Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kapitalisasi Pasar Saham

El Heze
Kapitalisasi pasar (market cap) saham adalah istilah yang tidak asing bagi trader maupun investor. Kalau anda belajar saham, anda sedang baca2 berita tentang pasar saham, istilah kapitalisasi pasar ini sering muncul. 

Kapitalisasi pasar rumusnya adalah harga saham x jumlah saham beredar. Anda tidak perlu menghitung berapa market cap suatu saham, karena data market cap sudah tersedia di situs www.idx.co.id. Anda juga bisa mencari market cap di situs IDN Financials. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Data Jumlah Saham Beredar dan Kapitalisasi Pasar dan Jenis Saham Berdasarkan Nilai Kapitalisasi Pasar. 

Lalu apa gunanya kapitalisasi pasar untuk anda? Kapitalisasi pasar bisa menunjukkan likuid tidaknya suatu saham. Semakin besar kapitalisasi pasar, saham biasanya akan cenderung lebih likuid (banyak peminat), demikian sebaliknya. 

Hal ini karena  salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya market cap adalah jumlah saham beredar. Kalau jumlah saham beredar yang dilepas perusahaan ke publik hanya sedikit, market cap umumnya akan cenderung lebih kecil. 

Artinya, dengan jumlah saham beredar yang kecil, jumlah saham yang bisa ditradingkan publik akan sangat terbatas. Itulah mengapa saham2 yang kapitalisasi pasarnya kecil, bid-offernya sangat tipis, dan banyak dari saham2 tersebut biasanya tidak banyak bergerak. 

Sekarang coba perhatikan kapitalisasi pasar beberapa saham di sektor consumer goods berikut ini: 
Kapitalisasi pasar
Anda bisa perhatikan perbandingan market cap saham2 consumer goods diatas. Ada yang market cap nya besar / tinggi seperti INDF, ICBP, MYOR.. Tapi ada juga saham2 yang market cap-nya sangat kecil, seperti PSDN, PCAR, PANI dan lain2 (lihat tanda persegi hijau), bandingkan dengan market cap INDF, MYOR, ICBP misalnya. 

Dan kalau anda sekarang lagi mengamati bid-offer saham, coba perhatikan bid-offer saham2 tersebut. Saham2 yang saya tuliskan tadi dengan market cap sangat kecil memiliki bid-offer sangat tipis, bahkan banyak saham2 tersebut tidak tidak bergerak. 

Untuk seorang trader, kapitalisasi pasar ini penting. Khususnya anda yang suka trading di saham2 likuid, maka anda harus lebih mewaspadai saham2 yang market capnya sangat kecil dan tidak likuid. 

Sedangkan untuk investor, besar kecilnya market cap ini juga penting sebagai acuan untuk diversifikasi. Kalau ada perusahaan yang fundamentalnya cemerlang, harga belum bergerak, tapi market cap-nya sangat kecil, anda bisa membeli saham secara bertahap, supaya anda tetap bisa menyimpan saham dengan tenang dan anda punya modal untuk averaging up kalau saham tersebut naik dalam waktu tertentu.

Saya juga sering dapat pertanyaan dari rekan2 terkait beberapa saham IPO yang harganya tidak bergerak dan bid-offernya tipis. Ternyata setelah saya cek market cap-nya, mayoitas saham IPO punya market cap cenderung sangat kecil / rendah dibandingkan perusahaan di sektor sejenisnya.

Tidak ada patokan secara khusus untuk melihat market cap yang bagus atau tidak untuk trading. Saya pribadi, biasanya membandingkan market cap berdasarkan perusahaan2 di satu sub sektor. 

Kalau ada saham yang tidak bergerak (harganya di tempat / stagnan terus), lalu setelah saya cross check market capnya memang sangat kecil dibandingkan beberapa perusahaan di sektornya, maka saham2 seperti ini tidak terlalu menjadi prioritas untuk trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.