Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Menentukan Saham yang Bagus Dibeli Hari Ini

El Heze
"Pak bagaimana cara menentukan saham yang bagus dibeli hari ini? Bagaimana caranya kita memilih beberapa saham saja dari sekian banyak saham yang bergerak di hari itu?" 

Pertanyaan diatas saya copas dari salah seorang rekan trader yang pernah bertanya ke melalui email suksesbelajarsaham@gmail.com. Intinya, trader bertanya mengenai bagaimana cara menentukan saham2 yang bagus untuk dibeli hari ini dari sekian banyak saham yang ada di Bursa Efek. 

Di dalam praktikknya, karena banyak trader yang seolah kehilangan arah saat menghadapi market, akhirnya tidak sedikit trader yang membeli saham dengan mengandalkan rekomendasi dari grup premium, analis2 saham atau saran2 trader lain tanpa menganalisa terlebih dahulu. 

Tidak ada salahnya anda belajar dari banyak sumber, tetapi di dalam membeli saham, anda harus bisa menentukan sendiri saham yang bagus berdasarkan analisis yang sesuai dengan karakter anda. 

Jadi untuk menentukan saham yang bagus dibeli hari ini, anda harus memahami dan mempraktikkan poin-poin berikut: 

1. Pasar saham tidak selalu bagus di hari itu

Banyak anggapan bahwa mencari saham untuk hari ini berarti anda harus menemukan saham yang bagus di hari tersebut saat pasar saham sedang berjalan. Ketahuilah bahwa kondisi pasar saham itu tidak selalu bagus di hari tersebut. 

Kalau kondisi pasar saham saat itu sedang bearish dan banyak saham yang turun, sehingga anda tidak menemukan alasan yang layak untuk membeli saham, maka tidak ada salahnya jiak anda tidak membeli saham di hari tersebut. 

Jangan 'tertipu' dengan kalimat: "mencari saham bagus hari ini", maka anda beranggapan bahwa hari ini adalah kewajiban untuk membeli setidaknya satu saham. 

Untuk menemukan saham yang bagus, anda harus menggunakan analisis teknikal dan ANALISA MARKET. Pelajari juga strategi2 analisis teknikal yang pernah saya bahas dan praktikkan disini: Analisis Teknikal Saham Full Praktik.

Selain itu, analisa market juga perlu anda perhatikan untuk memilih saham yang bagus dibeli. Kondisi market yang sedang bullish atau rebound, cenderung lebih memudahkan trader untuk memilih saham2 yang harganya sudah murah. Sedangkan kondisi market yang bearish, ada baiknya anda lebih banyak menahan diri untuk trading. 

Di web Saham Gain, kita sudah banyak membahas cara-cara menganalisa market. Salah satunya, sering saya ulas pada halaman: Rekomendasi Saham.  

2. Lakukan screening saham 

Screening saham adalah cara yang harus anda lakukan supaya anda bisa menemukan saham yang bagus dibeli hari ini. Inilah yang bisa menjawab pertanyaan: "Gimana caranya memilih saham yang bagus hari ini dari sekian banyak saham di Bursa Efek?"

Dengan screening saham, anda bisa menyeleksi saham2 mana yang layak dibeli hari itu dan menghindari saham2 yang berisiko. Pelajari juga analisa dan cara-cara melakukan screening saham disini: Panduan Simpel & Efektif Menemukan Saham Bagus. 

Melakukan screening saham bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama cara manual. Kedua, menggunakan aplikasi screening. Anda bisa baca dan pelajari kembali tulisan saya disini: 2 Aplikasi Screening Saham. 

3. Saham bagus tidak selalu langsung naik di hari yang sama 

Walaupun anda membeli saham bagus di hari ini, namun sangat mungkin saham yang anda beli baru naik besok atau besok lusa, atau naik secara tren dalam 1-2 minggu kedepan. 

Jadi sebagai trader saham, jangan selalu berasumsi bahwa saham yang anda beli hari ini berarti harus naik hari ini. Oleh karena itu, supaya anda bisa menemukan saham apa yang layak dibeli dan punya potensi naik jangka pendek, anda harus melakukan analisis teknikal dan screening saham itu tadi. 

Menentukan saham yang bagus dibeli hari ini berarti anda harus mencari saham yang secara sinyal dan pola teknikal memiliki POTENSI NAIK dalam jangka pendek dan menguntungkan anda sebagai trader. Potensi naik dalam jangka pendek tidak harus naik di hari yang sama, tetapi bisa keesokan hari, 1 minggu, 1 bulan. 

Jadi jangan salah persepsi bahwa mencari saham yang bagus hari ini berarti anda harus menemukan saham yang benar2 bisa langsung melesat naik setelah dibeli. Selain itu, jangan pernah melupakan SCREENING SAHAM sebagai dasar dan strategi utama untuk menemukan saham-saham yang potensial untuk dibeli.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.