Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

2 Pendapatan dari Saham

Kalau anda bekerja sebagai karyawan atau manajer di sebuah perusahaan, maka pendapatan utama yang akan anda terima berupa gaji. Kalau anda adalah seorang sales, pendapatan utama akan anda terima dari komisi. 

Nah, kalau anda seorang pebisnis saham (trader & investor), darimana pendapatan atau keuntungan yang akan anda terima? Ketika anda membeli saham, katakanlah saham perusahaan Indofood, keuntungan apa yang akan anda dapatkan? Kita akan bahas di pos ini. 

Ada 2 pendapatan dari saham yang akan anda terima jika anda melakukan aktivitas trading maupun investasi saham: 
Pendapatan dari saham
1. Capital gain 

Capital gain adalah selisih harga jual dengan harga beli saham dalam jangka pendek. Jika anda membeli saham Indofood di harga 8.000, kemudian anda menjualnyadi harga 8.100, maka anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp100 (dikalikan dengan 100 lembar saham dikali jumlah lot yang anda punya). 

Untuk lebih jelasnya anda bisa pelajari pos saya disini: Pengertian Capital Gain dan Capital Loss. Intinya, keuntungan di saham akan anda dapatkan dengan cara menjual saham di harga yang lebih tinggi dari harga beli awal anda. 

Capital gain adalah istilah yang mengacu pada keuntungan saham untuk trader jangka pendek. Karena capital gain adalah selisih harga jual - harga beli dengan cara memanfaatkan fluktuatif saham jangka pendek. 

Lalu, untuk investor saham, darimana keuntunganya? Untuk investor saham (menyimpan saham jangka panjang, diatas 1 tahun), maka keuntungan yang anda dapatkan bukan dari capital gain, namun dari kenaikan harga saham jangka panjang. 

Tapi intinya sama, keuntungan yang didapatkan oleh trader dan investor saham sama-sama berasal dari kenaikan harga saham itu sendiri. Hanya bedanya, trader mendapatkan keuntungan dari kenaikan fluktuatif harga saham jangka pendek alias capital gain. 

Sedangkan investor saham mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham jangka panjang, karena investor tidak sering menjual saham seperti trader. 

2. Dividen 

Dividen adalah pembagian keuntungan / laba perusahaan pada pemegang saham (investor). Dividen umumnya dibagikan sekali dalam setahun, namun ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen, karena laba yang diraih digunakan untuk ekspansi usaha. Perusahaan yang mengalami kerugian juga tidak membagikan dividen. 

Oleh karena itu, kalau anda ingin mendapatkan keuntungan berupa dividen, anda harus memilih perusahaan yang punya prospek baik, sehingga bisa membagikan dividen secara rutin pada anda. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen. 

Dividen adalah sarana untuk mendapatkan passive income dari saham. Karena dividen anda terima tanpa harus melakukan aktivitas beli jual saham secara aktif. 

Selama anda menyimpan saham perusahaan, dan tidak menjual sampai tanggal pembagian dividen, anda berhak untuk mendapatkan keuntungan dari dividen tersebut. Kalau anda belum tahu tentang dividen, anda bisa baca pos saya disini: Apa itu Dividen? 

Itulah dua pendapatan dari saham. Untuk anda yang sedang belajar saham, pelajarilah analisa-analisa saham supaya anda bisa mendapatkan keuntungan dari saham.  

Berapa besar pendapatan dari saham per bulan yang bisa anda raih? 

Banyak rekan-rekan trader yang bertanya: Berapa keuntungan saham per bulan? Berapa profit saham per hari? Apakah bisa untung tiap hari? 

Jawaban dari pertanyaan ini tentu sangat relatif. Semua tergantung dari: Strategi trading setiap orang, pengalaman trading, modal yang anda gunakan. Saya pernah membahasnya disini: Berapa Untung Saham per Bulan?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.