Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memaksimalkan Profit Trading Saham

Trading saham bukan hanya sekedar buy dan sell, namun trading saham adalah sebuah seni mengelola modal, pengetahuan, strategi, analisa untuk menghasilkan profit konsisten. Tapi... Seperti apa seni dalam trading saham itu? 



Apa saja yang harus anda praktikkan dan pelajari agar trading saham anda bisa meraih profit lebih maksimal? Sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu saham, anda harus pertimbangkan untuk menerapkan strategi-strategi berikut dalam trading:  

1. Strategi trading jangka pendek yang paling tepat 

Perlu anda ketahui, walaupun anda dan trader lain sama-sama melakukan trading saham, akan tetapi strategi trading setiap trader bisa berbeda satu sama lain. Strategi trading yang berbeda, artinya analisa yang digunakan juga bisa lebih variatif. Dalam trading saham, beberapa strategi trading saham yaitu: 

- Scalping trading (trading menitan)
- Intraday trading (beli jual saham di hari yang sama sampai 3 harian)
- Trading jangka pendek dibawah 1 minggu
- Swing trading (trading seminggu - sebulan) 
- Positioning trading (trading diatas 1 bulan - 9 bulan) / mid term trading 

Dari sekian banyak strategi trading yang ada, anda harus bisa memilih strategi trading mana yang paling cocok untuk anda. Semua strategi trading bagus, asal anda bisa menerapkannya dengan strategi yang benar, dan sesuai karakter pribadi. 

Dalam trading, anda boleh menggunakan lebih dari satu strategi trading, misalnya trading jangka pendek dan trading jangka menengah, supaya anda bisa meraup profit sesuai dengan kondisi market yang ada. 

Di pasar saham sendiri, strategi trading yang paling banyak digunakan adalah intraday trading dan swing trading. Pelajari juga: Kombinasi Intraday Trading & Swing Trading Saham. 

Anda yang ingin mempraktikkan semua strategi analisa teknikal sesuai dengan kebutuhan pribadi anda, anda bisa pelajari full praktikknya disini: Strategi Analisis Teknikal Saham PDF. 

Jadi tentukan dahulu strategi trading yang ingin anda terapkan: Apa yang cocok untuk anda? Jangan asal membeli dan menjual saham tanpa strategi dan arah yang jelas, karena setiap strategi trading memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. 

Sebagai contoh, dalam intraday trading, kombinasi analisa teknikal dan analisa tape reading akan sangat berguna untuk mencari saham-saham yang berpotensi naik dalam sehari untuk beli pagi jual sore sampai keesokan hari. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Namun jika anda ingin menerapkan swing trading, analisa tape reading tidak terlalu berguna. Swing trading lebih cocok dilakukan dengan melihat kombinasi analisa tren, support resisten dan momentum market. Pelajari juga: Teknik Swing Trading Saham. 

Jika anda memahami strategi trading yang sesuai dengan karakter anda, dari situlah anda bisa memaksimalkan profit di saham. 

2. Analisa saham

Trading saham dikatakan sebuah seni karena ada banyak sekali kombinasi analisa teknikal yang bisa anda gunakan. Yap, sebagai trader analisa teknikal ini adalah senjata utama yang harus anda gunakan. 

Mau tidak mau, untuk menghasilkan profit maksimal di saham anda harus belajar dan praktikkan analisa teknikal. Dan untuk trader saham, ada baiknya anda juga pelajari analisa fundamental sebagai pelengkap. Di pos ini: Perlukah Analisis Fundamental untuk Seorang Trader? Saya sudah jelaskan kegunaan trader memahami analisa fundamental. 

Di satu sisi, anda harus bisa menggunakan kombinasi analisis teknikal yang simpel & mudah untuk dipraktikkan. Gunakan analisa teknikal yang bisa menghasilkan profit dan nyaman untu anda. Jangan gunakan analisa teknikal yang rumit.
Profit maksimal dari trading justru dapat diraih jika anda mampu mengkombinasikan strategi analisa yang simpel, yang dapat dipraktikkan berulang kali, El Heze - sahamgain.com
Jika anda masih trader pemula, ada baiknya anda membaca pos berikut: Analisis Teknikal yang Akurat untuk Pemula, untuk memahami praktik2 analisa teknikal yang harus anda terapkan lebih dahulu step by step. 

3. Screening saham

Selain paham cara menganalisa saham, anda harus bisa memilih saham2 apa saja yang paling layak untuk ditradingkan.  

Screening saham merupakan analisa untuk memilih saham-saham apa saja yang layak ditradingkan dan tidak layak ditradingkan, supaya anda bisa mendapatkan STOCK PICK saham berkualitas. 

Cara melakukan screening saham, sudah kita bahas bersama praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus.

Mengapa screening saham diperlukan oleh setiap trader? 

Pertama, tidak semua saham punya kualitas yang sama. Kalau anda tidak melakukan screening saham, anda berpotensi memilih saham-saham yang salah, yaitu membeli saham2 yang kualitasnya jelek, yang pergerakannya kurang menguntungkan buat trading.  

Kedua, saham di Bursa Efek sangat banyak. Anda tidak mungkin melihat semua saham di Bursa Efek selama jam trading dan tenaga anda yang terbatas. Belum lagi kalau anda bekerja. 

Dengan melakukan screening saham, anda bisa memilih beberapa saham saja yang paling berkualitas untuk ditradingkan, sehingga dari situlah anda bisa lebih fokus untuk watchlist beberapa saham yang pola dan teknikalnya paling baik. 

4. Momentum / analisa market

Menganalisa dan melihat pergerakan market juga sangat berguna bagi anda untuk menentukan strategi trading, dan time frame yang tepat. Sebagai contoh, kalau kondisi market sedang jelek (IHSG turun terus), maka menyimpan saham untuk jangka waktu seminggu-sebulan akan kurang efektif. 

Karena saat saham2 pada turun, kenaikan saham tidak bertahan lama. Maka dalam kondisi IHSG bearish, trading cepat (hit and run) lebih bagus untuk diterapkan. 

Tapi kalau market sedang strong bullish, menyimpan saham untuk waktu lebih lama (diatas 1 minggu) akan menghasilkan profit lebih maksimal. 

Di pos ini: Analisis Saham: Swing Trading atau Trading Harian? Kita juga sudah membahas tentang analisa market untuk menerapkan strategi trading yang paling pas. Anda bisa pelajari kembali. 

Sebagai trader saham, anda juga harus peka melihat kondisi market, melihat sentimen dan berita2 yang bisa mempengaruhi kondisi pasar saham selain menganalisa saham2 secara spesifik. 

Empat hal utama inilah yang harus anda terapkan di dalam trading, agar anda dapat memaksimalkan profit trading saham. Keempat hal ini seringkali dilupakan oleh trader, padahal tanpa mempraktikkannya, hasil trading tidak akan maksimal. 

Hal-hal penting lainnya yang perlu anda praktikkan juga adalah mengatur manajemen modal dan menyusun trading plan yang baik (actually melakukan screening saham dan menentukan strategi trading juga merupakan bagian dari trading plan). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.