Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham untuk Pemula

Trader saham pemula harus mampu mengembangkan modal modal menjadi profit. Katakanlah anda sekarang memiliki modal Rp5 juta untuk ditradingkan.

Sebagai trader, anda harus bisa menjaga agar modal Rp5 juta tersebut tidak habis, bahkan bisa berkembang menjadi profit yang maksimal. Namun tentu saja anda harus menggunakan strategi trading yang benar.  

Banyak trader pemula yang gagal mengembangkan modal karena ingin langsung mendapatkan profit, namun lupa menerapkan langkah-langkah awal trading yang benar.

Ada tiga strategi utama yang harus anda terapkan untuk mengembangkan profit bagi pemula. Berikut 3 strategi trading saham untuk pemula

1. Pilih saham yang mudah dianalisa dengan chart (teknikal) 

Analisis teknikal adalah analisis utama yang harus dipahami oleh semua level trader, terutama trader pemula. Jadi sebagai trader pemula, sebaiknya anda memprioritaskan dan screening saham2 yang mudah dibaca dengan analisa teknikal. 

Trader pemula butuh untuk mengetahui saham-saham yang bisa dianalisa dengan benar, sehingga trader bisa mengambil titik entry buy sell yang benar. Analisis teknikal adalah analisa yang dapat digunakan untuk membaca sinyal, titik-titik harga yang tepat untuk dibeli. 

Inilah pentingnya pemula memilih saham denan analisa teknikal, karena analisa teknikal dan chart saham dapat menggambarkan saham2 mana yang layak ditradingkan, dan saham2 yang tidak layak dibeli. 

Ingat bahwa tidak semua saham layak untuk ditradingkan. Ada banyak juga saham yang berisiko tinggi, yang berpotensi menjebak trader pemula. Pelajari juga: Panduan Simpel & Efektif Menemukan (Screening) Saham Bagus. 

Pelajari juga full praktik analisis teknikal dan strategi2 memilih saham yang akan naik, membaca saham2 diskon, membaca saham2 yang akan koreksi disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

2. Belajar meminimalkan risiko 

Selalu saya tekankan bahwa target utama trader saham pemula adalah: MEMINIMALKAN RISIKO, bukan mendapatkan profit sebesar mungkin. Pasar saham itu berisiko. Kalau anda tidak bisa meminimalkan risiko, jangan harap bisa mendapatkan profit konsisten. 

Meminimalkan risiko untuk pemula dilakukan dengan cara: Memilih saham-saham yang pergerakannya dan fluktuatifnya stabil & menghindari saham-saham gorengan. Kedua, menggunakan modal sekecil mungkin (baca poin nomor 3). 

Trader pemula saya sarankan untuk memilih saham-saham yang punya pergerakan bagus. Salah satunya adalah pilihlah saham yang mudah dianalisa dengan teknikal (poin pertama). 

Dan untuk trader pemula, hindari mentradingkan saham gorengan. Di dalam meminimalkan risiko, anda juga perlu memperhatikan diversifikasi saham. 

Untuk seorang pemula, sebaiknya anda membeli 1-3 saham terlebih dahulu. Jangan membeli terlalu banyak saham, karena semakin banyak saham yang anda beli, anda semakin sulit untuk memantau. 

Pilihlah 1-3 saham yang punya analisa teknikal & sinyal trading yang bagus, dan sebagai langkah awal, prioritaskan untuk membeli saham-saham likuid saja di portofolio. 

3. Menggunakan modal kecil trading yang ideal 

Gunakan modal sekecil mungkin yang IDEAL. Maksudnya adalah, sebagai trader pemula anda sebaiknya menggunakan modal kecil, namun ideal (tidak terlalu kecil) agar anda tetap bisa memilih saham yang kualitasnya bagus dengan modal yang wajar. 

Saran saya, modal ideal untuk pemula adalah Rp1-3 juta. Jangan membeli saham dibawah modal tersebut, ataupun terlalu besar. Modal awal yang kecil ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengontrol risiko dalam trading.

Saya juga sudah pernah membahas tentang modal yang sebaiknya digunakan oleh trader pemula. Pelajari kembali disini: Modal Ideal Trading Saham.

Ketiga cara inilah yang saya pribadi lakukan ketika saya masih beberapa bulan menekuni dunia saham. 

Saya akui, walaupun dengan cara-cara tersebut saya tidak mendapatkan profit sebesar spekulan atau gambler, namun cara-cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan pengelolaan risiko yang baik dalam trading. Sehingga dampaknya, modal trading dalam jangka panjang bisa terus berkembang. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.