Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Konsisten Trading Harian Saham

El Heze
"Bung Heze, saya ingin jadi trader harian? Apakah bisa saya profit konsisten dari trading harian, dengan asumsi setiap hari saya cuma ambil untung 1% saja?"



Beberapa waktu lalu saya dapat pertanyaan dari trader... Yap, seperti pertanyaan diatas. Dan mungkin pertanyaan ini juga mewakili pertanyaan2 anda yang ingin bisa untung konsisten dari intraday trading tanpa menetapkan target profit yang muluk-muluk (terlalu gede & tidak realistis).  

[Full praktik cara memilih saham-saham bagus untuk intraday trading, analisa tape reading dan analisa-analisa simpel buat trading harian, bisa anda pelajari full strateginya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham].

Trading harian (intraday trading) bisa membuat anda meraih profit konsisten. Saya pribadi juga mempraktikkan analisa-analisa intraday trading, dan juga sudah banyak saya bahas di web Saham Gain ini, termasuk full praktik intraday trading yang bisa anda terapkan langsung dalam trading real time disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Namun untuk dapat profit konsisten dari trading harianbukan berarti anda harus trading setiap hari. Trading setiap hari tidak akan membuat anda meraih profit maksimal, apalagi profit konsisten.

"Kok bisa Pak Heze? Tapi saya kan cuma incar untung 1% aja tiap hari. Masa nggak ada saham yang bisa naik 1% aja tiap hari?" Kata anda. 

Masalahnya, tidak setiap saat kondisi market bagus. Tidak setiap hari saham-saham harganya bagus. Kalau kondisi saham sedang banyak yang turun, jangankan anda mengincar untung 1%, saham yang anda beli bisa saja langsung turun. 

Selain itu, jika anda ingin profit konsisten trading harian, dengan cara beli jual saham tiap hari, psikologis anda akan sangat terbebani oleh kewajiban untuk harus melakukan trading dan mendapatkan profit yang anda incar / harapkan. 

Yang terjadi? 

Justru bukan profit konsisten yang anda dapatkan, tetapi rugi dan banyak saham nyangkut. Di pos ini, saya ingin sedikit meluruskan pandangan trader mengenai makna "Profit dari trading harian"... 

Yang dimaksud dengan profit konsisten adalah profit yang bisa anda dapatkan dari trading harian dengan analisa yang matang, serta KERUGIAN yang SANGAT KECIL. Jadi profit konsisten trading harian itu bukan mengacu pada trading setiap hari dan untung tiap saat.

Esensi trading harian lebih menekankan kepada analisa-analisa, kemampuan anda memilih saham yang konsisten untuk intraday trading, sehingga dari situlah anda bisa mendapatkan profit dengan cara yang benar, bukan gambling. Dan jangan sampai trading harian membuat psikologis trading anda terganggu.

Sama seperti strategi trading lainnya, trading harian membutuhkan analisa, pertimbangan, memilih saham yang tepat. Jangan sampai trading harian justru menjadi sarana gambling untuk trader. 

Sebagai tambahan, berikut beberapa hal penting yang harus anda terapkan untuk yang ingin mendapatkan profit dari trading harian: 

1. Analisa teknikal & analisa tape reading 

Memilih saham untuk trading harian dilakukan dengan dasar analisa. Analisa yang digunakan untuk trading harian tidaklah rumit, yaitu analisa teknikal dan kombinasi tape reading (bid offer). Baca juga: Teknik Profit Trading Harian & Trading Cepat. 

2. Kualitas saham yang anda tradingkan 

Anda harus mentradingkan saham-saham yang kualitasnya bagus, dalam arti pilihlah saham2 yang mudah dianalisa, fluktuatifnya bagus, pergerakannya lebih stabil, sehingga anda bisa meraih profit dengan persentase yang lebih stabil dan konsisten, dibandingkan jika anda membeli saham2 gorengan. 

3. Analisa market

Analisa market / pasar saham global juga perlu anda perhatikan untuk melihat momentum yang pas untuk trading harian. Hal ini karena tidak setiap saat market bagus untuk trading harian. 

Artinya, kalau belum ada saham yang bagus untuk ditradingkan pakai strategi intraday trading, anda nggak perlu memaksakan untuk trading di hari itu. Ingat, bahwa wait and see juga merupakan keputusan yang bagus (trading bukan hanya soal beli dan jual, tapi soal momentum dan timing). 

Gunakan analisa-analisa diatas (mulai dari analisa teknikal, memilih saham, hingga analisa market) untuk memilih saham-saham yang bagus untuk memaksimalkan profit dari trading harian. 

KOMBINASI TRADING HARIAN & SWING TRADING

Sebagai trader saham, anda bisa pertimbangkan juga untuk melakukan kombinasi portofolio. Anda bisa mengalokasikan beberapa persen modal anda untuk trading harian, dan sisanya untuk swing trading. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Sehingga, anda punya saham-saham yang bisa ditradingkan untuk harian, dan ada saham2 yang bisa anda simpan untuk jangka waktu sedikit lebih lama. Semua kembali lagi ke preferensi anda masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.