Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis IHSG: Cara Analisis IHSG Hari Ini

El Heze
Menganalisis pergerakan IHSG adalah salah satu analisa yang perlu anda lakukan sebelum memutuskan trading saham. Khususnya kalau anda selalu mentradingkan saham-saham yang pergerakannya cenderung mengikut IHSG, maka anda juga harus peka terhadap kondisi IHSG. 




Walaupun analisa IHSG bukan analisa utama untuk trading (karena di dalam trading yang harus anda lakukan adalah menganalisa saham-saham spesifik), akan tetapi dengan menganalisis IHSG secara garis besar, hal ini bisa menjadi dasar untuk trading di hari itu: Apakah anda akan langsung membeli saham, membeli bertahap, atau wait and see saja? 

Banyak rekan-rekan trader yang bertanya pada saya: Bagaimana Pak Heze cara melakukan analisis IHSG? Apakah analisis IHSG itu sama dengan cara menganalisis saham? Ada beberapa cara menganalisis IHSG, agar anda bisa melihat potensi pergerakan IHSG hari ini.. Berikut cara-cara menganalisis IHSG: 

1. Analisis teknikal IHSG

Anda bisa menganalisis IHSG dengan cara melakukan analisis teknikalnya (analisa chart IHSG). Caranya sebenarnya sama seperti anda melakukan analisis teknikal pada saham-saham spesifik. 

Anda bisa memprediksi IHSG dengan menentukan titik support dan resisten yang terdekat dengan IHSG saat ini. Sebagai contoh, perhatikan chart IHSG berikut:   


Analisis IHSG hari ini
Untuk menganalisa IHSG, anda bisa melihat potensi IHSG turun dari support-suport yang terdekat. Sebagai contoh, pada IHSG diatas, IHSG berada di posisi 4.466. Jika IHSG turun, IHSG berpotensi menuju support terdekat di 4.327 (lingkaran pertama). 

Namun jika IHSG turun lagi, IHSG berpotensi ke 3.957 (lingkaran kedua). 3.957 adalah titik terendah IHSG selama 6 bulan. Kalau IHSG ternyata jebol dari 3.957, maka IHSG berpotensi melanjutkan penurunan, karena IHSG jatuh dari titik terendahnya. 

Nah, dalam kondisi tersebut, anda bisa lebih aware untuk menahan diri membeli saham dalam jumlah besar, karena kalau IHSG bearish, hal ini akan berdampak pada mayoritas saham juga. 

2. Lihat market luar negeri 

Memprediksi IHSG akan naik atau turun hari ini, bisa anda lihat dengan kondisi market luar negeri khususnya pasar saham Amerika Serikat (AS) yaitu indeks Dow Jones, Nasdaq dan SP500. 

Indeks saham AS biasanya menjadi acuan pergerakan indeks saham dunia, termasuk Indonesia (IHSG). Apabila indeks AS semalam ditutup melemah, apalagi jika koreksi signifikan, maka kemungkinan besar hal ini akan memberikan dampak pada IHSG.. Yup, IHSG juga akan berpotensi turun pada hari ini mengikuti pelemahan indeks AS. 

Demikian sebaliknya, kalau indeks saham AS semalam ditutup menguat, maka IHSG juga memiliki potensi naik / rebound pada pagi harinya. 


Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Saya pernah menuliskan analisa antara indeks AS dengan pergerakan IHSG disini: Analisa Market: Indeks Dow Jones, S&P500, Nasdaq. Anda bisa pelajari untuk menambah analisa anda mengenai IHSG. 

3. Sentimen & berita yang terjadi saat itu

Pergerakan naik turunnya IHSG sangat dipengaruhi oleh sentimen-sentimen dan berita yang terjadi. Sentimen negatif (seperti pertumbuhan ekonomi melambat, politik memanas, perang dagang, laba mayoritas emiten turun), membuat IHSG juga berpotensi downtrend. 

Sebaliknya sentimen2 positif dapat berpotensi untuk mendongkrak IHSG. Jadi kalau saat itu ada banyak sentimen negatif, anda harus mengurangi aktivitas trading atau belilah saham secara bertahap... 

Pada saat banyak sentimen negatif, maka IHSG di hari ini juga berpotensi turun, dan sebaliknya. Anda bisa membaca berita-berita yang terkait ekonomi, politik, berita-berita dunia, di mana berita dan sentimen2 yang terjadi di market akan sangat mempengaruhi IHSG jangka pendek. 

Itulah cara menganalisis IHSG. Kalau anda ingin memprediksi analisis IHSG hari ini bakalan seperti apa, anda bisa melakukan analisa-analisa dengan ketiga cara yang sudah kita bahas diatas tadi. 

Dan tentunya, dengan analisis IHSG, anda akan lebih peka terhadap pergerakan market, sehingga dengan melihat kondisi market, anda dapat mengambil keputusan trading dengan pertimbangan yang lebih matang. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.