Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Paling Aman

Trading saham bukan hanya sekedar mencari profit. Namun anda juga harus mencari strategi trading yang aman. Menerapkan strategi trading aman juga merupakan kunci anda dalam profit yang lebih konsisten di pasar saham. 


Bagaimana cara menerapkan strategi trading saham paling aman? Ada tiga poin penting yang harus anda pratikkan agar anda bisa menciptakan strategi trading yang aman dan menghasilkan profit: 

1. Tradinglah sesuai karakter anda 

Terapkan strategi trading dan cara menganalisa saham yang sesuai dengan karakter anda. Poin ini sangat penting, sayangnya banyak dilewatkan oleh mayoritas trader. Kebanyakan trader ingin dapat untung cepat, namun trader lupa bahwa menerapkan strategi trading yang tepat adalah bagian penting dari profit. 

Di pasar saham ada banyak strategi trading mulai dari scalping trading (trading menitan), trading harian (intraday), trading dibawah seminggu, trading mingguan, swing trading, positioning trading dan lain-lain. 

Gunakan strategi trading dan analisa saham yang cocok dengan anda pribadi. Kalau anda cocok jadi swing trader, terus perdalam ilmu praktik swing trading. Kalau anda cocok jadi trader harian, perdalam ilmu trading harian. 

Kalau anda cocok jadi trader jangka menengah, perdalam ilmu memilih saham untuk trading jangka menengah. Pelajari juga beberapa strategi trading yang bisa anda terapkan untuk memilih saham mandiri disini: 
Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menerapkan beberapa strategi trading. Asalkan strategi trading tersebut cocok dan sesuai karakter anda. Pelajari juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading Saham.   

Jadi saran saya, jangan membeli saham hanya karena anda mengikuti kata Si A, kata Si B. Kalau seseorang menganjurkan anda untuk investasi saja jangan trading, jangan telan mentah2 anjuran tersebut. 

Analisalah kembali. Apakah anda cocok jadi investor? Kalau anda tidak cocok jadi investor, kemungkinan besar investasi anda justru tidak akan menghasilkan profit. 

Demikian sebaliknya. Kalau anda dianjurkan untuk trading padahal anda lebih cocok investasi, maka kemungkinan besar trading saham justru tidak akan membuahkan profit maksimal.

Di dalam trading saham, anda harus dengarkan kata hati anda sendiri. Di pasar saham anda memiliki banyak kebebasan dan fleksibilitas. Pilihlah apa yang cocok untuk anda. Lalu pelajari dan praktikkan sampai anda bisa profit. 

Dengan menerapkan strategi trading cocok, anda akan lebih paham strateggi2 tradingnya. Sehingga, anda bisa meminimalkan risiko kerugian. 

2. Prioritaskan saham-saham yang bagus dan mudah dianalisa 

Untuk mengurangi risiko dalam trading, anda saya sarankan untuk membeli saham2 yang likuid, seperti saham blue chip atau saham2 LQ45, karena saham2 tersebut banyak ditradingkan, memiliki fluktuatif harga yang bagus dan harga sahamnya lebih stabil. 

Prioritaskan untuk mengalokasikan modal anda lebih besar di saham2 tersebut. Karena saham2 tersebut lebih mudah dianalisa, dan pergerakan harga sahamnya yang stabil membuat risiko portofolio anda akan dapat diminimalkan. 

Jangan lupa untuk selalu menerapkan screening saham sebelum trading. Screening saham yaitu analisa untuk memilih saham2 yang bagus dan layak dibeli, sehingga anda bisa memprioritaskan saham2 yang bagus saja untuk dibeli.  

Pilihlah (screening) saham-saham bagus yang layak untuk ditradingkan, yang layak masuk dalam STOCK PICK. Anda bisa pelajari cara-cara screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus.

3. Gunakan modal kecil / bertahap

Membeli saham dengan modal kecil akan jauh lebih aman dari risiko ketimbang anda membeli saham dengan modal besar. Dengan modal kecil, psikologis anda juga akan lebih tenang.

"Berarti harusnya trading saham itu pakai modal kecil donk? Masa nggak dianjurkan pakai modal besar?" Protes anda.

Tentu saja boleh. Yang saya maksud disini adalah kalau anda belum pernah trading dengan modal besar, jangan nekad pakai duit gede. Mulailah dulu dengan modal kecil. Pelajari juga: Modal Ideal Trading Saham.  

Kalau anda sudah terbiasa beli jual saham pakai modal kecil, barulah anda tingkatkan porsi modal anda secara BERTAHAP. 

Sebagai contoh, kalau anda belum pernah trading pakai modal Rp50 juta, jangan nekad beli saham dengan modal sekian. Pakailah dulu modal Rp1-3 juta. Jika anda sudah terbiasa, bisa profit, meminimalkan cut loss, cobalah tambah modal anda menjadi Rp5 juta dan seterusnya. 

Dengan cara ini, anda akan belajar menganalisa saham secara bertahap. Anda belajar mengembangkan psikologis dan mindset trading. Sehingga, anda bisa merasa lebih aman dalam trading dan mengurangi risiko. 

4. Hindari gambling dalam trading 

Satu hal penting lagi, jangan mengambil keputusan trading dengan cara gambling. Gambling dalam trading itu ada bermacam-macam, misalnya: 

- Anda beli saham tanpa menganalisa
- Beli saham karena mengikuti kata trader lain
- Beli saham mengikuti rekomendasi di grup tanpa melihat chartnya
- Beli saham hanya karena sahamnya lagi booming

Dan masih banyak lainnya. Apakah anda mengalami salah satunya? Atau bahkan semuanya? Evaluasilah trading anda. 

Gambling dalam trading akan membuat strategi trading anda menjadi berantakan, karena anda tidak paham kualitas saham2 yang anda beli, sehingga potensial kerugiannya justru semakin tinggi. 

Jika anda bisa menganalisa, menerapkan poin pertama sampai ketiga dan anda tidak gambling, itulah strategi trading yang aman yang bisa membuat anda profit lebih konsisten, dan meminimalkan kerugian. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.