Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membaca Sinyal Candlestick Saham

Di beberapa tulisan saya sebelumnya, yang bisa anda pelajari lagi disini: Analisis Teknikal Saham Candlestick dan Analisis Harga Saham: Open, High, Low, Close. Candlestick saham merupakan bagian utama dari analisa teknikal yang dapat anda gunakan untuk membaca sinyal bullish-bearish suatu saham, sehingga analisa candlestick dapat memberikan profit untuk trader saham.




Jadi candlestick bukan hanya sekedar anda melihat harga Open, High, Low dan Close. Akan tetapi candlestick bisa menjadi sinyal untuk mengambil keputusan trading, dan candlestick juga bisa anda kombinasikan dengan analisa indikator dan analisa teknikal klasik lainnya. 

Ada beberapa praktik dan strategi yang bisa anda lakukan, agar anda dapat membaca sinyal candlestick saham.  

1. Melalui pola candlestick 

Candlestick memiliki pola-pola yang bisa mengindikasikan sinyal bullish dan bearish saham dalam jangka pendek. Ada pola doji, hammer, bullish harami, evening doji star, bearish engulfing dan lain-lain. Pola-pola candlestick yang muncul ini bisa memberikan petunjuk pada anda, mengenai kecenderungan dan psikologi / keinginan market dalam jangka pendek. 

Sehingga, dengan adanya pola-pola tersebut, anda bisa mengambil keputusan buy, sell atau wait and see terlebih dahulu.  


Anda bisa pelajari strategi-strategi simpel, efektif dan mudah diterapkan agar anda bisa meraih profit dari candlestick disini: Belajar Candlestick Saham: Profit dari Candlestick. 

Di web Saham Gain, anda bisa membaca beberapa ulasan saham candlestick yang pernah saya ulas disini: Pola Bullish Harami Saham UNTR, Pola Harga Saham ANTM: Doji dan Support Berulang, Pola Doji pada Saham KRAS. Anda bisa pelajari kembali. 

2. Kombinasi chart pattern

Candlestick yang terbentuk di grafik saham pada time frame tertentu, bisa membentuk suatu pola (pattern), di mana pola-pola tersebut dapat menggambarkan kecenderungan arah tren harga saham, apakah saham akan memulai tren bullish (bullish reversal) atau berbalik arah menjadi bearish (bearish reversal). 

Yap, di dalam analisa teknikal kita mengenal pola-pola tersebut sebagai CHART PATTERN. Anda bisa pelajari tentang chart pattern lengkap disini: Belajar Chart Pattern & Praktik Trading.   

Chart pattern termasuk dalam analisa teknikal klasik dan memiliki subjektivitas dalam menentukan pattern tertentu, namun dalam praktikknya, analisa chart pattern sangat penting untuk trader saham, karena chart pattern yang terbentuk dari kumpulan candlestick, sesungguhnya merupakan gambaran dari psikologis market. 

Psikologis market menunjukkan keinginan pelaku pasar untuk menaikkan atau menurunkan harga saham. Hal ini dapat terlihat dari pattern-pattern yang ada di dalam chart, yang terbentuk dari candlestick-candlestick selama time frame tertentu.  

Anda bisa pelajari beberapa contoh chart pattern pada ulasan-ulasan saham yang pernah saya tulis di Saham Gain: Pola Double Top Saham UNTRSell BNGA: Saham BNGA Membentuk Double Top dan Doji, Saham PTRO Membentuk Pola Head and Shoulder

3. Kombinasi Support resisten

Candlestick dapat anda gunakan sebagai dasar untuk menentukan titik support dan resisten suatu saham. Di pos ini: Analisis Harga Saham: Open, High, Low, Closekita sudah membahas komponen-komponen harga pada candlestick yang dapat anda gunakan untuk menganalisa titik-titik harga penting di dalam suatu chart. 

Bahkan lebih jauh lagi, dengan candlestick, anda bisa melihat titik2 support resisten penting untuk acuan trading.  

Anda bisa pelajari kombinasi candlestick, chart pattern dan support resisten untuk trading disini: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten, dan Full Praktik Membaca Saham yang Akan Turun. 

Jadi untuk memahami lebih banyak praktik candlestick dalam trading, anda bisa mempelajarinya melalui pola-pola candlestick, analisa chart pattern dan mengkombinasikan dengan analisa support resisten. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.