Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Profit dari Day Trading Saham

El Heze
Day trading saham, sesuai namanya berarti anda melakukan aktivitas trading harian, dengan cara membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai batas 3-4 harian trading. Day trading merupakan strategi trading pendek, dan strategi ini cocok untuk anda yang ingin merealisasikan capital gain dalam waktu yang lebih singkat. Pelajari juga: 2 Strategi Trading Cepat: Intraday & Scalping Trading.




Banyak anggapan bahwa day trading itu identik dengan gambling dan risikonya terlalu besar. Di satu sisi, tidak sedikit juga rekan-rekan trader yang ingin menerapkan strategi day trading. 

Day trading tentu adalah strategi trading yang menguntungkan, namun anda harus memahami strategi2 agar anda bisa mendapatkan profit maksimal dari day trading saham. Berikut strategi yang harus anda terapkan supaya anda bisa memaksimalkan profit dari day trading: 

1. Day trading dilakukan dengan kombinasi analisis teknikal dan analisa tape reading 

Di dalam day trading, ada baiknya anda mencari saham2 yang dengan kriteria: 

- Likuid dan memiliki fluktuatif harga yang bagus 
- Mudah naik dalam jangka waktu harian
- Mudah dianalisa pergerakan dan polanya
- Saham yang punya persentase kenaikan cepat dan wajar 

Saham-saham seperti kriteria diatas merupakan saham2 yang menguntungkan untuk seorang day trading. Untuk mencari saham2 tersebut, anda harus menggunakan ANALISIS TEKNIKAL dan kombinasi ANALISA TAPE READING (Analisis bid-offer).

Yup, analisa tape reading dapat memberikan arah kecenderungan bullish dan bearishnya saham2 yang likuid dalam jangka waktu pendek. Oleh karena itu, dalam day trading, anda harus melakukan pemilihan dan analisa saham yang tepat.  

Anda bisa pelajari full praktik memilih saham untuk day trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

2. Pahami momentum yang bagus untuk day trading 

Day trading dapat menghasilkan profit maksimal apabila anda memahami momentum2 yang bagus untuk trading. Anda bisa memanfaatkan kondisi market:

- Technical rebound setelah koreksi
- Rebound kencang di tengah market strong bearish
- Kondisi market sideways
- Kondisi market fluktuatif 

Kondisi2 tersebut bisa anda manfaatkan untuk meraih profit harian dari saham2 yang pergerakannya bagus dan likuid. Sebagai contoh, saya pernah mentradingkan saham BBRI (untuk day trading), di saat pasar rebound kencang setelah IHSG koreksi tajam. 



Penulis membeli BBRI di harga rata-rata 2.790 dan jual di 3.330, dalam waktu kurang dari seminggu. Net profit BBRI sekitar 18,83%.. Jadi jika anda memilih saham2 yang analisa teknikal dan polanya bagus, serta momentum market tepat, maka anda pasti bisa meraih profit dari day trading. 

3. Day trading lebih mementingkan kualitas analisa, dibandingkan frekuensi 

Banyak trader yang salah menerapkan day trading, yang membuat trader tidak bisa memperoleh profit maksimal. Mayoritas trader yang ingin dapat untung dari trading harian, cenderung beli jual saham dengan frekuensi yang sangat sering, dengan harapan dapat untung setiap hari. 

Strategi ini sangat tidak tepat. Profit dari day trading dihasilkan melalui kualitas analisa yang anda lakukan. Memang day trading memiliki frekuensi beli-jual saham yang lebih banyak dibandingkan strategi trading mingguan atau bulanan. 

Tetapi bukan berarti untuk dapat profit dari day trading anda harus trading tiap saat. Seperti yang saya paparkan di dua poin sebelumnya, mencari saham untuk intraday trading dilakukan menggunakan analisis (analisa teknikal dan tape reading), serta momentum market. 

Itu artinya, kualitas analisa harus anda utamakan dibandingkan kuantitas trading. Jadi katakanlah di hari itu anda belum menemukan saham yang bagus untuk day trading, maka anda tidak perlu memaksakan untuk trading. 

Tradinglah ketika momentum market sudah bagus, ketika analisis teknikal menunjukkan saham-saham pilihan anda sudah layak untuk dibeli / ditradingkan. 

Kualitas analisa yang anda lakukan untuk day trading akan menghasilkan profit lebih maksimal dibandingkan anda melakukan day trading setiap saat. Dengan memaksimalkan kualitas analisa, anda akan menghindari gambling dalam trading. 

Jadi melalui pos ini, saya pribadi berharap agar anda bisa melakukan day trading dengan cara yang benar dan tepat. Intinya, semua strategi trading bisa menjadi judi dan berisiko apabila anda tidak memahami cara menganalisa saham dengan benar. 

Sebaliknya, strategi trading apapun itu, bisa menghasilkan profit untuk anda selama anda mengutamakan kualitas analisa. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.