Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Mengapa Dividen Saham Penting untuk Investor?

Mencari perusahaan yang bagus adalah bagian analisa utama sebelum anda memutuskan investasi saham. Dalam investasi, anda juga perlu mempertimbangkan DIVIDEN. 

Artinya, kalau anda ingin investasi, usahakan anda melakukan diversifikasi dengan memilih saham2 yang rutin membagikan dividen setiap tahun. Dividen adalah salah satu ukuran penting untuk menilai apakah perusahaan memiliki kinerja yang bagus dalam jangka panjang atau tidak. 

Ukuran2 dividen bisa dilihat melalui dividen per saham dan dividend yield. Kalau anda belum mengerti keduanya, anda bisa baca-baca kembali tulisan saya disini: Arti Dividend per Share dan Kegunaan Dividend Yield. 

Berikut beberapa analisa mengapa anda perlu mempertimbangkan untuk memilih perusahaan yang mampu bagi dividen: 

1. Dividen menunjukkan apakah perusahaan mampu mencetak laba

Meskipun tidak semua perusahaan yang mencetak laba pasti akan membagikan dividen, namun perusahaan yang bisa membagikan dividen secara konsisten menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mencetak laba bersih. 

Semakin besar dividen per saham yang dibagikan perusahaan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat menghasilkan laba bersih yang cenderung lebih besar dibandingkan emiten2 lain di sektor sejenis. 

Sebagai contoh, anda bisa perhatikan nilai dividend per share saham2 blue chip seperti UNVR, TLKM dibandingkan perusahaan2 di sektor sejenis. Emiten2 blue chip tersebut bisa memberikan dividend per share dalam jumlah yang jauh lebih besar, karena mereka juga unggul dalam hal size (perolehan laba, jumlah ekuitas, aset). 

2. Dividen sebagai pasif income 

Ketika anda memegang saham, dividen akan anda terima setiap tahun tanpa anda harus melakukan apapun. Ini artinya dividen dapat menjadi pasif income bagi investor. 

Apabila kondisi market masih kurang kondusif, terjadi resesi ekonomi, maka perusahaan yang bonafid akan tetap mampu memberikan dividen yang konsisten, sehingga dalam kondisi apapun, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham anda. 

3. Dividen mencerminkan konsistensi kinerja keuangan 

Kemampuan perusahaan dalam memberikan dividen (apalagi jika perusahaan mampu membagi dividen rutin setiap tahun), mencerminkan bahwa perusahaan memiliki konsistensi kinerja keuangan yang lebih baik..

Kemampuan membagikan dividen menunjukkan perusahaan mampu menghasilkan / mencetak laba bersih jangka panjang yang lebih konsisten. Karena dividen dibagikan dari laba bersih. Kalau perusahaan tidak mampu mencetak laba bersih, tentu saja perusahaan tidak akan bisa membagikan dividen pada pemegang saham. 

Jadi jika anda menemukan perusahaan yang tidak pernah membagikan dividen, atau dividennya sangat kecil dibandingkan perusahaan di sektor industri, anda harus analisa kinerja keuangannya, apakah perusahaan bisa mencetak laba jangka panjang yang konsisten (terutama dibandingkan sektor industrinya) atau tidak. 

4. Dividen mencerminkan komitmen perusahaan pada pemegang saham

Dalam investasi saham, anda juga perlu memperhatikan komitmen manajemen. Salah satu komitmen manajemen bisa ditunjukkan dari kesediaan perusahaan membagikan dividen pada investor. 

Dividen juga sebagai salah satu bentuk manajemen dalam memperhatikan dan memuaskan kepentingan pemegang saham.  

5. Mapan tidaknya suatu perusahaan 

Dividen per saham dan kekonsistenan dividen dapat menunjukkan mapan tidaknya perusahaan di sektor industrinya. Perusahaan yang bisa membagikan dividen besar dan konsisten, umumnya perusahaan tersebut sudah masuk dalam tahap yang lebih mature.

Perusahaan2 seperti ini biasanya sudah lama beroperasi dan bisa menjadi pemimpin di sektor industrinya, sehingga perusahaan juga memiliki kemampuan untuk memberikan dividen yang lebih tinggi. 

Kalau anda ingin investasi di perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang mapan, ukuran besar tidaknya dan konsistennya perusahaan dalam membagikan dividen patut anda perhatikan. 

Jadi, dalam investasi faktor dividen itu sangatlah penting untuk anda. Tapi perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua perusahaan yang rutin membagikan dividen layak untuk investasi. Mengapa demikian? Saya sudah pernah bahas disini: Investasi Saham karena Dividen? Anda bisa pelajari kembali. 

Sebagai pengecualian, kalau tujuan anda mengincar perusahaan2 growth, umumnya perusahaan2 tersebut memang masih belum membagikan dividen besar dan konsisten, karena perusahaan growth masih dalam tahap bertumbuh, sehingga modal yang ada lebih banyak digunakan untuk ekspansi usaha. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.