Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham TLKM: Analisis Teknikal & Ulasan

El Heze
Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) adalah salah satu saham blue chip di Indonesia yang memiliki likuiditas bagus dan TLKM ini juga salah satu saham yang cukup digemari trader. 

Saya pribadi sering mendapatkan pertanyaan rekan-rekan terkait prediksi saham TLKM atau pertanyaan2 tentang support-resisten TLKM. Melalui halaman: Rekomendasi Saham, saya juga sering mengulas saham TLKM. 

Kita semua tahu bahwa pergerakan saham itu ada masanya. Tidak ada saham yang naik terus. Tidak ada saham yang turun terus. Sebagus-bagusnya saham, pasti ada masa di mana saham tersebut mengalami perubahan tren yang drastis, entah karena market sedang turun, atau sahamnya jenuh beli. 

Saham TLKM merupakan salah satu saham yang pernah mengalami perubahan tren tersebut. Saham TLKM biasanya mampu rebound setelah menyentuh support kuatnya. Namun, tren TLKM berubah jadi tren turun lanjutan (downtrend). Anda bisa perhatikan chart TLKM berikut: 


Saham TLKM
Anda bisa perhatikan chart TLKM selama 6 bulan diatas. TLKM memiliki tren yang cenderung turun (downtrend). Hal ini juga bisa dibuktikan dengan saham TKM yang mulai turun dibawah MA200 (garis hijau). 

Di dalam tren turun, saham TLKM membentuk beberapa tren sideways, di mana TLKM mengalami fluktuatif harga yang cukup bagus untuk ditradingkan. Kalau kita perhatikan, TLKM biasanya selalu berhasil rebound dari support 3900 (tanda lingkaran). Baca juga: 3 Strategi Trading di Saham Sideways. 

Namun TLKM mengalami perubahan tren, di mana support kuat TLKM akhirnya jatuh. Ini artinya, support 3.900 tidak bisa dijadikan acuan trading lagi. Dengan adanya perubahan tren, anda harus menganalisa kembali chart suatu saham. 

Apa yang harus anda lakukan kalau saham yang biasa anda tradingkan telah mengalami perubahan tren? Saya pribadi biasanya melakukan hal-hal berikut: 

1. Perhatikan support krusial selanjutnya 

Anda bisa perhatikan support krusial selanjutnya yang bisa menjadi acuan untuk trading dan mengambil posisi. 

Pada saham TLKM diatas, selama chart 6 bulan, TLKM memiliki support terendah di 3.800 (tanda lingkaran). Artinya, ketika tren TLKM turun, TLKM ada potensi untuk menguji support 3.800. Pada chart diatas, support 3.800 juga menjadi support yang menjadi titik balik (rebound) TLKM. 

Apabila support krusial yang sekaligus menjadi support terendah ini jebol dan tidak bisa rebound, maka TLKM berpotensi turun lagi dibawah 3.800. 

Sebaliknya, jika TLKM berhasil rebound dari 3.800, maka anda bisa pertimbangkan untuk membeli saham TLKM secara bertahap diatas support 3.800. 

2. Strategi trading: Wait and see  

Jadi strategi trading saat suatu saham jebol dari support kuatnya adalah wait and see, sambil menunggu dan melihat arah support selanjutnya. 

Dalam kondisi saham yang sedang turun dan jatuh dari supportnya, ada baiknya jangan gegabah untuk membeli saham dalam jumlah besar. Wait and see dan tunggu konfirmasi saham sudah breakout. Tetap perhatikan juga kondisi market. 

Itulah ulasan saham TLKM yang tentunya bisa anda praktikkan juga untuk menganalisis saham-saham yang lain. 

Sebenarnya banyak juga saham yang mengalami perubahan tren seperti TLKM. Saya juga pernah bahas pola yang mirip yaitu saham ACES. Anda bisa pelajari disini: Analisis Teknikal: Saham ACES. 

Apa yang saya paparkan diatas ini adalah salah satu bagian dari analisa support-resisten manual. Anda bisa menggunakan bantuan indikator saham, candlestick dan chart pattern juga. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.