadi trader saham yang lebih fleksibel, dan bisa menerapkan trading sesuai dengan kondisi market saat itu. 

Jika anda menerapkan strategi trading kombinasi, saran saya gunakan satu strategi trading cepat, dan satu strategi trading buy and hold (yang time framenya lebih panjang). 

Strategi trading cepat dalam trading misalnya scalping trading, intraday trading dan trading dibawah 1 minggu. Baca juga: 2 Strategi Trading Cepat: Intraday & Scalping Trading. Sedangkan strategi buy and hold adalah swing trading dan positioning trading. Baca juga: Teknik Swing Trading Saham. 

Sehingga, anda bisa mengatur manajemen modal anda. Misalnya 50% modal trading anda gunakan khusus untuk 'memutar' profit di trading cepat, sedangkan 40% modal anda untuk menyimpan saham-saham yang trennya bagus untuk 1 minggu sampai 1 bulan. Dan 10% sisa modal anda, tetap anda biarkan di cash balance. 

Sebagai referensi belajar saham supaya anda bisa mempraktikkan sendiri cara-cara memilih saham bagus, dan menerapkan strategi trading yang benar, anda bisa mempelajari ilmu-ilmu trading saham full praktik analisa teknikal disini: Tiga Ebook Saham Full Praktik Trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.