Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Berapa Besar Keuntungan dari Saham?

Baik di grup2 saham maupun pertanyaan2 privat yang sering saya terima, banyak sekali trader-trader pemula yang bertanya seperti ini: 

"Kalau beli saham, apakah bisa langsung dapat untung? Berapa untung saham per hari? Kalau sebulan bisa dapat untung berapa banyak dari saham?"

Jika ada rekan2 yang bertanya seperti itu, maka biasanya akan akan jawab: Profit saham tergantung dari pengalaman trading, jam terbang, jumlah modal yang digunakan dan seberapa pendalaman analisis saham yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Ketika saya menjawab demikian, banyak trader yang kemudian bertanya: "Apa itu analisis teknikal?" "Bagaimana cara membaca grafik?" "Dimana saya bisa belajar analisis saham tersebut?" 

Dari sini, banyak dari rekan-rekan yang ingin dapat profit di saham, ternyata sama sekali belum menguasai ilmu saham, yaitu cara-cara menganalisis saham itu sendiri. Banyak trader yang ingin segera dapat untung di saham tanpa memulai dengan langkah-langkah yang benar. 

Padahal sebelum anda bisa mendapatkan keuntungan di saham, anda harus bisa menganalisa dan mencari saham2 yang layak dibeli terlebih dahulu. Caranya ya anda harus mempelajari dan menguasai ANALISIS TEKNIKAL (untuk trading) dan ANALISIS FUNDAMENTAL (investasi). Artinya, anda harus praktik menguasai ilmu-ilmu yang dibutuhkan di saham sebelum anda berpikir tentang profit.

Anda bisa pelajari cara-cara dan praktik untuk mendapatkan profit dalam trading saham disini: Ebook Trading & Belajar Saham.  

Analoginya, kalau anda ingin bisa bermain basket, anda harus belajar main basket. Kalau anda ingin jago dan juara renang, anda harus berlatih renang secara konsisten. Kalau anda ingin juara lomba membaca puisi, anda harus melatih terus kemampuan anda membaca puisi, dan tampil di depan audience.

Jadi kalau anda ingin dapat untung di saham, anda harus belajar dan memahami analisis2 untuk memilih saham yang bagus. Tanpa langkah2 tersebut, jangan berharap anda bisa mendapatkan profit. 

Kesimpulannya, apabila anda sudah membuka rekening saham, maka setelah itu anda harus langsung perdalam ilmu: 

1. Analisa teknikal (charting) & manajemen modal
2. Analisa fundamental (laporan keuangan, sektoral dan lain2)
3. Pelajari pergerakan IHSG 

Kalau anda belum menguasai ilmu2 tersebut, saran saya, jangan pernah nekad untuk trading atau membeli saham apapun.

Sedangkan untuk anda yang ingin memulai belajar saham, anda bisa pelajari cara-cara membuka rekening sekuritas di free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

Di web Saham Gain, saya sudah pernah membahas juga langkah2 belajar saham yang perlu anda terapkan. Anda bisa pelajari lagi tulisan2 saya disini: Langkah-Langkah Belajar Saham Pemula dan Semua Materi Belajar Saham Pemula. 

Semoga pos ini bisa memberikan jawaban untuk anda yang bertanya berapa keuntungan dari saham. Bahwa keuntungan dari saham itu tentu akan bervariasi. Tapi kalau anda belum memahami ilmu analisa-analisa saham, pelajarilah terlebih dahulu sebelum anda memutuskan trading ataupun investasi. 




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.