Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Pengertian Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

El Heze
Di pasar saham, kita sering mendengar istilah Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sebenarnya apa itu KSEI? PT Kustodian Sentral Efek Indonsia (KSEI) adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di Pasar Modal Indonesia yang memberikan jasa layanan Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar dan efisien sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. 



Di pasar modal, ada tiga perusahaan atau disebut sebagai Self Regulatory Organization (SRO), yaitu PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Tugas Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) jika kita jabarkan adalah sebagai berikut: 

1. Mengelola aset yang berkaitan dengan efek 

KSEI memiliki tugas utama sebagai layanan penitipan aset. Perusahaan wajib mengelola asti yang dititipkan tersebut. Ada empat jasa KSEI terkait pengelolaan aset yaitu sebagai berikut: 

- Pembukaan rekening efek
- Perubahan data pemegang rekening efek
- Penutupan rekening efek
- Pemblokiran atau pembukaan blokir pemegang rekening efek

2. Jasa kustodian 

Kustodian merupakan jasa utama KSEI. Yang dimaksud dengan kustodian adalah jasa-jasa yang berkaitan dengan: 

- Penyetoran atau deposit modal ke rekening efek
- Penarikan efek
- Rekonsiliasi dana atau efek 

3. Penyelesaian transaksi saham 

KSEI bertugas untuk melakukan penyelesaian transaksi bursa dengan cara pemindahbukuan yang memungkinkan KSEI melakukan penyelesaian transaksi di bursa dan di luar bursa. Sedangkan penyelesaian transaksi di luar bursa dilakukan dengan pemindahbukuan efek atau dana antar rekening efek pada KSEI.

4. Aksi korporasi 

KSEI memberikan jasa proses aksi korporasi mulai dari penerbitan saham hingga penyelesaian transaksi aksi korporasi (seperti right issue, stock split). 

5. Menyediakan infrastruktur investasi 

KSEI juga menyediakan infrastruktur berupa platform terintegrasi untuk memudahkan transaksi investasi, misalnya reksadana yang berupa Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST). Infrastruktur investasi yang dibuat KSEI terus menyesuaikan dengan perkembangan aktivitas industri investasi. 

6. Jasa-jasa lainnya 

KSEI memberikan jasa-jasa lainnya, misalnya berkaitan dengan Initial Public Offering (IPO). KSEI memberikan kesempatan kepada pemilik rekening efek / investor untuk melakukan pembelian saham baru atas IPO, sesuai dengan mekanisme IPO yang berlaku.

KSEI juga memberikan jasa penawaran tender, yaitu penawaran pembelian atau penjualan sejumlah saham oleh pihak tertentu kepada pihak / perusahaan lain.

Kesimpulannya, KSEI memiliki fungsi-fungsi: 
Memberikan layanan jasa yang berkaitan dengan administrasi rekening efek, penyimpanan dan penyelesaian transaksi efek, distribusi hasil corporate action pada investor, dan menyediakan laporan jasa kustodian. 
Salah satu jasa KSEI yang paling sering digunakan adalah jasa PENYELESAIAN TRANSAKSI EFEK. Pada saat trading saham, pernahkah anda mendengar istilah penyelesaian transaksi saham T+2? 

Jadi ketika anda membeli saham A katakanlah tanggal 25 Mei sebanyak 100 lot dengan modal Rp5 juta. Walaupun anda sudah membeli pada tanggal 25 Mei, tetapi berdasarkan mekanisme perdagangan saham, anda akan menerima saham A sebanyak 100 lot dan uang anda di account balance akan berkurang sebesar Rp5 juta pada dua hari setelah transaksi jual beli saham tersebut. 

Artinya, anda akan menerima saham dan uang anda berkurang (dari pembelian saham A) pada tanggal 27 Mei, alias T+2. Itulah mekanisme penyelesaian transaksi di Bursa Efek. 

Nah siklus penyelesaian transaksi, pemindahbukuan saham dan dana dari pembeli kepada penjual efek dan sebaliknya dilakukan oleh KSEI. Yap, jadi itulah salah satu tugas utama KSEI yaitu menangani proses penyelesaian transaksi di Bursa Efek

FASILITAS KSEI UNTUK INVESTOR SAHAM

KSEI juga menyediakan fasilitas untuk para investor dan trader saham yaitu fasilitas kartu AKSES. Akses adalah singkatan dari Acuan Kepemilikan Sekuritas. Kartu Akses ini bisa anda buka di situs: Akses.ksei.co.id. 

Akses merupakan pengembangan dari Single Investor Identification (SID) atau identitas investor tunggal. SID ini merupakan bukti resmi bahwa investor telah terdaftar di pasar modal. KSEI sudah menerbitkan Akses yang bisa anda lihat kapan saja secara online. 

Akses berguna untuk mencatat setiap transaksi, modal dan portofolio saham yang anda miliki. Sehingga, anda bisa mengetahui posisi kas anda, posisi saham-saham yang anda miliki hanya dengan membuka situs akses.co.id. 

Setelah anda membuka rekening saham di sekuritas, anda nantinya juga akan diberikan username dan password untuk membuka dan login di situs Akses. 

Itulah pengertian Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan juga fungsi, tugas-tugas KSEI di pasar modal Indonesia. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.