Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Laporan Keuangan Perusahaan

El Heze
Kalau anda ingin melakukan analisa fundamental saham, maka analisis laporan keuangan merupakan salah satu analisa utama yang harus anda lakukan. Baca juga: Analisis Laporan Keuangan untuk Investasi Saham. 



Agar anda bisa menganalisa laporan keuangan perusahaan2 go public di Bursa Efek, maka anda harus download laporan keuangannya terlebih dahulu (dalam format file PDF). Nah, bagaimana cara mencari laporan keuangan perusahaan

[Pelajari juga praktik-praktik analisis fundamental, dan analisa laporan keuangan untuk investasi saham jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Full Praktik].

Di pos ini kita akan membahas cara mencari laporan keuangan perusahaan dengan mudah, sehingga bisa anda gunakan untuk kepentingan analisa fundamental. Ada dua cara mencari laporan perusahaanyang bisa anda terapkan, yaitu melalui pencarian Google dan mencari laporan keuangan di situs IDX

MENCARI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MELALUI GOOGLE

Cara mencari laporan keuangan bisa anda lakukan melalui Google.com. Buka situs Google, dan kemudian cari laporan keuangan yang ingin anda buka. Ketikkan kata kunci yang spesifik. 

Sebagai contoh jika anda mencari laporan keuangan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) untuk dianalisa, maka anda bisa ketikkan seperti ini di Google: "Laporan keuangan astra agro lestari" atau ketikkan yang lebih spesifik untuk tahun yang anda cari misalnya: "Laporan keuangan astra agro lestari". Maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Cara mencari laporan keuangan perusahaan - situs Google
Biasanya anda akan langsung diarahkan ke situs resmi perusahaan (tanda lingkaran), di mana setiap perusahaan go public pasti memiliki website perusahaan dan pada web tersebut akan diuplad laporan2 keuangan terbaru. Anda bisa langsung klik website perusahaan yang ingin anda cari laporannya. Setelah itu, anda akan langsung masuk ke web AALI tampilannya sebagai berikut: 


Di situs perusahaan tersebut anda bisa download laporan keuangan tahunan sesuai dengan tahun yang anda cari / anda ingin analisa. Di web perusahaan, tersedia data-data laporan tahunan historis selama beberapa tahun kebelakang. 

Nah, kalau anda ingin mencari laporan keuangan kuartalan (kuartal I, II, III), anda bisa mencarinya juga melalui web perusahaan tersebut. Anda bisa cari di menu laporan keuangan, laporan kuartal, atau informasi keuangan (setiap web bisa berbeda menunya, anda tinggal mencari di web perusahaan masing2 yang memuat kata kunci tersebut). 

Pada web AALI misalnya, anda bisa mencari laporan kuartal pada menu Hubungan Investor --> Informasi Keuangan, disitu anda bisa download laporan-laporan kuartal perusahaan. Bisa anda lihat contohnya seperti berikut: 


 MENCARI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MELALUI IDX.CO.ID 


Cara lain, anda bisa mencari laporan keuangan perusahaan melalui situs www.idx.co.id. Berikut langkah-langkah mencari laporan keuangan perusahan di IDX

1. Buka situs Idx.co.id 

2. Masuk menu Perusahaan Tercatat--> Laporan Keuangan dan Tahunan. Tampilannya sebagai berikut: 
Cara mencari laporan keuangan IDX
3. Setelah itu muncul tampilan menu berikut: 

Pada menu tersebut, anda bisa mencari laporan keuangan yang ingin anda analisa perusahaannya. Hal-hal yang perlu anda perhatikan: 


Jenis Laporan --> Pilih laporan keuangan atau laporan tahunan. Laporan tahunan berisi lebih banyak deskripsi tentang ikhtisar keuangan, tata kelola, CSR, kegiatan2 perusahaan dan lain2. 

Jenis Efek --> Pilih Saham

Kode / Nama Perusahaan --> Ketikkan perusahaan yang ingin anda cari perusahaannya. Anda bisa mencari lebih dari satu perusahaan, misalnya anda ingin mencari beberapa laporan keuangan sekaligus untuk perusahaan di sektor sejenis seperti BBRI dan BBCA, anda tinggal ketikkan kode saham / nama perusahaannya. 

Tahun --> Pilih tahun laporan keuangan yang ingin anda ambil dan analisa laporan keuangannya.

Periode --> Anda bisa pilih laporan Tahunan (1 tahun) atau kuartal 1, 2 atau 3. 

Kemudian klik 'Cari'. Dan muncul tampilan laporan keuangan perusahaan dalam bentuk file PDF seperti berikut ini: 


Anda bisa download laporan-laporan keuangan yang ingin anda analisa perusahaannya, dan nanti file-nya dalam bentuk file PDF. 

Itulah cara mencari laporan keuangan perusahaan. Gunakan cara-cara diatas, supaya anda bisa mendapatkan laporan keuangan perusahaan yang valid, sehingga analisa fundamental anda lebih akurat.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.