Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagus untuk Dibeli - Trading Saham

Ada banyak strategi trading saham yang bisa anda gunakan. Demikian juga dengan analisa teknikal. Ada banyak sekali variasi teknikal yang bisa anda manfaatkan dalam trading. 

Dibalik banyaknya variasi trading, anda harus paham saham2 apa saja yang layak untuk dibeli, sehingga analisa2 saham yang anda lakukan bisa menghasilkan profit yang lebih maksimal. Memilih saham yang bagus / layak, adalah bagian dari trading. 

Apa saja saham yang bagus untuk dibeli, khususnya untuk trading saham? Berikut beberapa tipe saham yang bagus untuk anda tradingkan:  

1. Saham yang mudah rebound

Dalam trading saham, anda mengincar keuntungan jangka pendek. Oleh karena itu, anda hendaknya memilih saham2 yang mudah rebound / naik setelah koreksi. Karena saham2 yang mudah rebound, bisa anda manfaatkan untuk mencetak profit jangka pendek. 

Anda bisa pelajari juga cara-cara mencari saham diskon secara teknikal disini: Cara Mencari Saham Diskon. Sebaliknya, kalau anda menemukan saham yang harganya turun terus, dan hanya mengalami sedikit rebound, anda harus pertimbangkan untuk trading.

Jadi kalau anda ingin mencetak profit jangka pendek, carilah saham2 yang harganya mudah naik setelah turun. Itu artinya, saham tersebut memiliki fluktuatif harga yang baik dan banyak diincar oleh trader saat harganya sudah terdiskon.  

2. Saham sideways yang punya pola baik 

Untuk trader jangka pendek yang mengincar buy-sell di area support resisten berulang, maka saham sideways adalah saham yang bagus untuk anda tradingkan. Namun, tidak semua saham sideways layak untuk trading. 

Anda perlu memilih saham2 sideways yang punya pola baik, sehingga anda bisa memanfaatkan untuk trading di area support resisten secara berulang. Di pos ini: 3 Strategi Trading pada Saham Sideways, saya sudah pernah menuliskan juga cara trading di saham2 sideways. Anda bisa pelajari kembali. 

3. Saham yang likuid 

Carilah saham2 yang cenderung likuid untuk trading. Yup, saham2 yang likuid ini umumnya memiliki pergerakan harga saham yang lebih baik dan stabil, sehingga risikonya lebih kecil, dan gain yang anda dapatkan lebih konsisten dibandingkan kalau anda membeli saham2 yang tidak likuid, dan spread bid-offernya renggang. Baca juga: Mengenal Spread Bid Offer di Pasar Saham. 

Saham2 likuid contohnya bisa anda lihat pada saham2 LQ45 atau saham2 IDX80. Namun banyak juga saham2 diluar indeks tersebut yang punya likuiditas cukup baik. Intinya, saham2 yang bid-offernya banyak dan fluktuatifnya wajar, itulah saham2 yang dapat anda cari untuk trading. 

4. Saham yang mudah dianalisa support-resistennya 

Tentu saja, saham2 yang bagus untuk trading adalah saham2 yang mudah anda analisis titik2 support dan resistennya. Sebab, dalam trading anda harus bisa membaca dan menginterpretasikan grafik saham. 

Salah satunya yaitu dengan menganalisis support resisten saham tersebut. Kalau saham tersebut punya support resisten yang jelas, maka anda bisa menjadikannya sebagai acuan trading, sehingga dalam trading, anda punya arah yang lebih baik. 

Anda bisa pelajari juga: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten. Support-resisten bisa menjadi acuan untuk buy dan sell di titik2 harga penting suatu saham.

Jadi saham yang bagus untuk dibeli adalah keempat tipe saham tersebut. Semakin anda pengalaman dalam trading, anda pasti bisa menentukan saham2 apa saja yang cocok dengan karakter anda. 

Dan satu hal lagi, untuk menemukan saham yang baik, anda harus melakukan screening saham / pemilihan saham yang layak. Tentang screening saham, anda bisa pelajari disini: Cara Melakukan Screening Saham Pilihan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.