Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham-saham Dibawah 100 Rupiah

El Heze
Saham-saham yang harganya murah memang sangat menggiurkan untuk ditradingkan. Karena dengan modal yang relatif kecil, anda sudah bisa mendapatkan saham dengan lot yang cenderung lebih banyak. Saham yang harganya rendah, juga mudah dijangkau oleh trader bermodal kecil. 

Trader yang memiliki modal trading dibawah Rp1 juta sering memilih saham-saham yang harganya dibawah Rp100 karena sangat mudah untuk dibeli. Kalau anda ingin mencari saham2 yan harganya dibawah Ro100, di pasar saham, ada puluhan bahkan ratusan saham-saham dibawah 100 rupiah

Saya tentu tidak bisa menyebutkan satu per satu. Kalau anda ingin mengetahuinya, anda bisa lihat di menu software online trading anda. Berikut contoh saham-saham dibawah 100 rupiah yang saya ambil dari software trading: 

Saham-saham dibawah 100 Rupiah
Itu adalah contoh2 saham dibawah Rp100 termasuk waran. Tampilan diatas hanya saya tampilkan puluhan saham. Sebenarnya masih banyak lagi saham2 yang harganya dibawah Rp100 per saham. 

Kalau anda perhatikan saham-saham dibawah 100 rupiah, maka (hampir) semua saham yang harganya "murah" tersebut adalah saham-saham yang tidak likuid, sebagian besar hampir tidak ada transaksi trading, dan fluktuatif harga sahamnya terkadang tidak stabil (naik-turun puluhan persen dalam hitungan menit, kemudian harganya tidak bergerak lagi). 

Saham2 dibawah 100 biasanya banyak yang mulai mendekati harga terendahnya (Rp50 alias gocap). Jadi bisa anda bayangkan kalau anda membeli saham2 yang harganya dibawah Rp100 dan saham tersebut turun sampai gocap, lalu anda belum sempat menjual sahamnya. Maka anda tidak akan bisa menjual saham anda di pasar reguler (kecuali 

Dengan kata lain, mayoritas saham gocap adalah saham2 yang sangat rentan dipermainkan oleh bandar (saham gorengan). Pelajari juga: Kenali Saham Gorengan di Indonesia. Berdasarkan pengalaman saya, saham2 dibawah Rp100 harganya sangat berisiko, karena hal-hal yang sudah saya jelaskan diatas tadi. 

Walaupun demikian, saham-saham yang harganya dibawah Rp100 bukan berarti sama sekali tidak bisa ditradingkan. Kalau anda ingin mentradingkan saham2 tersebut, ada baiknya anda menggunakan strategi scalping. Anda bisa pelajari trik-trik scalping trading disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

Untuk saham2 yang harganya sangat murah secara nominal, saya sarankan untuk tidak menyimpannya dalam waktu lama (karena mayoritas sahamnya tidak stabil, dan punya potensi besar untuk turun ke gocap). 

Selain itu, tidak banyak saham dibawah Rp100 yang bagus untuk ditradingkan dengan scalping, karena banyak saham dibawah Rp100 yang tidak bergerak dan naik-turunnya tidak stabil, serta sulit dianalisa dengan teknikal (pergerakan historinya banyak yang tidak jelas). 

Nah untuk rekan-rekan trader yang ingin membeli saham murah, anda tidak perlu mencari saham-saham dibawah 100 Rupiah. Ada banyak saham yang harganya Rp1.000 atau sedikit diatas itu yang sudah bisa dijangkau dengan modal Rp1-3 juta. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.